Sukses

Oppo Perkenalkan Teknologi Pengisian Baterai Super Ngebut 150W SuperVOOC

Liputan6.com, Jakarta - Oppo baru saja mengungkapkan teknologi terbaru besutannya dalam ajang MWC (Mobile World Congress) 2022. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu memperkenalkan 150W SuperVOOC Flash Charge with BHE.

Sesuai namanya, Oppo menghadirkan kemampuan pengisian daya super cepat. Menurut Head of Charging Technology Lab, Oppo Research Institute, Edward Tian, dalam pengujian yang sudah dilakukan, teknologi ini mampu mengisi baterai dari kondisi 1 persen menjadi 50 persen dalam 5 menit.

Sementara untuk mengisi baterai hingga penuh diperlukan waktu hanya 15 menit. Edward menuturkan, dalam pengujian ini, Oppo menggunakan baterai berkapasitas 4.500mAh.

"Untuk charger 150W SuperVOOC, kami mengunakan GaN (Gallium Nitride) agar bisa menghadirkan ukuran yang sama seperti charger 65W SuperVOOC," tutur Edward.

Dengan kata lain, meski kemampuannya meningkat, ukuran charger yang mendukung kemampuan 150W SuperVOOC ini tidak berbeda dari teknologi sebelumnya.

Selain kemampuan pengisian daya yang lebih cepat, Oppo juga menaruh perhatian pada kesehatan baterai smartphone. Karenanya, kemampuan SuperVOOC terbaru ini turut dibekali dengan teknologi Battery Health Engine (BHE).

Dengan teknologi ini, Oppo meningkatkan kesehatan baterai yang digunakan di smartphone. Oppo menyebut teknologi anyar ini mampu mempertahankan kapasitas baterai 80 persen setelah 1.600 kali siklus pengisian daya.

Sebagai perbandingan, pada standar industri saat ini, kapasitas baterai smartphone biasanya mampu bertahan di 80 persen setelah 800 kali siklus pengisian daya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pakai Chip Khusus

Untuk menjaga kesehatan baterai, Oppo mengggunakan chip khusus yang berfungsi untuk memastikan kinerja baterai.Selain itu, desain baterai yang digunakan Oppo mengunakan Solid Electrolyte Interface (SEI), lapisan pada elektroda baterai yang melindunginya dari degradasi.

Oppo juga menggunakan formula elektrolit khusus yang secara terus menerus memperbaiki lapisan SEI saat baterai sedang diisi dan dikosongkan.

Teknologi BHE sendiri sudah diperkenalkan pada Oppo Find X5 yang baru saja meluncur. Sementara teknologi 150W SuperVOOC dengan BHE akan hadir pertama kali di smartphone OnePlus yang meluncur pada kuartal kedua tahun ini.

"Teknologi ini (150W SuperVOOC dengan BHE) akan menjadi standar flagship smartphone Oppo dan OnePlus," tutur Edward.

3 dari 3 halaman

Pamer Teknologi 240W SuperVOOC Flash Charge

Dalam kesempatan tersebut, Oppo juga sempat memamerkan kemampuan pengisian daya 240W Flash Charge. Teknologi ini memang masih purwarupa, tapi kemampuannya terbilang mengagumkan.

Oppo mengklaim teknologi ini memungkinkan baterai berkapasitas 4.500mAh mampu terisi penuh hingga 100 persen dalam waktu hanya 9 menit. Sementara untuk mencapai kapasitas 50 persen waktu yang dibutuhkan hanya 3 menit 30 detik.

Dengan kemampuan tersebut, Oppo mengklaim teknologi ini menjadi pengisian daya smartphone tercepat di dunia. ini Kendati demikian, Oppo sendiri belum mengungkap kapan teknologi ini akan digunakan pada perangkat besutannya.

(Dam/Ysl)