Sukses

Liverpool Bantai Manchester United 4-0 Jadi Trending Topic

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United tak berdaya saat menghadapi Liverpool di laga pekan ke-30 Liga Inggris di Anfield, Rabu dini hari (20/4/2022) dengan skor telak 4-0.

Liverpool memasukkan empat gol ke gawang David de Gea lewat Lusi Diaz di menit kelima, dua gol brace Mohamed Salah di menit 22 dan 85 serta Sadio Mane di menit 70.

Kemenangan mutlak yang membawa The Reds ke posisi puncak klasemen Liga Inggris ini pun menjadi trending topic di Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (20/4/2022) pagi, cuitan yang menggunakan keyword 'Liverpool' ada lebih dari 570 tweets.

"Liverpool adalah tim terbaik di Eropa dan itu bahkan bukan perdebatan," tulis seorang warganet.

"Saya orang pertama yang membenci penggemar Liverpool, tetapi saya harus menghormati tepuk tangan yang mereka berikan untuk hari ini," cuit warganet lainnya.

"Liverpool bisa dibilang tim terbaik di dunia. Thiago adalah gelandang terbaik di dunia," netizen memberikan komentar.

"Kesenjangan kualitas antara Liverpool & Man Utd sebesar yang pernah saya ketahui selama bertahun-tahun menonton sepak bola. Tim Liverpool saat ini sangat sangat bagus, tim MU.. mengerikan," timpal yang lainnya.

Kemenangan besar ini mengantar Liverpool naik ke puncak klasemen sementara menggeser posisi Manchester Cty. Sedangkan, MU harus tertahan di peringkat keenam.

Pertandingan kedua tim sejak awal memang berjalan berat sebelah. The Reds terus-terusan menggempur Setan Merah sejak menit awal. Manchester United dipaksa bertahan dan mengejar bola, tempo pertandingan tinggi.

Laga baru berjalan lima menit, Liverpool sudah mencetak gol pertama ke gawang MU. Umpan tarik Salah dari sayap kanan diteruskan Diaz di tengah kotak penalti.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Jalannya Pertandingan

Ketinggalan lewat gol cepat membuat MU semakin tertekan. Tim tamu benar-benar sulit mengembangkan permainan.

Hasilnya, menit ke-22, Liverpool menggandakan keunggulan yang didahuli aksi Mane. Umpan matangnya dengan mudah diselesaikan Salah di sudut gawang De Gea.

Unggul dua gol membuat Liverpool makin leluasa menekan lawannya hingga akhir 45 menit pertama, tapi tidak ada gol tambahan.

Di babak kedua, serangan MU akhirnya bisa mengancam Liverpool. Masuknya Sancho mampu meningkatkan ancaman pada tuan rumah.

Namun, gawang MU justru kebobolan lagi menit ke-68 lewat erangan balik cepat, Diaz lolos dari jebakan offside di sisi kiri dan mengirim umpan tarik akurat untuk dituntaskan Mane dari tengah kotak penalti.

Liverpool akhirnya mengunci kemenangan dengan gol keempat menit 85. Umpan terobosan Jota diteruskan embakan Salah dibelokkan Wan-Bissaka dan mengecoh De Gea. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tetap 4-0 untuk kemenangan Liverpool.

 

3 dari 5 halaman

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho (86' James Milner), Thiago Alcantara (80' Naby Keita); Mohamed Salah, Sadio Mane, Luis Diaz (70' Diogo Jota).

MU: David de Gea; Phil Jones (46' Jadon Sancho), Harry Maguire, Victor Lindelof; Aaron Wan-Bissaka, Paul Pogba (10' Jesse Lingard), Nemanja Matic, Diogo Dalot; Anthony Elanga (84' Hannibal Mejbri), Marcus Rashford, Bruno Fernandes.

Liverpool Gusur Manchester City, MU Makin Terancam

Kemenangan ini juga membawa Liverpool naik ke puncak klasemen, dengan raihan 76 angka dari 32 laga. Tim asuhan Jurgen Klopp ini unggul dua poin dari Manchester City yang baru bermain 31 kali.

Sebaliknya, kekalahan yang dialami tim asuhan Ralf Rangnick membuat persaingan mereka untuk finis empat besar semakin berat. MU kini menempati posisi keenam klasemen dengan nilai 54, tertinggal tiga angka dari Tottenham.

Pertarungan memperebutkan posisi 4 besar memang masih sengit. Urutan keempat ditempati Tottenham Hotspur dengan raihan 57 angka, disusul Manchester United atau MU dan Arsenal, 54 poin.

Sebenarnya, kemenangan 3-2 yang diraih MU atas Norwich City menjaga peluang Setan Merah lolos ke Liga Champions musim depan. Hal ini juga dibantu oleh hasil buruk yang menimpa Tottenham Hotspur dan Arsenal di hari yang sama.

 

4 dari 5 halaman

Lumat MU, Liverpool dan Mohamed Salah Ukir Rekor Dahsyat

Kemenangan ini membuat Liverpool naik ke puncak klasemen Liga Inggris. Mereka mendepak Manchester City dengan keunggulan dua poin. Namun City masih belum bertanding pekan ini.

Yang lebih spesial, kemenangan ini membuat asukan Jurgen Klopp mengukir rekor dahsyat di Liga Premier. Liverpool menjadi tim yang paling banyak membuat gol melawan MU dalam satu musim sejak memasuki era Liga Premier.

Di musim 2021/2022, Liverpool total memberondong gawang MU sembilan kali. Pada pertemuan pertama, Liverpool mencukur Setan Merah 5-0 di Stadion Old Trafford. Total agregat Liverpool unggul 9-0.

Menurut Gracenote Live, Liverpool mengalahkan rekor milik empat tim lain yakni Tottenham Hotspur, Manchester City, Chelsea dan Tottenham yang pernah menjebol gawang MU tujuh kali dalam semusim.

Namun jika ditotal secara keseluruhan sejak Liga Inggris dimulai, Liverpool malah kalah dari Sunderland yang bisa unggul agregat 11-0 atas MU pada 1892- 1893.

5 dari 5 halaman

Infografis Trio Liverpool