Sukses

Apple Disebut Bakal Produksi MacBook dan Apple Watch di Vietnam

Apple dikabarkan sedang menguji coba produksi perangkat MacBook dan Apple Watch mereka di Vietnam

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan bakal memindahkan perakitan produk MacBook dan Apple Watch mereka di Vietnam untuk pertama kalinya. Sebelumnya, AirPods juga dibuat di negara di tersebut.

Dilaporkan Nikkei Asia, mengutip Apple Insider, Sabtu (20/8/2022), Apple tengah menguji coba produksi Apple Watch dan MacBook di Vietnam, yang dilakukan oleh supplier mereka.

"AirPods, Apple Watch, HomePod, dan lainnya... Apple memiliki rencana besar di Vietnam, selain dari manufaktur iPhone," kata sumber yang tidak disebutkan namanya kepada media tersebut.

Kabar itu juga menyebut, komponen untuk MacBook sudah menjadi lebih termodulasi daripada sebelumnya, sehingga membuatnya jadi lebih untuk diproduksi di luar Tiongkok.

"Tetapi bagaimana membuatnya kompetitif dari segi biaya adalah tantangan lain," tulis pemberitaan Nikkei Asia.

Masalah tentang sifat modular MacBook Pro terkait dengan bagaimana perakitan masih membutuhkan rantai pemasok yang besar, dan hal itu belum ada di Vietnam.

Sehingga, Apple Watch dikabarkan dalam tahap yang lebih maju, dengan Luxshare dan Foxconn disebut-sebut dalam uji produksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemenangan Bagi Manufaktur Teknologi Vietnam

Meskipun rantai pemasok yang lebih kecil diperlukan untuk Apple Watch, perangkat ini dilaporkan membutuhkan manufaktur yang sangat presisi.

Kabarnya, jika Vietnam dapat memproduksi manufaktur yang presisi seperti ini, hal ini akan dinilai sebagai kemenangan bagi negara tersebut dalam upayanya untuk meningkatkan manufaktur teknologinya.

Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi yang mulai mencoba untuk mengurangi ketergantungan mereka kepada Tiongkok sebagai satu-satunya produsen.

Kebutuhan ini menjadi lebih mendesak di tengah ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok, serta lockdown demi mencegah Covid-19 di negeri tirai bambu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bocoran Tanggal Rilis iPhone 14

Sementara itu, bocoran informasi terkait iPhone 14 series mulai dari spesifikasi hingga hilangnya notch di layar, memang sudah ramai di internet.

Kabar terbaru datang dari tanggal kapan iPhone 14 diluncurkan dan rilis secara global, yang tampaknya akan lebih awal dari beberapa prediksi. Berdasarkan laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple disebutkan akan mengumumkan iPhone 14 pada 7 September 2022.

Pada 9 September, perusahaan berbasis di Cupertino, AS itu akan membuka sesi pre-order iPhone 14 dan menjualnya secara bebas pada 16 September 2022.

Dilansir Bloomberg, Kamis (18/8/2022), sejumlah karyawan toko Apple diminta untuk bersiap untuk peluncuran produk baru itu pada 16 September mendatang.

Walau Apple belum membagikan undangan acara secara resmi, disebutkan event ini akan lebih fokus pada iPhone 14 dan Apple Watch series 8.

Informasi, Apple sangat konsisten dengan jadwal pengumuman dan rilis model baru iPhone setiap tahun. Berikut adalah timeline peluncuran iPhone sebelumnya.

  • iPhone 13: 23 September 2021
  • iPhone 12: 23 October 2020
  • iPhone 11: 20 September 2019
  • iPhone XS: 21 September 2018
  • iPhone X: 3 November 2017
  • iPhone 8: 22 September 2017
  • iPhone 7: 16 September 2016

 

 

4 dari 4 halaman

Model iPhone 14

Dari bocoran yang sudah saat ini, model standar iPhone 14 hanya akan mengalami perubahan yang kecil ketimbang varian baru lainnya.

iPhone 14 Pro akan menjadi salah satu model yang mengalami peningkatan dalam hal teknologi kamera, tanpa notch, chipset A16, dan lainnya.

Apple dijadwalkan akan merilis empat model iPhone terbaru, termasuk iPhone 14 (6,1 inci), iPhone 14 Max (6,7 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci), dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Sementara itu, untuk lini smartwatch terbarunya, perusahaan bentukan Steve Jobs itu akan memperkenalkan seri baru Apple Watch 8, Apple Watch SE, dan model Pro.

(Dio/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.