Sukses

Apple Konfirmasi Jadwal Rilis iPadOS 16 Bakal Beda dari iOS

Apple mengumumkan iPadOS akan memiliki jadwal rilis sendiri yang berbeda dari iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Awal bulan ini ada rumor yang berkembang bahwa Apple akan memisahkan jadwal perilisan iOS dan iPadOS 16. Padahal, biasanya perilisan sistem operasi dua perangkat dilakukan bersamaan.

Namun setelah sebelumnya hanya sebatas rumor, Apple kini memastikan informasi tersebut. Dalam keterangan resmi kepada Techcrunch, dikutip Kamis (25/6/2022), perusahaan menyebut akan merilis iPadOS setelah iOS baru digulirkan.

Menurut Apple, kali ini merupakan tahun yang besar bagi iPadOS. Sebab, iPadOS kini hadir sebagai platform mandiri dengan fitur yang dirancang khusus untuk iPad, sehingga Apple memilih untuk menghadirkan sistem operasi ini sesuai jadwalnya sendiri.

"Musim gugur ini, iPadOS akan digulirkan setelah iOS, sebagai versi 16.1 dalam pembaruan software gratis," tulis perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat tersebut.

Meski tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai alasan perbedaan jadwal ini, tapi berdasarkan informasi sebelumnya, ada masalah pada fitur multitasking Stage Manager yang hanya akan akan tersedia pada iPad bertenaga M1.

Untuk itu, Apple disebut menunda peluncuran ini agar fiturnya bisa berjalan sempurna. Perlu diketahui, Stage Manager merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah ukuran jendela dan bisa membuatnya tumpang tindih.

Dalam iPadOS 16, Apple memang dilaporkan akan merilis pembaruan besar-besaran, terutama dari sisi multitasking. Berbekal peningkatan ini Apple disebut ingin memberikan pengalaman layaknya laptop di iPad.

Di sisi lain, Apple dilaporkan akan meluncurkan jajaran iPad baru pada akhir tahun ini, termasuk model dasar yang disempurnakan dengan port USB-C dan iPad Pro yang menggunakan chipset M2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apple Selesai Kembangkan Versi Final iOS 16, Siap Kirim ke Pengguna

Laporan terbaru mengungkap bahwa programer dan engineer Apple telah menyelesaikan pengembangan sistem operasi iOS 16. OS terbaru Apple ini pun sudah siap untuk digulirkan ke pengguna, dalam waktu dekat.

Mengutip informasi dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, Apple berencana untuk memperkenalkan iOS 16 dan WatchOS 9 pada September 2022. Pada bulan yang sama, Apple juga dijadwalkan akan merilis iPhone 14 series dan jam pintar Apple Watch Series 8.

Kendati demikian, sistem operasi untuk iPadOS 16 dan MacOS Ventura akan tersedia sebulan kemudian atau sekitar bulan Oktober 2022.

Mengutip Gizchina, Rabu (24/8/2022), iOS 16 akan menghadirkan fitur baru untuk ekosistem Apple. Mulai dari layar kunci yang dapat disesuaikan dengan widget, kemampuan untuk mengedit atau membatalkan pengiriman iMessage, pengenalan iCloud Shared Photo Library untuk berbagi foto dengan keluarga dan teman, serta banyak lainnya.

Selain itu, Apple disebut-sebut akan mengembalikan indikator persentase baterai yang terletak di bagian atas layar.

Laporan terbaru menyebut, Apple bermasuk meluncurkan iPhone 14 dan Apple Watch series 8 pada 7 September 2022. Banyak pihak berharap iOS 16 akan dirilis pada momen ini. Meski begitu, Apple belum mengungkap kebenaran informasi tersebut.

 

3 dari 5 halaman

8 Warna iPhone 14

Bersama dengan iOS 16, iPhone 14 series akan tersedia bulan depan. Seiring dengan peluncurannya, ada banyak berita dan informasi yang terus muncul di internet.

Belum lama ini, pabrik yang memproduksi casing pelindung untuk iPhone mengungkapkan, seri iPhone 14 akan hadir dalam delapan warna. Baik edisi standar maupun Pro akan hadir dalam warna ungu. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan hadir dalam warna ungu yang lebih terang.

Sejumlah sumber mengkonfirmasi, pada tahun ini Apple tidak akan menghadirkan iPhone 14 warna biru. Padahal, warna tersebut jadi salah satu warna populer di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro.

Lalu, berdasarkan laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple disebutkan akan mengumumkan iPhone 14 pada 7 September 2022.

4 dari 5 halaman

Bocoran Tanggal Rilis iPhone 14, Lebih Awal dari Sebelumnya?

Pada 9 September, perusahaan berbasis di Cupertino, AS itu akan membuka sesi pre-order iPhone 14 dan menjualnya secara bebas pada 16 September 2022.

Dilansir Bloomberg, Kamis (18/8/2022), sejumlah karyawan toko Apple diminta untuk bersiap untuk peluncuran produk baru itu pada 16 September mendatang.

Walau Apple belum membagikan undangan acara secara resmi, disebutkan event ini akan lebih fokus pada iPhone 14 dan Apple Watch series 8.

Informasi, Apple sangat konsisten dengan jadwal pengumuman dan rilis model baru iPhone setiap tahun. Berikut adalah timeline peluncuran iPhone sebelumnya.

iPhone 13: 23 September 2021

iPhone 12: 23 October 2020

iPhone 11: 20 September 2019

iPhone XS: 21 September 2018

iPhone X: 3 November 2017

iPhone 8: 22 September 2017

iPhone 7: 16 September 2016

Dari bocoran yang sudah saat ini, model standar iPhone 14 hanya akan mengalami perubahan yang kecil ketimbang varian baru lainnya.

iPhone 14 Pro akan menjadi salah satu model yang mengalami peningkatan dalam hal teknologi kamera, tanpa notch, chipset A16, dan lainnya.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.