Sukses

Deretan Fitur MIUI 13 di Poco M4 Pro untuk Tingkatkan Produktivitas, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Poco telah memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia yakni Poco M4 Pro. Smartphone ini sudah menjalankan MIUI 13 yang dibekali dengan sejumlah fitur untuk menunjang produktivitas penggunanya.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (12/5/2022), ada beberapa fitur yang sudah dibenamkam di MIUI 13 untuk mendukung aktivitas pengguna, baik untuk bekerja atau bersekolah. Fitur-fitur ini disebut bisa mendukung pengggunanya untuk meraih hasil optimal.

Nah, apa saja fitur MIUI terbaru yang hadir di Poco M4 Pro dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas penggunanya? Simak daftarnya berikut ini :

Liquid Storage

Fitur ini merupakan sistem baru untuk mengelola cara file disimpan dalam smartphone. Liquid Storage pada MIUI 13 bisa mengurangi fragmentasi dan secara aktif mengelola data yang tersimpan, sekaligus meningkatkan efisiensi defragmentasi hingga 60 persen.

Tanpa adanya fitur ini, kemampuan baca tulis smartphone berisiko turun hingga 50 persen setelah 36 bulan pemakaian. Sebab, file yang terfragmentasi akan memengaruhi kecepatan smartphone dalam mengakses aplikasi.

Oleh sebab itu, dalam jangka panjang, fitur ini ini bisa mempertahankan smartphone hingga 95 persen. Dengan demikian, pengguna bisa menggunakan smartphone ini lebih lama dan mendukung produktivitasnya.

Atomized Memory

Fitur ini merupakan metode manajemen memori yang sangat baik dan bisa memberikan efisiensi RAM yang lebih baik. Kemampuan ini menganalisis cara aplikasi menggunakan memori dan membagi proses penggunaan RAM, mulai dari penting hingga yang tidak penting.

Dengan menutup semua tugas yang tidak penting, penggunaan RAM dalam aplikasi bisa menjadi lebih efisien karena hanya digunakan untuk kebutuhan yang penting. Hal ini memungkinkan pengguna menjalankan lebih banyak aplikasi tanpa mengorbankan kinerja.

 

2 dari 4 halaman

Fitur MIUI 13 Lain di Poco M4 Pro

Focused Algorithms

FItur ini secara dinamis dapat mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario pengguna, membuat MIUI 13 lebih lancar dan responsif. Fitur ini membuat akan memprioritaskan aplikasi aktif di atas yang lain, sehingga CPU bisa fokus pada tugas-tugas penting.

Smart Balance

Fitur ini dirancang agar perangkat secara otomatis bisa menemukan keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya. Jadi, pengguna bisa memperoleh daya dan kecepatan yang dibutuhkan.

Dengan fitur ini, masa pakai baterai secara keseluruhan dapat diperpanjang hingga 10 persen, sehingga memberikan dukungan lebih lama.

Sidebar

Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses semua aplikasi favorit di jendela mengambang dengan menggeser layar, tanpa meninggalkan yang sedang dibuka. Fitur ini mendukung aktivitas multitasking penggunanya.

Di sisi lain, Poco mengumumkan telah merilis varian warna baru untuk Poco M4 Pro di Indonesia. Kali ini, varian yang diperkenalkan adalah poco yellow dan cool blue.

Kehadiran dua warna baru ini melengkapi warna power black yang telah lebih dulu dirilis. Menurut Head of Marketing Poco Indonesia, Andi Renreng, Poco M4 Pro warna power black sendiri telah habis terjual di berbagai e-commerce Tanah Air.

"Kesuksesan ini semakin membuat kami yakin varian poco yellow dan cool blue yang mulai tersedia di pasar akan mendapat respon yang positif dari Poco Fans termasuk penggemar teknologi di Indonesia," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (18/4/2022).

Adapun kedua varian warna baru ini sudah tersedia sejak 14 April 2022 di toko offline Poco Store, Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan Erafone. Poco M4 Pro juga bisa dibeli di sejumlah e-commerce, seperti Tokopedia, Bukalapak, Akulaku, Shopee, Lazada, JD.ID, serta Blibli.

3 dari 4 halaman

Harga Poco M4 Pro

Untuk harga, HP Poco varian warna baru ini tersedia dalam dua pilihan memori, yakni RAM 6GB/ROM 128GB yang dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 dan RAM 8GB/ROM 256GB dijual RP 3.499.000.

Selain mengumumkan kehadiran warna baru, Poco juga melanjutkan kolaborasi dengan Crooz. Lewat kolaborasi ini, setiap pembelian Poco M4 Store yang berlokasi di Crooz Shophouse, konsumen akan mendapatkan keuntungan tambahan.

Keuntungan tersebut adalah kesempatan undian Mini 4WD Poco x Crooz senilai Rp 1.000.000, sekaligus mendapatkan merchandise eksklusif bucket hat dan kaos Poco x Crooz selama persediaan masih ada.

Poco M4 Pro sendiri hadir dengan desain ikonik Poco yang hadir dengan frame kamera belakang besar. Pada varian warna poco yellow dan cool blue, bodi belakang smartphone ini hadir dengan tekstur elegan dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Smarpthone ini juga disebut menjadi seri M paling tipis dengan ketebalan hanya 8,09mm. Poco M4 Pro ini didukung chipset MediaTek Helio G96.

Poco M4 Pro hadir dengan layar Super AMOLED yang mendukung refresh rate 90Hz. Sebagai perlindungan, layar smartphone ini sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass 3. 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Poco M4 Pro

Untuk soal fotografi, Poco M4 Pro tampil dengan kamera utama berkemampuan 64MP. "Ini akan menjadi seri M pertama yang menggunakan lensa 64MP," ucap Andi.

Selain itu, Poco M4 Pro juga tampil dengan lensa ultra wide 180 derajat, macro 4cm, dan kamera selfie 16MP.

Poco menyebutkan, Poco M4 Pro ini sudah menjalankan OS Android 11 dengan MIUI 13.

Poco M4 Pro juga memiliki berbagai fitur pendukung seperti sunlight display, reading mode 3.0, dan side fingerprint sensor.

Mendukung performa ponsel dalam pemakaian sehari-hari, Poco juga sudah melengkapi smartphone dengan baterai berkapasitas 5000mAh berkemampuan fast charging 33W Pro.

Poco mengklaim, smartphone baru ini dapat bertahan dipakai menonton video selama 2 jam hanya dengan diisi dayanya selama 10 menit.

(Dam/Ysl)