Sukses

Spesifikasi Minimal Perangkat PC, iOS, dan Android untuk Mainkan Diablo Immortal

Jika kamu ingin memainkan Diablo Immortal, pastikan dulu apakah perangkat PC Windows, iOS, atau Android-mu sanggup menjalankannya atau tidak

Liputan6.com, Jakarta - Diablo Immortal akhirnya rilis di Indonesia dan sudah tersedia di beberapa platform termasuk Android dan iOS. Sebelumnya, perilisan game besutan Blizzard ini sempat tertunda untuk wilayah Asia Pasifik.

Blizzard dalam pengumuman terkait penundaan perilisannya beberapa waktu lalu mengatakan, keterlambatan tersebut karena adanya pengoptimalan untuk versi mobile dari gim tersebut.

Beberapa fitur yang dikerjakan seperti optimalisasi build package awal, optimalisasi kinerja perangkat Android, peningkatan pengalaman di PC, serta pengoptimalan kinerja dan jaringan.

Apabila kamu ingin memainkan Diablo Immortal di Android, iOS, dan PC Windows, pastikan kamu memperhatikan beberapa persyaratan minimum perangkat untuk dapat memainkan game berikut ini. 

Blizzard memberi catatan, karena kemungkinan perubahan pemrograman, persyaratan sistem minimum untuk Diablo Immortal dapat berubah seiring waktu.

Android

Untuk perangkat Android, mengutip keterangan di Google Play Store, Diablo Immortal dapat dimainkan pada perangkat dengan Android 6.0 atau yang lebih tinggi.

Meski begitu, di laman support Battle.net, spesifikasi untuk memainkan Diablo Immortal untuk perangkat Android adalah:

  • OS: Android 5.0 dan lebih tinggi
  • Prosesor: Snapdragon 660/Exynos 9611 dan lebih tinggi
  • Video: Adreno 512 / Mali-G72 MP3 and higher
  • Memori: 2 GB RAM

iOS

Mengutip keterangan di App Store, untuk perangkat iPhone membutuhkan iOS 11.0 atau yang di atasnya, sementara iPad membutuhkan iPadOS 11.0 atau yang lebih tinggi dan iPod touch membutuhkan iOS 11.0 atau lebih tinggi.

Sementara, dalam laman Battle.net, perangkat iOS untuk memainkan Diablo Immortal minimal adalah iPhone 6s atau yang terbaru, serta memiliki OS iOS 11 dan yang lebih baru.

Selain itu, dibutuhkan juga ruang sebesar 3,4 GB apabila ingin memasang game ini di perangkat iOS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi untuk PC Windows

Untuk perangkat PC Windows, kamu dapat mengunduh game ini melalui situs Battle.net milik Blizzard. Berikut ini spesifikasi yang dibutuhkan supaya dapat menjalankan Diablo Immortal:

Spesifikasi Minimal

  • OS: Windows 7 / Windows 8 / Windows 10 / Windows 11 (64-bit)
  • Prosesor: Intel Core i3 atau AMD FX-8100
  • Video: NVIDIA GeForce GTX 460, ATI Radeon HD 6850 atau Intel HD Graphics 530
  • Memori: 4 GB RAM
  • Internet: Membutuhkan koneksi internet
  • Resolusi: Resolusi layar minimum 1920 x 1080

Spesifikasi Direkomendasikan

  • OS: Windows 10 / Windows 11 (64-bit)
  • Prosesor: Intel Core i5 or AMD Ryzen 5
  • Video: NVIDIA GeForce GTX 770 or AMD Radeon RX 470
  • Memori: 8 GB RAM
  • Internet: Membutuhkan koneksi internet
  • Resolusi: Resolusi layar minimum 1920 x 1080
3 dari 4 halaman

Diablo Immortal Sukses Raup Rp 355 Miliar Dua Pekan Setelah Dirilis

Dua pekan setelah dirilis ke beberapa platform, gim Diablo Immortal dari Blizzard sukses mengantongi sekitar USD 24 juta (sekitar Rp 355 miliar). Hal ini diungkap dalam laporan Appmagic.

Mengutip Engadget, Rabu (22/6/2022), dalam estimasi yang dibagikan ke GameDev Reports, perusahaan analitik mengatakan, gim free-to-play tersebut sudah diunduh hampir 8,5 juta kali selama jangka waktu yang sama.

Appmagic juga menyebut, 26 persen unduhan datang dari Amerika Serikat (AS) dengan sebagian besar pendapatan dari game besutan Blizzard itu berasal dari sana. Tercatat, pemain AS menyumbang sekitar 43 persen dari pendapatan.

Dikutip dari Gamerant, AppMagic mengatakan, Diablo Immortal terus bertumbuh secara eksponensial pada basis pemainnya, serta di jumlah uang yang dikeluarkan pemain untuk mendapatkan barang langka.

Terlepas dari kritik terkait sistem monetisasi tersebut, tampaknya belum ada perkiraan yang mengharapkan gim ini akan gagal.

Sebaliknya, kekhawatiran dari beberapa penggemar adalah terkait bagaimana kesuksesan Immortal akan membuat Blizzard jadi tahu bagaimana mereka bisa memonetisasi gim-gim lain di masa depan.

4 dari 4 halaman

Diablo Immortal Tak Bisa Rilis di 2 Negara Gara-Gara Loot Box

Sementara itu, para gamer di Belgia dan Belanda tampaknya harus pupus harapan untuk bisa memainkan Diablo Immortal di negara itu, akibat regulasi yang melarang adanya fitur loot box.

Mengutip The Verge, Selasa (7/6/2022), dilaporkan Eurogamer, kedua negara tersebut memang diketahui melarang adanya loot box, yang dinilai sebagai sebuah bentuk perjudian.

"Diablo Immortal tidak akan tersedia di Belgia atau Belanda, dan tidak akan muncul di Battle.net atau App dan Google Play Stores Belgia dan Belanda," kata juru bicara Activison Blizzard kepada Eurogamer.

Menurut penerbit gim tersebut, keputusan tidak dirilisnya Diablo Immortal di kedua negara terkait dengan lingkungan operasional untuk gim itu di negara-negara tersebut.

"Oleh karena itu, pra-registrasi untuk gim tersebut tidak dapat diakses di pasar itu," kata Activison Blizzard mengonfirmasi.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.