Sukses

Ramah Lingkungan! Laptop Ini Dibuat dari Material Daur Ulang

Liputan6.com, Jakarta Isu mengenai lingkungan seakan nggak pernah habis dibahas. Sederet solusi pencegahan dampak lingkungan pun terus digodok dan diaplikasikan di berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor industri seperti elektronik. 

Tahukah kamu bahwa limbah elekronik (e-waste) pada 2016, menurut data dari PBB, jumlahnya sekitar 44,7 juga ton? Angka tersebut terus menajak 3-4% setiap tahunnya. 

Bahkan pada 2021 diketahui jumlah limbah elektronik diperkirakan mencapai 52 juta ton. Agar limbah elektronik nggak mencemari lingkungan. Dari Pemerintah DKI Jakarta misalnya, membuat sejumlah program pengumpulan limbah elektronik dengan menerapkan layanan penjemputan gratis. 

Selain Pemerintah, industri yang mengembangkan perangkat elektronik pun kini ikut melakukan inovasinya, yaitu menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dilakukan oleh Acer yang menawarkan laptop ramah lingkungan. 

Ya, perangkat cerdas Acer Aspire Vero didesain menggunakan bahan  material plastik daur ulang yang sebelumnya sudah dipakai konsumen atau disebut juga plastik Post-Consumer Recycled (PCR). Material tersebut nggak hanya digunakan di bagian body-nya saja, tapi juga kemasan laptop ini juga menggunakan bahan ramah lingkungan.

Inisiatif untuk menggunakan kemasan recyclable ini bahkan sukses membawa Acer mendapatkan penghargaan Red Dot 2021 Brand Communication Packaging Award. Pengembangan laptop hijau atau green PC ini adalah bagian dari misi sustainability yang diusung Acer, terutama untuk menjadi salah satu solusi terhadap masalah lingkungan yang ada di bumi. 

Lalu apa saja keunggulan laptop performa terjangkau ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

2 dari 5 halaman

Material Daur Ulang

Mengusung misi lingkungan untuk bumi yang lebih hijau, laptop canggih ini benar-benar menggunakan material daur ulang pada produknya. Laptop hijau ini terbuat dari bahan daur ulang plastik PCR, dengan material rangka terdiri dari 30% plastik PCR dan 50% plastik PCR untuk tombol keyboard dengan desain eco friendly. Laptop ini juga memiliki warna abu-abu natural yang tidak di cat serta bintik kuning yang khas pada setiap laptopnya.

Keyboard-nya di desain dengan pemilihan warna kuning untuk huruf R dan E yang terbalik, dengan arti REduce, REuse, and REcycle. Desain ini sengaja dihadirkan untuk menekankan nilai sustainability. Nggak hanya pada rangka dan keyboard, Acer Aspire Vero juga memakai bahan daur ulang di semua item produk, termasuk kemasan.

Terdapat ruang ekstra dan ukuran sekrup yang standar untuk memudahkan proses perbaikan atau upgrade laptop, sehingga bisa memperpanjang masa penggunaan perangkat. Stiker laptop juga terbuat dari 85% kertas daur ulang dan mengekspresikan kesadaran akan prinsip menjaga kelestarian bumi sekaligus memberi kesan yang unik bagi perangkat ini.

 

3 dari 5 halaman

Spesifikasi Lengkap

Meski berbahan plastik daur ulang, untuk urusan software, peranti modern ini nggak main-main, loh! Acer Aspire Vero didukung prosesor Intel® Core™ i5-1155G7 Generasi ke-11 dan Grafis Intel® Iris® Xe yang kecepatannya sudah nggak perlu diragukan lagi. 

Laptop ini juga dilengkapi video conferencing HD webcam dengan resolusi 1280 x 720 dan 720p HD audio atau video recording. Jadi kamu nggak perlu menggunakan webcam tambahan untuk keperluan zoom. Laptop hijau dengan dimensi 14.31 x 9.39 x 0.7 inchi dan berat 1.8 kg ini juga didukung dengan sistem operasi (OS) Windows 11 terbaru serta RAM yang dapat di upgrade hingga 24GB.

Menyoal performa, Acer Aspire Vero adalah perangkat maksimal untuk berbagai kebutuhan dan mendukung produktivitamu. Ada Wi-Fi 6, satu port Type-C dan dua port Type-A yang serbaguna untuk mendukung kebutuhan konektivitas Anda. Selain itu, perangkat ini dilengkapi HDMI® 2.0 port dengan HDCP support, 3.5 mm headphone/speaker jack, DC-in jack for AC adapter Ethernet (RJ-45) port.

 

4 dari 5 halaman

Hemat Energi

Jika kamu menggunakan laptop untuk urusan pekerjaan dan terbiasa di depan laptop selama berjam-jam, jangan khawatir karena laptop ini memiliki baterai yang cukup awet. Acer VeroSense™ dalam perangkat ini bisa memudahkan pengguna memilih mode optimal untuk efisiensi daya dan juga daya tahan baterai yang diinginkan. 

Fitur hemat energi ini juga merupakan salah satu langkah dari Acer dalam menciptakan produk ramah lingkungan. Ada empat mode performa yang bisa Anda pilih mulai dari Performance, Balanced, Eco, dan Eco+.

Eco+ Mode berfungsi untuk penghematan baterai ekstrem dengan fungsi penting yang dinonaktifkan. Eco Mode berfungsi mengurangi performa agar efisiensi dan daya tahan baterai meningkat. Balanced Mode berfungsi menyeimbangan performa dan penghematan daya. Sementara Performance Mode berfungsi untuk mengoptimalkan performa keseluruhan.

5 dari 5 halaman

Tangguh dan Solid

Penggunaan bahan daur ulang pada laptop ini tidak serta merta menurunkan kualitas dan durabilitas perangkat. Aspire Vero telah lolos uji tingkat durabilitas dan pengguna akan mendapatkan laptop yang awet dan tahan lama. Struktur interior Aspire Vero juga diperkuat dengan pola honeycomb untuk meningkatkan ketangguhan rangka dari putaran dan tekanan.

Tampilan cantik laptop Aspire Vero didukung dengan layar panel IPS 15.6” dengan resolusi Full HD yang memberikan visual jernih dan kaya warna. Layar laptop yang lebih luas juga memberikan kenyamanan dalam produktifitas pekerjaan sehari-hari maupun aktifitas hiburan. Untuk kenyamanan audio, laptop dengan teknologi mutakhir ini dibekali Acer TrueHarmony™ dan Acer PurifiedVoice™ yang mampu menghasilkan suara yang jernih.

Itulah spesifikasi laptop ramah lingkungan nan tangguh, Acer Aspire Vero. Laptop Acer Aspire Vero (AV15-51) juga hadir dengan sistem operasi terbaru, yaitu Windows 11 Home dan pre installed Microsoft Office Home & Student 2021. Aspire Vero juga menawarkan free gift Zero Waste Kit dan modem Orbit + paket data 150 GB.

 

(*)