Sukses

Apple Tunda Perilisan iPadOS 16 hingga Oktober 2022

Liputan6.com, Jakarta - Apple cenderung meluncurkan versi perangkat lunak utamanya secara teratur, di mana pembaruan iPhone dan iPad biasanya rilis setelah kedua produk itu diperkenalkan pada September.

Namun, menurut laporan Bloomberg, Apple mungkin akan menunda perilisan iPadOS 16 sekitar satu bulan atau hingga Oktober 2022.

Masalah utamanya disebut-sebut karena fitur multitasking Stage Manager, yang hanya akan tersedia di iPad bertenaga M1. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran jendela dan membuatnya tumpang tindih.

Mereka yang mencoba versi beta menemukan fitur tersebut bermasalah. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Jumat (5/8/2022).

"Dalam bentuknya yang belum selesai, Stage Manager agak kasar di tepinya," tulis Nathan Ingraham dari Engadget dalam preview iPadOS 16-nya.

"Ketika saya menggunakan iPad dengan layar eksternal, sistem crash dan sering melemparkan saya kembali ke layar awal, sehingga menurunkan produktivitas," sambungnya.

Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa Apple akan meluncurkan jajaran iPad baru untuk akhir tahun ini, termasuk model dasar yang disempurnakan dengan port USB-C dan iPad Pro yang didukung M2.

Kemunculan iPadOS 16 mungkin akan berdekatan dengan kehadiran iPad terbaru. Di sisi lain, macOS Ventura juga menyertakan Stage Manager.

Dalam preview sistem operasi, Devindra Hardawar dari Engadget menemukan bahwa fitur tersebut merupakan tambahan yang menonjol.

Diharapkan Apple akan merilis macOS Ventura pada bulan Oktober, mengingat Apple telah lama mencoba untuk menjauh dari persepsi iPad sebagai iPhone besar dan menjadikannya lebih dari perangkat produktivitas serba guna.

Meluncurkan iPadOS 16 dan macOS Ventura pada saat yang sama dapat menyisipkan 'pesan halus' tentang bagaimana perusahaan memposisikan tablet besutannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

4 Cara Atasi iPhone atau iPad yang Tidak Bisa Dicas

Pengguna iPhone atau iPad pasti pernah menghadapi masalah dimana perangkat yang digunakan tidak bisa dicas, sehingga aktivitas pun terganggu.

Sebelum panik dan langsung ke tempat service, ada baiknya kamu melakukan pengecekan terhadap kabel Lightning, USB-C, atau pengisi daya wireless yang dipakasi sehari-hari.

 

Bila kabel, kepala charge, atau pengisi daya wireless tidak bermasalah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Berikut adalah 4 cara mengatasi iPhone atau iPad yang tidak bisa dicas, sebagaimana dikutip dari Make Use of, Minggu (31/7/2022).

1. Paksa Restart iPhone atau iPad

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ketika iPhone atau iPad tidak bisa dicas adalah me-restart paksa perangkat.

Adapun cara ini dapat bertindak sebagai mencabut kabel dari stop kontak, dan membuat perangkat menyala kembali.

Hal ini juga merupakan bagian bilamana pengguna ingin masuk ke recovery mode, dan menginstal ulang iOS atau iPadOS--jika diperlukan.

Tergantung model iPhone yang dipakai, kamu dapat me-restart iPhone 8 ke atas dengan cara tekan tombol volume up dan down, lanjut dengan tekan dan tahan tombol power.

Tunggu hingga sampai logo Apple muncul di layar, dan lepaskan tombol power. Di iPhone 7/7 Plus, tekan dan tahan tombol power dan volume down hingga logo Apple muncul.

Bagi pengguna iPhone 6s atau lebih lama, bisa tekan tombol Home dan lock hingga logo Apple muncul.

Untuk pengguna iPad, kamu dapat melakukan hal serupa. Bagi model iPad tanpa tombol Home, kamu bisa tekan dan lepas tombol volume up dilanjutkan dengan down, dan tombol power.

Bagi iPad dengan tombol Home, tekan dan tahan tombol atas dan Home bersamaan hingga logo Apple muncul.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 6 halaman

2. Pakai Kabel atau Charger Lain

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah melihat kondisi kabel. Bila pakai kabel Lightning atau USB-C, pastikan kepala charger terpasang dengan baik di stop kontak.

Setalah itu, lihat kondisi kabel. Pastikan masing-masing ujung kabel Lightning atau USB-C masuk ke dalam port.

Bila masih bermasalah, coba ganti kepala charger dan kabel yang dipakai. Kamu bisa coba hubungkan iPhone atau iPad ke laptop untuk melihat apakah baterai terisi.

Meski kabel charger tidak terlihat bermasalah, ada baiknya kamu mencari kabel pengganti sebagai cadangan.

Akan tetapi, pastikan kabel atau kepala charger yang dibeli merupakan produk resmi yang sudah mendapatkan lisensi dari Apple dengan label MFi.

Bagi kamu yang mengisi baterai pakai charger wireless, coba copot kasing iPhone dan kembali letakkan ponsel di tempat pengisi baterai.

4 dari 6 halaman

3. Bersihkan Port dari Kotoran

Salah satu alasan lain penyebab iPhone dan iPad tidak dicas adalah kotoran di port charger.

Cek port di iPhone atau iPad dari debu atau serat pakaian, jika terlihat kotor ada baiknya untuk membersihkan port.

Sebelum mulai, pastikan kamu mematikan perangkat. Coba pakai cotton bat, dan bersikan sekitaran port dengan perlahan.

Kamu juga bisa menggunakan tusuk gigi bila menemukan ada kotoran tersangkut di port, pastikan untuk berhati-hati agar bagian metal di port tidak rusak atau patah.

5 dari 6 halaman

4. Update iOS atau iPadOS

Langkah terakhir, jika Anda memiliki cukup daya tersisa di perangkat adalah mengecek apakah ada update OS untuk iPhone atau iPad.

Untuk melakukannya di iPhone atau iPad, buka Settings> General> Software Update. Jika Aada update, maka kamu bisa ikuti petunjuk di layar.

Memperbarui iPhone atau iPad Anda ke perangkat lunak terbaru yang tersedia akan memastikan bahwa masalah pengisian daya tidak disebabkan oleh masalah pada perangkat lunak iOS atau iPadOS.

Setelah mencoba semua langkah di atas dan tidak berhasil, mungkin sudah waktunya untuk menghubungi membawa iPhone atau iPad kamu ke toko service.

6 dari 6 halaman

Infografis keuntungan Apple dan perusahaan lain tiap detiknya (Sumber: TittleMax)