Sukses

XL-Viamo Rilis Tanya321 di WhatsApp untuk Beri Info Kesehatan dari Kemenkes

XL Axiata dan Viamo Indonesia merilis chatbot Tanya321 di WhatsApp untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi kesehatan resmi dari Kemenkes.

Liputan6.com, Jakarta XL Axiata dan Viamo Indonesia meluncurkan layanan Tanya321 di WhatsApp. Layanan ini memungkinkan masyarakat mengakses informasi kesehatan resmi dari pemerintah dan organisasi internasional selama 24 jam sehari.

Layanan ini diharapkan mampu menjadi upaya meningkatkan komunikasi, informasi, dan edukasi untuk mendukung program Kementerian Kesehatan.

Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O Baasir mengatakan, pihaknya senang bisa berkolaborasi dengan Viamo dalam mendukung Kemenkes, menerapkan teknologi seluler untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan Tanya321 bagi masyarakat Indonesia.

"Kolaborasi ini menjadi wujud nyata upaya kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat dengan mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar adalah pengguna aktif WhatsApp," kata Marwan, dalam konferensi pers, Sabtu (27/8/2022).

Ia menambahkan, WhatsApp dipilih sebagai wadah penyebaran informasi karena sangat di Indonesia ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp per tahun 2021.

Oleh karenanya, penyebaran informasi resmi dari pemerintah pun bisa difasilitasi dengan layanan ini. Masyarakat pun bisa mengakses informasi umum pemerintah tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Untuk menghubungi Tanya321, masyarakat bisa langsung chat ke nomor 0819-0819-2-321.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Seputar Covid-19 Semata

Dengan fasilitas Tanya321 ini, Kemenkes memberi layanan informasi kesehatan secara resmi. Informasi yang diberikan tidak hanya seputar Covid-19 dan vaksin, tetapi bisa mengakses informasi kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, hingga edukasi penyakit lainnya.

Country Director Viamo Indonesia Patrick M Compau mengatakan, kerja sama ini adalah langkah lanjutan untuk memberi informasi kesehatan yang dibutuhkan masyakarat.

"Kami menghadirkan chatbot WhatsApp Tanya321 yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarga, bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti Covid-19 dan lain-lain," katanya.

Dirjen Kesehatan Kemenkes Maria Endang Sumiwi menyebut, kerja sama dengan XL Axiata dan Viamo Indonesia membuat sarana akses informasi Kemenkes bisa menjangkau masyarakat seluas mungkin.

3 dari 3 halaman

Jadi Upaya Lawan Hoaks dan Misinformasi

"Peluncuran layanan Tanya321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan Kemenkes untuk memperkuat aktivitas promotif preventif, salah satunya memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan, dan meningkatkan kapasitas layanan primer," katanya.

Maria Endang juga menyebut, layanan Tanya321 hadir sebagai salah satu bentuk upaya melawan misinformasi dan hoaks dengan menghadirkan informasi kesehatan dari Kemenkes.

Kolaborasi ini adalah kelanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 dengan meluncurkan layanan hotline 321. Di mana seluruh pelanggan XL Axiata bisa mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi seputar kesehatan, pertanian, cuaca, dan banyak lainnya dari semua tipe ponsel apa pun.

Lebih dari 430 ribu penelepon mengakses layanan ini dan mendengarkan lebih dari 280 ribu pesan yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.