Sukses

Top 3 Tekno: Sosok di Balik Hacker Bjorka Bikin Penasaran

Melalui saluran Telegram-nya, ia mengatakan "Bjorka bukan hanya satu orang, Bjorka adalah Anda dan kita semua. Demi masa depan."

Liputan6.com, Jakarta - Sosok di balik hacker Bjorka membuat penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (12/9/2022) kemarin.

Melalui saluran Telegram-nya, ia mengatakan "Bjorka bukan hanya satu orang, Bjorka adalah Anda dan kita semua. Demi masa depan."

Informasi lain yang juga populer yaitu tentang ada beberapa fitur yang dibawa iOS 16, yang hanya akan tersedia di perangkat iPhone dengan chip A12 Bionic atau lebih baru.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Menerka Siapa Hacker Bjorka yang Serang Pemerintah Indonesia?

Aksi hacker Bjorka yang terus menerus menyerang pemerintah Indonesia cukup menghebohkan jagat internet Tanah Air.

Bjorka mengklaim telah membocorkan informasi pelanggan Indihome, KPU, registrasi SIM prabayar, dokumen rahasia Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga melakukan doxing kepada sejumlah tokoh penting atau pejabat di Indonesia.

Lalu, siapa hacker Bjorka, yang menyebut bahwa dirinya sangat mudah untuk menjebol sistem keamanan pemerintah Indonesia?

Melalui saluran Telegram miliknya, ia mengklaim dirinya bukan hanya satu orang, melainkan Anda dan kita semua.

"Bjorka bukan hanya satu orang, Bjorka adalah Anda dan kita semua. Demi masa depan," tulisnya, dikutip Senin (12/9/2022).

Bjorka menyebutkan, aksi peretasan yang dilakukannya sebagai bentuk dedikasi untuk kawannya yang berkebangsaan Indonesia di Warsawa, Polandia.

"Saya punya teman orang Indonesia yang baik di Warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. Aku melakukan ini untuknya," tulis sang hacker di akun Twitter @Bjorkanism yang saat ini telah hilang dari platform.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tak Semua iPhone Penerima iOS 16 Bisa Jalankan Fitur Baru Ini

Apple telah mengumumkan dimulainya perilisan iOS 16 untuk sejumlah perangkat iPhone, setelah memperkenalkan seri iPhone 14 yang akan hadir dengan sistem operasi anyar tersebut.

Apple mengumumkan, versi resmi OS ini akan mulai diluncurkan pada 13 September 2022, termasuk untuk beberapa perangkat lawas seperti iPhone 8, iPhone X, dan seterusnya. Meski begitu, tak semua fitur iOS 16 hadir di perangkat yang menerimanya.

Mengutip Gizchina, Senin (12/9/2022), ada beberapa fitur yang dibawa iOS 16, yang hanya akan tersedia di perangkat iPhone dengan chip A12 Bionic atau yang lebih baru.

Beberapa perangkat ini adalah iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2), iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Serta yang terbaru iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max dan iPhone SE (generasi ke-3), dan semua jajaran seri iPhone 14 yang baru dirilis Apple.

Berikut ini beberapa fitur yang hanya akan hadir ke beberapa iPhone tertentu dengan iOS 16.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Harga dan Spesifikasi Vivo V25 Series 5G yang Baru Rilis di Indonesia

Vivo secara resmi meluncurkan Vivo V25 Series 5G yang terdiri dari Vivo V25 Pro dan Vivo V25 untuk konsumennya di Indonesia.

Vivo V25 Series 5G hadir membawa 64MP OIS Night Camera yang disokong fitur kelas flagship dari OIS dengan sensitivitas yang ditingkatkan untuk meminimalkan gambar buram akibat guncangan dan mengimbangi kadar cahaya rendah.

Vivo mengklaim, fitur ini membuat hasil foto dan video jadi lebih jelas dan tetap cerah meski diambil dalam kondisi pencahayaan yang minim.

Untuk kamera belakang, baik Vivo V25 Pro dan V25, memiliki susunan berupa 64MP OIS Night Camera, 8MP Super Wide-Angle Camera, dan 2MP Super Macro Camera.

Sementara untuk kamera depan, Vivo V25 Pro menghadirkan 32MP Eye Autofocus, dan Vivo V25 menghadirkan 50MP Eye Autofocus.

Kamera belakang 64MP Vivo V25 Series 5G juga dilengkapi Hybrid Image Stabilization, yang menggabungkan efek ganda OIS dan EIS, memastikan transisi yang stabil dan minim blur ketika merekam video.

Sistem EIS akan mengoptimalkan ketajaman dari setiap frame yang dihasilkan oleh sistem OIS sehingga video yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang lebih stabil dan lebih jernih.

Di Vivo V25 Pro, dihadirkan fitur Real-Time Extreme Night Vision untuk memberikan preview atau pratinjau kecerahan gambar di situasi low light.

Fitur fotografi lain yang disematkan adalah Bokeh Flare Portrait di kamera belakang dan Bokeh Portrait Video di kamera depan-belakang, untuk menangkap obyek foto dan video dengan lebih jelas, nyata, dan sinematik.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Klaim dan Ancaman Hacker Bjorka. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.