Sukses

Menkominfo Kunjungi MWC 2022, Jajaki Kerjasama TIK dengan Sejumlah Negara dan Perusahaan Teknologi

Saat mengunjungi gelaran MWC 2022, Menkominfo melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan menteri bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Liputan6.com, Jakarta - Dalam lawatan ke Spanyol pada 28 Februari - 1 Maret 2022, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjajaki peluang pengembangan kemitraan penerapan teknologi digital terbaru di Indonesia.

"Dalam rangkaian kunjungan ke Spanyol, Menteri Johnny menghadiri Mobile World Congress/ MWC 2022 dan memberikan keynote speech dalam Ministerial Program dengan tema 'Strategies for Energising the Data Economy," ujar Juru Bicara Kemkominfo Dedy Permadi, dikutip Sabtu (12/3/2022).

Dedy menambahkan Menkominfo juga berbicara terkait peningkatan volume data global, urgensi Green Data Center dan pentingnya Cross Border Data Flow, serta Data Free-Flow With Trust, yang juga menjadi salah satu isu prioritas Digital Economy Working Group (DEWG) di bawah kepemimpinan Kemkominfo dalam Presidensi G20 Indonesia.

"Selanjutnya, Menteri Johnny melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan menteri bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menkominfo membahas kerja sama bidang TIK dengan Menteri Sains dan TIK Korea Selatan, Lim Hyesook," ungkapnya.

Dedy menjelaskan, kedua negara membicarakan penggelaran jaringan 5G, akses internet pada MRT/Subway, kandidasi perwakilan masing-masing negara pada jajaran manajemen ITU, hingga pembahasan isu prioritas DEWG G20 Indonesia

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertemu Delegasi Jepang dan AS

Menkominfo juga melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri untuk Koordinasi Kebijakan Luar Negeri Jepang, Yuji Sasaki. Menurut Dedy, kedua negara memfokuskan pembahasan untuk dukungan dalam kandidasi jajaran manajemen International Telecommunication Union (ITU).

"Di mana delegasi Jepang mengajukan nama Seizo Onoe sebagai kandidat Director of the Telecommunications Standardization Bureau (ITU)," jelasnya.

Selanjutnya, Menteri Johnny membahas pengembangan teknologi Open Radio Access Network (OpenRAN) di Indonesia dengan Delegasi Federal Communnications Commision (FCC) Amerika Serikat.

"Pada kesempatan itu, dilanjutkan dengan menyaksikan penandatanganan kerja sama teknologi untuk pengembangan OpenRAN di Indonesia antara Telkom University dan Telecom Infra Project (TIP) Academy," tutur Dedy.

 

3 dari 4 halaman

Temui Para CEO Perusahaan Teknologi Global

Jubir Dedy mengatakan Menkominfo juga turut menghadiri pertemuan dengan CEO perusahaan teknologi global antara lain Huawei, ZTE, Axiata, serta Ericsson untuk membahas pengembangan teknologi 5G yang sudah mulai diimplementasikan di Indonesia.

Mewakili Menkominfo dalam konferensi pers, Dedy menyatakan Indonesia kini tengah mengembangkan adopsi teknologi terapan yang paling efisien, efektif, dan cocok bagi Indonesia.

"Seperti teknologi OpenRAN sebagai arsitektur jaringan yang mengadopsi konsep open interface dan memisahkan komponen hardware dan software untuk mewujudkan teknologi seluler yang terbuka dan efisien baik dari sisi investasi (CAPEX) maupun operasi (OPEX)," jelasnya.

Dalam rangkaian kunjungan kerja di MWC 2022, Menteri Johnny juga menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Telkom University dan Telecom Infra Project (TIP) untuk riset dan uji coba teknologi OpenRAN di Indonesia.

"Penandatangan itu diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan juga partisipasi vendor untuk menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) perangkat 4G dan 5G," Dedy memungkaskan.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.