Sukses

NPU MariSilicon X di Oppo Reno8 Pro 5G Bikin Hasil Foto dan Video Lebih Jernih

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi apabila smartphone terbaru Oppo, Oppo Reno8 Pro 5G, bakal menggunakan NPU MariSilicon X. Teknologi ini pun disebut bakal membuat fitur kamera jadi fitur unggulan di ponsel ini.

Oppo menyebut bahwa MariSilicon X didasarkan pada teknologi fabrikasi 6nm dan memberikan daya komputasi AI yang sangat efisien hingga 18 Triliun Operasi per Detik, efisiensi daya terbaik di kelasnya pada 11,6 TOPS/W.

Oppo juga menyebut, di Oppo Reno8 Pro 5G, MariSilicon X melakukan pengurangan noise AI pada video 4K 30fps, dengan peningkatan efisiensi daya 11,16 kali dibandingkan pada Reno7 Pro 5G.

"Pemrosesan itu akan dilakukan secara real-time dan dalam bentuk lossless diformat RAW," kata Aryo Meidianto A., PR Manager for Reno, A Series & IoT, dalam pemaparannya.

MariSilicon X lalu dapat melakukan pemrosesan AI tingkat lanjut, untuk menangkap video 4K, dengan rentang ultra dinamis hingga 20bit.

Salah satu fitur unggulan di sektor kamera Reno8 Pro 5G adalah 4K Ultra Night Video.

"Kita melakukan kolaborasi antara MariSilicon X dengan SoC (System on Chip), untuk menghadirkan video 4K yang ultra jernih di kamera belakang Reno8 Pro 5G," kata Aryo.

Dalam mode 4K Ultra-Clear Video, kejernihan gambar diklaim empat kali lebih tinggi dari video 1080p.

Selain itu, algoritma HDR Fusion dan AINR membantu meningkatkan rentang dinamis video malam yang direkam pada Reno8 Pro 5G sebesar 42,9 persen.

Aryo menyebut, dibandingkan video 1080p yang diambil dengan Reno7 Pro 5G, pada area warna hitam masih ada yang terisi noise, sementara pada Reno8 Pro 5G, semua bagian hitam jadi terlihat lebih jernih.

Berikut ini dua foto yang diambil menggunakan Reno8 Pro 5G di area yang gelap.

Fitur lainnya adalah 4K Ultra HDR Video, di mana MariSilicon X juga memungkinkan pengambilan video 4K Ultra HDR menggunakan kamera belakang, meski dengan cahaya latar yang sangat kuat.

Lebih lanjut, Reno8 Pro 5G juga memiliki Turbo RAW yang sudah ditingkatkan. Di sini, perangkat ini bisa melakukan pengurangan noise dengan kecerdasan buatan pada tiga saluran R/G/B paralel di domain RAW.

Hasilnya, perangkat ini bisa menghasilkan potret di malam hari yang sangat jernih. Pratinjau gambar di layar pun dibuat 60 persen lebih cepat.

"Jadi mungkin kalau tidak ada MariSilicon X, saat mengambil foto malam, di layar akan ada sedikit delay. Kenapa? Karena memang itu membutuhkan sebuah pengolahan khusus," kata Aryo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bawa Rasa ala Flagship Oppo

Keunikan lain yang dibawa vendor asal Tiongkok di Reno8 Series lainnya adalah dari segi desain, di mana perusahaan menerapkan desain modul kamera dengan kaca tunggal, yang pertama kali hadir di Oppo Find X3 Pro.

Oppo pun terus mengembangkan desain tersebut pada perangkat Find X5 Pro, yang kini mereka hadirkan juga pada perangkat Reno8.

Oppo mengklaim, desain modul kamera dengan kaca tunggal ini akhirnya menjadi tren di banyak smartphone. Hal inilah yang membuat mereka memutuskan memboyongnya ke seri Reno8.

Menurut perusahaan, desain ini telah disempurnakan lebih dari 100 kali dan memerlukan waktu lebih dari 400 hari untuk penelitian dan pengembangannya.

Selain itu, Oppo juga membuat kaca belakang Reno8 dengan material kaca Gorilla Glass yang ditempa dengan suhu dan tekanan tinggi.

Proses pemanasan ini dilakukan hingga suhu 800 derajat Celsius, jauh melebihi standar proses penempaan kaca. Lalu, kaca Gorilla Glass dimasukkan ke dalam cetakan dan diberikan tekanan hingga 120 kg.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Modul Kamera Berukuran Besar

Untuk memastikan hasil pencetakan kaca di HP Oppo ini terasa halus dan terhindar dari permukaan tidak rata, maka cetakan akan melalui proses pemolesan tiga langkah terlebih dahulu sebelum penempaan kaca dimulai.

Lalu, delapan langkah pemolesan skala nanometer dilakukan langsung pada kaca. Ini memastikan tingkat kehalusan pada tingkatan nanometer.

Bagian depan maupun belakang kaca perangkat Reno8 juga dipoles secara menyeluruh dengan tingkat presisi tinggi hingga penutup belakang kaca tampak dan terasa sangat halus.

Oppo juga mengungkapkan alasan disematkannya dua buah lingkaran modul kamera yang berukuran jumbo di bagian belakang ponsel ini.

Aryo Meidianto mengungkapkan, mereka terinspirasi dari bentuk kamera film vintage, yang juga menjadi penghargaan Oppo untuk seni cahaya dan bayangan.

"Desain kamera belakang yang besar adalah sebuah statement dari perangkat Reno8 Series, terutama Reno8 Pro 5G, bahwa perangkat ini kuat dalam sisi kamera maupun sinematografi," kata Aryo di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

 

4 dari 4 halaman

Oppo Reno8 5G

Selain Reno8 Pro 5G dengan NPU MariSiliconX, Oppo juga memperkenalkan Oppo Reno8 5G. Keduanya memiliki bahasa desain yang hampir sama, di mana terdapat penegasan dalam keunggulan kamera.

Kedua perangkat memiliki fitur kamera yang kurang lebih sama, yang mengedepankan fitur potret malam hari dan juga pengambilan video yang lebih jernih pada kondisi rendah cahaya.

Bedanya, Oppo Reno8 Pro 5G memiliki kemampuan yang lebih superior, terutama pada fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video yang sudah mendukung format 4K.

Oppo rencananya bakal memperkenalkan kembali lini Reno8 Series pada 11 Agustus 2022. Kemudian, akan menyusul peluncuran secara resmi di Tanah Air.

(Dio/Isk)