Sukses

Xiaomi 13 Bakal Pakai Chipset Snapdragon 8 Gen 2

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja meluncurkan deretan HP Android terbaru mereka, Xiaomi 12S, 12S Pro, dan 12S Ultra untuk pasar Tiongkok.

Tampil sebagai lini produk teranyar, seri Xiaomi 12S tampil dengan sejumlah peningkatan. Salah satunya di sektor fotografi.

Bermitra dengan Leica, perusahaan asal Tiongkok itu menjanjikan pengalaman fotografi dan videografi yang luar biasa bagi pengguna umum dan kreator konten sekalipun.

Meski Xiaomi 12S series ini belum meluncur di pasar global, perusahaan dikabarkan sudah bersiap untuk merilis lini ponsel flagship berikutnya.

Mengutip informasi blogger teknologi @Digital Chat Station via Gizchina, Minggu (10/7/2022), perusahaan sudah mempersiapkan lini Xiaomi 13 untuk dirilis.

Disebutkan, deretan HP Xiaomi 13 tersebut akan dilengkapi chipset dengan kode nama SM8550 atau Snapdragon 8 Gen 2.

Menariknya, seri Xiaomi 13 bukan satu-satunya ponsel flagship Xiaomi yang menggunakan prosesor terbaru milik Qualcomm tersebut.

Dia mengungkap, seri Redmi K juga saat ini sedang diujicoba menggunakan Snapdragon 8 Gen 2. Dimana versi paling premium dari lini HP itu akan tampil dengan layar 2K.

Berdasarkan laporan yang beredar di internet, Xiaomi 13 menggunakan layar 2K, refresh rate 120Hz, dan bezel tipis yang melengkung.

Ada laporan lain yang menyebutkan, HP Android ini akan diluncurkan pada November 2022--mengikuti pengumuman Qualcomm soal Snapdragon 8 Gen 2 di Hawaii.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Xiaomi 12 Lite Resmi Melenggang

Tampilan Xiaomi 12 Lite yang baru saja diperkenalkan di publik. (Dok: Xiaomi)

Di sisi lain, Xiaomi secara resmi memperkenalkan Xiaomi 12 Lite ke publik, setelah sejumlah bocoran mengenai smartphone ini muncul di internet sejak beberapa waktu lalu. Smartphone ini merupakan suksesor Xiaomi 11 Lite 5G NE yang diperkenalkan tahun lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (9/7/2022), smartphone ini hadir dengan layar AMOLED 6,55 inci yang mendukung refresh rate 120Hz. Bicara soal desain, Xiaomi menggunakan punch-hole yang diletakkan di bagian tengah layar dan berfungsi menjadi tempat diletakkannya kamera depan.

Sebagai dapur pacu, smartphone ini memakai chipset Snapdragon 778G besutan Qualcomm yang dipadukan dengan tiga pilihan memori, yakni RAM 6GB/ROM 128GB, RAM 8GB/128GB, RAM 8GB/ROM 256GB. Xiaomi 12 Lite dibekali baterai berkapasitas 4.300mAh yang mendukung kemampuan fast charging 67W.

Urusan fotografi, Xiaomi membekali smarpthone ini dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 108MP dengan sensor Samsung HM2, lensa ultrawide 8MP, dan lensa makro 2MP. Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 32MP yang memakai sensor Samsung GD2.

Kemampuan kamera depan smartphone ini juga sejumlah fitur, termasuk mode Selfie Portrait dan Xiaomi Selfie Glow. Dari sisi multimedia, smartphone ini dibekali dengan teknologi Dolby Vision, Dolby Atmos, dan HDR 10+.

Smartphone ini menjalankan MIUI 13 berbasis Android 12. Xiaomi menghadirkan tiga pilihan warna untuk perangkat ini, yakni black, pink, dan green.

Soal harga, Xiaomi 12 Lite dibanderol dengan harga mulai dari USD 400 atau sekitar Rp 5,9 juta. Meski sudah diumumkan, informasi mengenai pasar mana saja yang akan kedatangan HP Xiaomi terbaru ini belum diketahui. 

3 dari 4 halaman

Xiaomi 12 Lite Bakal Rilis di Tanah Air

Xiaomi 12 Lite sudah kantongi sertifikat TKDN. (Doc: P3DN)

Di sisi lain, HP Android varian Lite ini tampaknya juga akan meluncur di Indonesia. Kabar kehadiran Xiaomi 12 Lite ini diketahui lewat situs Kemenperin yang sudah merilis sertifikat TKDN untuk seri ponsel ini.

Pantauan Tekno Liputan6.com, perangkat dengan nomor model 2203129G ini sudah mengantongi sertifikat TKDN per 18 Maret 2022.

Dengan nomor sertifikat 602/SJ-IND.8/TKDN/3/2022, Xiaomi 12 Lite memiliki nilai TKDN sebesar 30.60 persen. 

Sayang, masih belum diketahui secara pasti kapan ponsel ini resmi hadir di Indonesia. Namun, sertifikat TKDN ini menjadi tanda HP Android Xiaomi tersebut segera meluncur di Tanah Air.

Sebelumnya, Xiaomi resmi merilis Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro untuk pasar Indonesia. Keduanya merupakan smartphone flagship terbaru Xiaomi yang hadir dengan desain terbaik dan fitur terlengkap. 

4 dari 4 halaman

Xiaomi 12 dan 12 Pro Resmi Hadir di Indonesia

Varian warna Xiaomi 12. (Doc: Xiaomi)

"Kehadiran Xiaomi 12 series merupakan respon Xiaomi atas permintaan pasar ponsel flagship yang inovatif, memiliki desain elegan, tanpa mengorbankan fitur-fitur dan performa powerfulnya," kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

Xiaomi 12 hadir dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB yang dibanderol Rp 10 juta. Sementara, Xiaomi 12 Pro didukung RAM 12GB dan memori internal 256GB dijual Rp 13 juta di Indonesia.

Untuk Xiaomi 12, Alvin mengatakan, perangkat ini didukung fitur premium dalam satu genggaman tangan. Alvin mengklaim, meski punya desain compact, Xiaomi 12 tak mengorbankan segala fitur terbaik dari sebuah ponsel flagship.

"Desain Xiaomi 12 elegan dan stylish serta compact. Meski memiliki form factor yang compact, Xiaomi 12 memasukkan berbagai teknologi yang sebelumnya sulit dihadirkan pada smartphone dengan desain ringkas," tutur Alvin.

Di Xiaomi 12 Pro, Xiaomi memboyong pengalaman visual luar biasa berkat layar AMOLED WQHD+ yang didukung Dolby Vision.

Alvin berkata, layar imersif ini menghasilkan gambar 180 persen lebih jelas, reproduksi warna lebih kaya, dan efisiensi daya hingga 50 persen.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS