Sukses

Cara Menggunakan Super Chat dan Super Stickers YouTube, Penonton Bisa Sawer Kreator

YouTube meluncurkan fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia, begini cara menggunakannya.

Liputan6.com, Jakarta - YouTube secara resmi mengumumkan peluncuran beberapa fitur yang memungkinkan penonton dapat "menyawer" kreator favoritnya di Indonesia.

Tiga fitur yang dirilis YouTube di Tanah Air ini adalah Super Chat, Super Stickers, dan Super Thanks. Kreator yang berpartisipasi dalam Program Partner YouTube sudah dapat menggunakannya.

Dalam siaran persnya, ditulis Kamis (18/8/2022), YouTube mengatakan fitur ini dirancang untuk membantu penggemar dan kreator terhubung satu sama lain.

Penonton juga dapat menggunakan fitur baru YouTube Super Chat dan Super Stickers untuk mendukung kreator favoritnya tidak hanya pada saat live streaming dan Premiere, tetapi juga beragam video mereka.

"Dengan fitur ini, kreator juga dapat mendiversifikasi sumber pendapatannya sembari memperkuat hubungan mereka dengan para penonton," tulis perusahaan di bawah Alphabet tersebut.

Super Chat sendiri merupakan pesan berwarna-warni yang disorot di chat pada saat streaming. Hal ini membuatnya berbeda dari pesan chat lainnya, agar semakin menarik perhatian kreator.

Super Chat akan disematkan di bagian atas dari chat paling lama lima jam, membuat pesan yang disampaikan akan dapat terlihat oleh lebih banyak orang.

Super Stickers adalah stiker yang bisa dibeli oleh penonton untuk mendukung kreator favoritnya. Stiker tersedia dalam berbagai jenis dan bahasa, serta dapat digunakan kreator untuk memperoleh penghasilan sambil membina hubungan dengan para penontonnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Super Thanks Bakal Tersedia Beberapa Bulan Mendatang

Sementara, Super Thanks memungkinkan penonton menunjukkan rasa terima kasih lebih atas konten para kreator favorit mereka.

Penonton dapat membeli animasi yang disebut Super Thanks di halaman video. Animasi satu kali hanya akan ditampilkan kepada pembeli over the top dari video.

Sebagai bonus tambahan, pembeli juga akan dapat memposting komentar yang berbeda secara visual, berwarna-warni, dan dapat disesuaikan di bagian komentar video. Fitur Super Thanks, baru akan tersedia di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.

Mengutip laman Google Support, kreator pun dapat mengaktifkan fitur Super Chat dan Super Stickers ini.

Syarat kreator untuk mengaktifkan fitur ini adalah channel-nya telah dimonetisasi, telah berusia 18 tahun ke atas, dan tinggal di salah satu lokasi yang telah tersedia kedua fitur tersebut.

Super Chat dan Super Stickers tidak tersedia di video yang dikenakan pembatasan usia, bersifat tidak publik, atau bersifat pribadi. Super Chat dan Super Stickers juga tidak tersedia jika live chat dinonaktifkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Mengaktifkan Super Chat dan Super Stickers

Mengaktifkan Super Chat atau Super Stickers

1. Login ke studio.youtube.com.

2. Di menu sebelah kiri, klik Monetisasi.

3. Di menu di bagian atas dasbor utama, klik Supers lalu Mulai dan ikuti petunjuk di layar.

4. Setelah mengikuti semua petunjuk, Anda akan melihat dua opsi:

  • "Status Super Chat aktif" di sebelah tombol berwarna biru.
  • "Status Super Stickers aktif" di sebelah tombol berwarna biru.

Menonaktifkan Super Chat atau Super Stickers

1. Login ke studio.youtube.com.

2. Di menu sebelah kiri, klik Monetisasi.

3. Di menu di bagian atas dasbor utama, klik Supers.

4. Pilih salah satu atau kedua opsi berikut:

  • Klik tombol di samping "Status Super Chat aktif"
  • Klik tombol di samping "Status Super Stickers aktif"

5. Di jendela pop-up, klik kotak centang di samping “Saya memahami implikasi tindakan ini” lalu Nonaktifkan.

Catatan: Jika pihak ketiga mengatur hak Anda, pastikan dengan pihak tersebut terlebih dahulu sebelum mengaktifkan Super Chat atau Super Stickers.

4 dari 4 halaman

Cara Menyawer Kreator Favorit

Bagi penonton yang ingin menyawer kreator favoritnya dengan Super Chat dan Super Stickers, berikut cara melakukannya:

1. Klik ikon dolar di dalam live chat. Live chat harus terlihat.

2. Pilih salah satu opsi berikut:

  • Super Stickers lalu temukan paket stiker yang Anda suka lalu pilih stiker satu per satu untuk dibeli.
  • Super Chat lalu untuk memilih jumlah, tarik penggeser atau masukkan nilai yang Anda inginkan lalu tambahkan pesan opsional.

3. Warna dan durasi pesan yang disematkan di bagian atas chat akan berubah, tergantung dari jumlah pembelian.

4. Ketuk Beli dan kirim.

5. Untuk menyelesaikan pembelian, ikuti petunjuknya.

Setelah membeli Super Chat atau Super Stickers, ticker hitung mundur akan menunjukkan berapa lama Super Chat atau Super Stickers Anda akan disematkan di bagian atas chat, jika ada.

Kreator dapat mengakhiri live chat atau live stream sebelum waktu di ticker habis. Super Chat & Super Stickers tidak dapat ditransfer antar-video.

Catatan, pembelian kurang dari US$5 (atau jumlah yang setara dalam mata uang lokal) tidak akan ditampilkan di ticker.

Anda dapat membelanjakan hingga US$500 per hari, atau US$2.000 per minggu (atau jumlah yang setara dalam mata uang lokal) untuk Super Chat dan Super Stickers.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.