Sukses

Seperti Inikah Bentuk iPhone 14 Pro Max?

Seperti yang terlihat dari foto, dummy iPhone 14 Pro Max ini menggunakan punch hole dan sebuah cut out berbentuk mirip pil.

Liputan6.com, Jakarta - Hanya dalam kurung waktu dua bulan lagi atau September 2022, Apple akan memperkenalkan iPhone 14 ke publik.

Tampil sebagai seri penerus iPhone 13, ponsel terbaru milik Apple ini akan mendapatkan sedikit perubahan, terutama di model Pro dan Pro Max.

Berdasarkan bocoran yang dibagikan DuanRui di Weibo dan Twitter, iPhone 14 dan iPhone 14 Pro bakal memiliki ukuran layar serupa (6,1 inci).

Sedangkan model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengusung layar berukuran 6,7 inci. Dari keempatnya, varian Pro Max akan mengalami perubahan paling banyak.

Salah satunya adalah benjolan kamera belakang di iPhone 14 Pro Max kini lebih menonjol, dan hilangnya notch di depan layar.

Seperti yang bisa kamu lihat di foto bawah ini, terlihat dengan jelas layar dummy iPhone 14 Pro Max menggunakan punch hole dan sebuah cut out berbentuk mirip pil.

<p>Foto depan dan belakang dummy iPhone 14 Pro Max. (Doc: Twitter @duanrui1205)</p>

Mengutip GSM Arena, Jumat (15/7/2022), lubang dan cut out berbentuk pill ini menjadi tempat Face ID dan kamera FaceTime baru berkemampuan autofocus.

Tidak seperti seri-seri sebelumnya, model standar iPhone 14 dengan yang Pro akan jauh berbeda satu sama lain.

Kabarnya, model iPhone 14 Pro dan Pro Max bakal mengusung kamera telefoto, memiliki lensa utama 48MP, dan sudah menggunakan chipset Apple A16.

Sementara itu, beberapa analis memprediksi iPhone 14 dan iPhone 14 Max tetap menggunakan kamera 12MP dan chipset A15--terpasang di iPhone 13 series.

Selain tidak menggunakan kamera dan chipset baru, iPhone 14 dan Max tetap pakai desain notch ketimbang lubang dan cut out berbentuk pil.

Disebutkan, Apple baru akan meninggalkan desain notch di seluruh ponselnya pada saat iPhone 15 diumumkan tahun 2023 mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

5 Informasi Tentang iPhone 14 yang Rilis Tahun Ini

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Lebih lanjut, Apple tidak lagi meluncurkan iPhone seri Mini yang berukuran 5,4 inci, karena iPhone ukuran tersebut dianggap kurang populer

Apple pun bakal fokus pada iPhone berukuran lebih besar, mulai dari iPhone 14 dan iPhone 14 Pro yang berukuran 6,1 inci, iPhone 14 Max berukuran 6,7 inci, dan iPhone 14 Pro Max yang memiliki 6,7 inci.

Selain itu, ada beberapa informasi mengenai iPhone 14 yang perlu diketahui fans Apple, dikutip dari MacRumors, Senin (11/7/2022):

1. Desain

Sekadar informasi, sejak 2017 iPhone yang dengan FaceID memiliki notch pada layar. Namun di iPhone 14, hal ini akan berubah.

Model iPhone 14 Pro akan hadir dengan desain baru, menghilangkan notch. Apple dikabarkan membawa desain lubang di layar alias punch hole dan sebuah cut out berbentuk mirip pil yang mendukung komponen Face ID.

Sementara, iPhone 14 standar disebut-sebut akan hadir dengan desain milik iPhone 13, termasuk bagian notch yang masih tetap dipertahankan. Desain kamera belakangnya juga mengadopsi desain horizontal seperti iPhone 13.

 

3 dari 5 halaman

2. Peningkatan Kamera

Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Dari tahun ke tahun, iPhone selalu menghadirkan peningkatan kamera, termasuk iPhone 14. Kali ini, peningkatan disebut-sebut ada pada kamera ultra-wide, ada kemungkinan Apple memperkenalkan lensa zoom periskop.

Lensa zoom periskop memungkinkan kemampuan zoom optikal lebih baik. Bahkan ada informasi iPhone kali ini akan didukung kamera 48MP dengan kapabilitas perekaman video 8K. Namun fitur ini tidak akan ada di model iPhone 14 standar.

3. Pakai Chipset Lawas?

Rumor mengungkap kalau model iPhone 14 standar akan tetap menggunakan chipset A15, chipset yang sama yang dipakai di iPhone 13 series.

Sementara, model iPhone 14 Pro akan didukung chipset yang lebih baru yakni A16. Jika kabar di atas benar, ini merupakan pertama kalinya model iPhone Pro mendapatkan chipset lebih cepat.

Kemungkinan hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya produksi sekaligus menyiasati kelangkaan pasokan yang tengah terjadi.

 

4 dari 5 halaman

4. Modem, Penyimpanan dan Kartu SIM

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

iPhone 14 digadang-gadang menggunakan modem Snapdragon X65 dari Qualcomm. Modem ini diklaim sebagai modem 5G pertama yang didukung 10 Gigabit dan sistem antena untuk smartphone.

Modem ini juga didukung sejumlah fitur konektivitas satelit. Besama modem tersebut, Apple berencana mengimplementasikan fitur darurat berbasis satelit. Tujuannya memungkinkan pengguna kirim SMS dalam situasi darurat dan melaporkan keadaan di area yang tidak terjangkau seluler.

Apple dilaporkan memesan chip RF 5G dari TSMC, yang menawarkan konsumsi daya rendah, sehingga memungkinkan perangkat lebih hemat baterai meski menjalankan jaringan 5G dan dukungan WiFi 6E.

Untuk ruang penyimpanan, iPhone 13 Pro sudah didukung memori hingga 1TB, kini penyimpanan di iPhone 14 disebut-sebut akan ditingkatkan hingga 2TB.

Tidak hanya itu, ada kemungkinan iPhone 14 mungkin tidak didukung slot SIM card fisik, melainkan dukungan eSIM only.

Maski begitu, tidak semua negara di dunia sudah mendukung penggunaan eSIM, jadi mungkin masih akan ada slot SIM card nano di iPhone 14 untuk sejumlah pasar.

 

5 dari 5 halaman

5. Tanggal Peluncuran hingga Bocoran Harga

Bocoran bentuk iPhone 14 Pro Max. (Doc: ShirmpApplePro/ PhoneArena)

Apple kemungkinan akan merilis iPhone 14 series pada September 2022, tepatnya antara tanggal 16 atau 23 September.

Sementara untuk harga, bocoran mengungkapkan bahwa iPhone 14 akan dipatok dengan harga lebih mahal dibanding versi sebelumnya.

Hal ini karena adanya inflasi yang terjadi global serta stok semikonduktor yang terbatas.

Analis Wedbush Securities, Dan Ives, mengatakan harga iPhone 14 series akan mengalami kenaikan hingga USD 100 atau Rp 1,5 juta karena stok terbatas dan inflasi.

Bila memang Apple akan menaikkan harga HP iPhone terbaru 2022 tersebut, maka versi standar iPhone 14 (128GB) akan dijual seharga USD 899 (Rp 13 juta), Pro senilai USD 1099 (Rp 16 juta), dan Pro Max USD 1199 (Rp 18 juta).

(Ysl/Dam) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.