Sukses

Instagram Luncurkan Amber Alerts untuk Bantu Pencarian Anak Hilang

Fitur Amber Alerts Instagram baru diluncurkan di 25 negara dan rencananya bakal diperluas

Liputan6.com, Jakarta - Instagram untuk pertama kalinya meluncurkan sebuah fitur Amber Alerts yang berfungsi untuk membantu pencarian anak yang hilang. Amber Alert adalah istilah yang dipakai untuk peringatan darurat terkait penculikan anak. 

Dalam blog resminya, dikutip Jumat (3/6/2022), Instagram mengatakan Amber Alerts ini mulai digulirkan pada 1 Juni lalu, dan akan tersedia secara penuh untuk 25 negara dalam beberapa pekan ke depan.

Negara yang sudah mendapatkan fitur ini terlebih dulu adalah Argentina, Australia, Belgia, Bulgaria, Kanada, Ekuador, Yunani, Guatemala, Irlandia, Jamaika, serta Korea,

Selain itu, Lithuania, Luksemburg, Malaysia, Malta, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Rumania, Afrika Selatan, Taiwan, Ukraina, Inggris, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat (AS), juga kebagian mendapatkan fitur baru Instagram ini duluan.

Emily Vacher, Director of Trust and Safety, Meta dalam keterangannya juga mengungkapkan, mereka tengah bekerja untuk memperluas fitur ini ke lebih banyak negara.

Untuk fitur ini, Instagram menggandeng sejumlah organisasi seperti National Center for Missing & Exploited Children di AS dan International Centre for Missing & Exploited Children, National Crime Agency di Inggris.

Media sosial milik Meta itu juga menggaet Kantor Kejaksaan Agung di Meksiko dan Polisi Federal Australia, serta organisasi di negara-negara lain.

Meta menjelaskan, apabila Amber Alerts diaktifkan oleh penegak hukum dan pengguna sedang berada di area pencarian, peringatan ini akan muncul di feed mereka.

Pemberitahuan itu akan mencakup rincian tentang anak hilang seperti foto, deksripsi, lokasi penculikan, dan informasi lain yang tersedia yang bisa dibagikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Dibagikan

Orang-orang juga bisa membagikan peringatan kepada  teman-temannya untuk menyebarkan berita tersebut lebih lanjut.

Peringatan ini akan muncul spesifik di area pencarian dan jarang. Sehingga, apabila pengguna mendapatkannya, berarti sedang ada pencarian aktif untuk anak yang hilang di sekitarnya.

"Untuk mengetahui kepada siapa peringatan ini ditampilkan, kami menggunakan berbagai sinyal, termasuk kota yang Anda cantumkan di profil, alamat IP, dan layanan lokasi Anda (jika Anda mengaktifkannya)," tulis Instagram.

Michelle DeLaune, Presiden dan CEO di National Center for Missing & Exploited Children, mengatakan Instagram adalah platform yang didasarkan pada kekuatan foto sehingga cocok untuk Amber Alerts.

"Kami tahu bahwa foto adalah alat penting dalam pencarian anak hilang dan dengan memperluas jangkauan ke pemirsa Instagram, kami dapat berbagi foto anak hilang dengan lebih banyak orang," kata DeLaune.

Sebelumnya Meta telah meluncurkan Amber Alerts untuk Facebook pada tahun 2015. Peringatan ini diklaim telah sukses membantu ratusan kasus membahayakan anak di AS dan seluruh dunia.

Meta memberi contoh, pada 2020, Amanda Disley dan sang suami, membantu menyelamatkan Charlotte Moccia (11) dari Springfield, Massachusetts, setelah melihat peringatan di Facebook.

3 dari 4 halaman

Instagram Bikin Font Baru

Sebelumnya, Instagram menggulirkan tampilan identitas baru yang lebih segar untuk dipakai pengguna dan influencer.

Kehadiran tampilan identitas baru ini merupakan bentuk penyegaran visual yang diharapkan bakal menumbuhkan kreativitas di berbagai komunitas.

Ada tiga bagian dari penyegaran ini, yakni font baru bernama Instagram Sans, tata letak dan sistem desain baru, serta logo dengan gradien warna baru.

Mengutip Tech Radar, Selasa (24/5/2022), Instagram Sans merupakan font global baru Instagram yang terinspirasi dari logo Instagram.

Perusahaan mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan para ahli untuk memastikan bahwa font ini bisa dipakai di berbagai bahasa, termasuk bahasa Jepang dan Arab.

Instagram Sans menampilkan motif melingkar yang fleksibel. Pengguna disebut bisa menggunakan Instagram Sans di situs website About Instagram. Pengguna juga bisa mengecek sub-font baru seperti Sans Script dan Medium.

4 dari 4 halaman

Layout Baru Instagram

Selain itu, untuk layout baru Instagram dimaksudkan untuk mendobrak batas desain Instagram saat ini dan menciptakan kolase tanpa batas, dalam portrait maupun lanskap.

Ada opsi empat layout Instagram, yakni 1:1, 4:5, 9:16, dan 16:9. Pengguna bisa memakainya tidak hanya pada gambar tetapi juga di Reels maupun Stories. Kreator juga bisa menambahkan link produk ke layout baru Instagram.

Untuk tampilan baru Instagram untuk gradien warna pada logo, hanyalah bentuk logo yang bisa ditemukan di berbagai bagian Instagram, mulai di Create, cincin di sekitaran Instagram Stories, dan stiker di Instagram Stories.

Dengan ketiga hal baru tersebut, Instagram tampaknya punya rencana menjaring audio TikTok untuk masuk ke platformnya.

Pasalnya, layout di Instagram bakal menjadi vertikal di layar penuh. Bahkan tampilan baru ini sudah diujicobakan di sejumlah pengguna sejak awal Mei lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.