Sukses

Review Oppo Watch Free: Smartwatch Trendi yang User Friendly

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Watch Free jadi salah satu perangkat terbaru dari Oppo yang diluncurkan bersamaan dengan smartphone terbaru mereka yaitu Reno7 Series beberapa waktu lalu.

Tekno Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba berbagai fitur, pengalaman, dan apa saja yang ditawarkan melalui smartwatch terbaru Oppo ini selama beberapa pekan terakhir. Berikut ulasannya.

Desain

Dari segi desain, Oppo Watch Free menawarkan desaintrendy dan cukup unik dengan bentuk layar memanjang. Jam tangan pintar ini pun juga sangat sangat ringan dan nyaman untuk digunakan.

Strap dari smartwatch ini lembut di tangan dan enak dipegang. Memberikan perasaan yang lebih nyaman dalam penggunaannya.

Kebetulan, saya berkesempatan mencicipi yang varian warna Vanilla meski sejujurnya saya kurang suka dengan warna di varian Vanilla. Untungnya, strap-nya tidak mudah kotor dengan debu menempel.

Selain memberikan kesan trendi, Watch Free juga menghadirkan kesan yang lebih "mewah" ketimbang varian Black.

Jadi, buat kamu yang lebih suka warna gelap untuk menimbulkan kesan macho dan tegas untuk jam tangan, seperti saya, mungkin varian Black bakal lebih cocok.

Soal desain, tidak adanya tombol di sekeliling layar juga awalnya sedikit membingungkan bagi saya yang terbiasa menggunakan smartwatch yang masih memiliki tombol. 

Namun, lama-kelamaan saya terbiasa serta pengalaman penggunaannya cukup menyenangkan dan user friendly

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Layar dan Tampilan

Oppo menggunakan panel layar AMOLED berukuran 1,64 inci dengan desain melengkung 2.5D di Oppo Watch Free. Layar smartwatch ini memiliki pixel density 326PPI.

Layarnya cukup nyaman di mata dengan ukurannya yang pas. Respons sentuhannya juga responsif dan nyaman untuk digunakan. Tampilan menu di smartwatch ini juga sederhana dan tidak membingungkan.

Warnanya pun juga tajam, apalagi, user interface-nya penuh warna. Di bawah matahari, dia juga masih terlihat jelas. Lumayan memanjakan mata.

Kamu juga bisa mengganti-ganti Watch Face atau tampilan utama dari jam tangan ini dengan memilih beberapa tampilan yang diinginkan terlebih dulu lewat aplikasi HeyTap Health di ponsel, untuk disimpan di smartwatch.

Watch Face yang ditawarkan pun menarik dan penuh warna. Uniknya, kamu juga bisa memasukkan foto atau gambar yang kamu inginkan dari HP, untuk dijadikan tampilan Watch Face.

3 dari 5 halaman

Fitur dan Performa

Oppo mengklaim Watch Free mendukung 100 mode olahraga, mulai dari running, walking, rowing machine, yoga hingga elliptical machine. Ini berguna bagi kamu yang suka melakukan berbagai macam olahraga.

Selain itu, catatan latihan kamu juga akan tercatat di exercise log. Terdapat juga fitur standar seperti penghitung langkah dan berapa kalori yang digunakan dalam sehari.

Smartwatch ini juga dibekali kemampuan pemantauan oksigen dalam darah, detak jantung, hingga kualitas tidur dengan kemampuan memantau dengkuran. Untuk fitur untuk memantau tidur, Oppo Watch Free memiliki fitur OSleep untuk mengukur kualitas tidur.

Oppo Watch Free juga mendukung penggunaan dalam air hingga 5ATM dan bluetooth 5.0. Namun saya belum menemukan keberadaan GPS bawaan di smartwatch ini.

Perangkat ini juga dapat digunakan dengan melakukan sinkronisasi dengan aplikai HeyTap Health yang bisa diunduh di Google Play Store, di mana semua aktivitas kamu bisa tercatat di sana.

4 dari 5 halaman

Baterai

Oppo Watch Free diklaim memiliki baterai yang tahan hingga 14 hari, serta mendukung pengisian daya cepat VOOC Flash Charge.

Mereka mengatakan, dengan lima menit pengisian daya, perangkat dapat digunakan selama seharian penuh. Dengan penggunaan biasa yang tidak rutin dan tak berlebihan, baterainya memang terbilang hemat daya.

Selama dua minggu, saya hanya melakukan pengisian daya satu kali yaitu saat sedang melakukan pengaturan untuk smartwatch ini, setelah mengeluarkannya dari boks. Dengan pemakaian sesekali, daya jam ini masih tersisa 43 persen di dua minggu penggunaan.

Kesimpulan

Oppo Watch Free adalah smartwatch yang saya rekomendasikan jika kamu adalah seorang pecinta Oppo yang mencari pengalaman yang lebih "menyenangkan" saat menggunakan jam tangan pintar.

Perangkat ini nyaman untuk digunakan dan lembut di tangan, dengan catatan, kondisi kulit setiap orang mungkin berbeda-beda. Tampilan dan user interface-nya juga mudah dipahami dan memanjakan mata.

Namun, beberapa pengguna yang tidak terbiasa mungkin bakal sedikit kebingungan saat pertama kali menggunakan Oppo Watch Free, mengingat ketiadaan tombol di perangkat.

Untuk sebuah smartwatch seharga Rp 1,4 jutaan, fitur yang ditawarkan terbilang cukup banyak, khususnya untuk mode olahraga. Ini cocok buat kamu yang suka melakukan berbagai aktivitas fisik.

Smartwatch ini juga cocok untuk kamu yang mencari jam tangan pintar dengan user interface yang memberikan kesan trendy dan menyenangkan.

Patut diingat apa yang saya tuliskan di sini merupakan pengalaman pribadi. Setiap orang mungkin punya preferensi, pengetahuan, kesan, dan pengalaman yang berbeda dalam menggunakan perangkat tersebut.

5 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19