Sukses

Indosat Ooredoo Hutchison Optimalisasi Jaringan di 300 Titik Keramaian saat Mudik dan Libur Lebaran

Menjelang mudik dan libur Lebaran 2022, Indosat Ooredoo Hutchison mengoptimalisasi jaringan di 300 titik keramaian guna menghadirkan pengalaman pengguna yang baik dalam berkomunikasi digital.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan kesiapan menghadapi masa libur Lebaran 2022. IOH melakukan optimalisasi jaringan di 300 titik keramaian di seluruh Indonesia selama masa mudik dan libur Lebaran 2022.

Indosat Ooredoo Hutchison juga menyiapkan kapasitas data sekitar 30 persen untuk mengantisipasi lonjakan trafik per hari, dibandingkan tahun lalu.

Perusahaan memprediksi, kenaikan trafik internet pada masa mudik dan libur Lebaran 2022 disumbang oleh penggunaan layanan digital seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan WhatsApp.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan, "Dalam rangka menyambut libur lebaran, di mana sebagian masyarakat kembali berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, kami melakukan segala persiapan untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi digital mereka."

Berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH mengantisipasi peningkatan traffic data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Guna meningkatkan kenyamanan pelanggan, dalam menikmati masa liburnya, Indosat Ooredoo Hutchison mengoptimalisasi jaringan pada 300 titik di pusat keramaian di seluruh Indonesia. Mulai dari destinasi tempat wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan (rest area), bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik. Mulai dari Jakarta hingga Surabaya.

Sebagai dari merger, Indosat Ooredoo Hutchison kini juga tengah mengintegrasikan jaringan Indosat dengan Tri menggunakan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Integrasikan Jaringan Indosat dan Tri

Integrasi jaringan ini dijanjikan akan meningkatkan pengalaman telekomunikasi digital yang jauh lebih baik untuk pelanggan IM3 maupun Tri.

Pihak Indosat Ooredoo Hutchison mengungkap, berdasarkan uji jaringan yang dilakukan di salah satu site di Bandung, integrasi ini bisa membuat kecepatan internet pelanggan bisa meningkat 9 hingga 16 kali lipat. 

Masih terkait dengan komitmen memberi pengalaman telekomunikasi digital terbaik untuk pelanggan, di masa libur lebaran tahun ini, Indosat Ooredoo Hutchison mengaktifkan command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran.

"Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24 jam 7 hari," kata SVP Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistyo.

Lebih lanjut dia mengatakan, layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

3 dari 4 halaman

Dukung Ekosistem Esports dan Gaming

Terlepas dari persiapan jaringan untuk mudik dan libur Lebaran, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Indonesian Basketball League (IBL) menggelar kompetisi esports Virtual Basketball League (IVBL) 2022.

Partisipasi ini memperlihatkan lompatan Indosat ke dunia esports sekaligus memberikan wadah bagi penggemar bola basket yang gemar bermain di kompetisi esports.

IVBL pertama diperkenalkan pada 2020. Tahun ini, IVBL melibatkan sejumlah selebritas ternama, termasuk Younglex hingga atlet-atlet bola basket profesional seperti Daniel Wenas untuk ikut dalam kompetisi.

Liga ini menampilkan 16 tim yang bertanding dalam gim NBA 2K22 online menggunakan mode 5v5 Pro Am, dengan total hadiah Rp 25 juta.

Pertandingan online diadakan sejak 9-23 April 2022 dan disiarkan langsung melalui akun YouTube IBL.

SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang mengatakan, "Esports kini berkembang di Indonesia menjadi budaya mainstream. Kami melihat partisipasi IOH dalam IVBL memberi peluang untuk memasuki kancah esports yang sedang booming dan membuat dampak luar biasa," katanya.

4 dari 4 halaman

Ajak Pecinta Basket Ikut Kompetisi Virtual

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, IBL 2022 akan memasuki musim playoff. Oleh karena itu, kompetisi esports IVBL diadakan untuk memberi pengalaman kepada pencinta bola basket Indonesia untuk ikut kompetisi virtual.

"Kami ingin menghadirkan inovasi digital bersama Indosat Ooredoo Hutchison. Kami berharap IVBL 2022 dapat mewadahi kreativitas anak muda sekaligus meningkatkan minat mereka terhadap sport gaming dan esports," ujarnya.

Seiring dengan semangat IOH memasuki esports, laporan Vero dan Decision Lab menyebut, esports telah berkembang menjadi platform berpengaruh. Orang-orang membuat identitas, membangun kehadiran online, dan terhubung dengan dunia luar.

Studi yang sama menyoroti, lebih dari 52 juta orang Indonesia kini terhubung dengan esports, mulai dari pemain mobile hingga pelatihan pro gamer untuk kompetisi nasional.

Laporan ini juga mengungkap, 76 persen dari 470 responden dari gamer, watcher, dan streamer setuju bahwa mereka bermain gim atau streaming untuk tujuan hiburan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.