Sukses

Uji Kamera Oppo A16k: Cocok untuk Foto Sehari-hari

Berikut ulasan singkat mengenai fitur kamera dan hasil jepretan menggunakan Oppo A16k.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo A16k menjadi salah satu smartphone teranyar yang diluncurkan Oppo belum lama ini, sekaligus menjadi penerus dari A16 sertai A16e.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A., mengungkapkan bahwa Oppo A16 dan A16e memberikan kontribusi yang cukup tinggi selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 lalu, dengan total hampir 40 persen.

Melalui keterangannya, Aryo mengatakan bahwa hal inilah yang memicu Oppo untuk meluncurkan penerusnya, A16k.

"Oppo A16k yang menawarkan fleksibilitas penggunaan smartphone dalam kondisi apapun berkat uji kualitas ketat dan juga kemampuannya terhadap ciptaran air melalui sertifikasi IPX4," klaim Aryo.

Sama seperti banyak HP Oppo, Oppo A16k juga menjual kamera sebagai salah satu fitur unggulannya. Tekno Liputan6.com selama beberapa pekan terakhir berkesempatan untuk menjajal kamera ponsel ini.

Sebagai informasi, Oppo menyertakan kamera utama 13MP di A16k, serta kamera selfie 5MP. Berikut ini sedikit ulasan saya mengenai fitur kamera di Oppo A16k. 

Catatan, foto yang ditampilkan di artikel ini tidak mengalami proses editing. Meski begitu, kemungkinan terdapat penyesuaian atau pemotongan ukuran saat diunggah ke situs web Liputan6.com.

Menurut saya, kamera yang diberikan Oppo di perangkat A16k tidaklah buruk, meski juga tidak bisa dibilang sangat bagus. Warna yang dihasilkan tidak terlalu tajam meski lumayan cerah.

Hasil gambarnya masih cukup oke bagi pengguna yang tidak mencari fotografi sebagai fitur andalannya atau sekadar mengambil foto untuk keperluan sehari-hari.

Di kondisi terang di luar ruangan, foto yang dihasilkan cukup bagus, baik dengan atau tanpa mengaktifkan HDR atau Dazzle Color, meski hasil pemrosesan oleh perangkat masih lumayan terasa.

Fitur HDR di kamera smartphone ini lumayan membantu saat harus mengambil foto dengan kondisi backlight, sementara Dazzle Color membantu gambar untuk terlihat lebih berwarna dibandingkan aslinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Malam Hari dan Selfie

Secara mengejutkan, hasil tangkapan di bawah cahaya agak remang pun juga masih cukup oke menurut saya.

Kualitas foto lumayan menurun saat mengambil gambar di malam hari, apalagi saat cahaya minim. Ketajaman gambar mengalami penurunan jika dibandingkan dengan foto di kondisi terang.

Maka dari itu, penggunaan beberapa fitur seperti HDR atau Night Mode cukup membantu apabila kamu mengambil foto di malam hari.

Saran lain dari saya, pemotretan malam hari menggunakan perangkat ini akan jauh lebih maksimal di kondisi yang lebih terang.

Sementara untuk kamera swafoto, gambar yang dihasilkan cukup bagus meski tidak ada yang terlalu istimewa. Hasilnya lumayan natural tanpa terasa terlalu diproses oleh perangkat.

Untuk perekaman video, Oppo A16k sudah mendukung perekaman 1080p/30 fps dan 720p/30 fps.

3 dari 4 halaman

Fitur Kamera Oppo A16k

Secara spesifikasi di sisi kamera, Oppo A16k menyertakan kamera utama 13MP, dilengkapi dengan beberapa fitur yang ditingkatkan untuk membantu menangkap gambar terbaik di berbagai situasi.

Fitur HDR Backlight dapat mempertahankan detail ketika mengambil foto pada lingkungan cahaya latar kuat atau cahaya redup. Tiga filter malam baru diperkenalkan untuk memberikan gambaran unik pemandangan kota malam hari.

Kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur AI beautification untuk foto potret yang tampil lebih alami dan jernih. Sementara, fitur AI Palette dapat mengubah foto dengan gaya gambar referensi populer pada media sosial hanya dengan satu klik.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Oppo A16k

OPPO A16k tersedia di Indonesia dalam pilihan warna hitam dan putih dengan konfigurasi 4GB RAM dan 64GB ROM, di mana A16k dijual dengan harga Rp 2,199 juta.

Pengguna bisa mendapatkan perangkat ini secara daring melalui aplikasi OPPO Store yang terpasang di seluruh smartphone OPPO atau OPPO Official Store pada jaringan situs e-dagang terkemuka seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, JDID, Akulaku, dan Tiktok Shop.

Sementara perangkat ini dijual secara luring pada OPPO Store dan juga toko-toko yang menjual perangkat smartphone OPPO di seluruh Indonesia.

Spesifikasi Oppo A16k

  • Warna: Hitam dan Putih
  • Ukuran: 164mm × 75.4mm × 7.85mm
  • Berat: 175 gram
  • Layar: 6.52‘’ HD+ (1600x720 pixel) Waterdrop LCD
  • CPU: MTK Helio G35
  • Sistem Operasi: ColorOS 11.1 (berbasis Android 11)
  • RAM & ROM: 4 GB LPDDR4X + 64 GB
  • Kamera Utama: 13MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Sertifikasi: IPX4
  • Baterai dan pengisian daya: 4230mAh, 10 Watt

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.