Sukses

Awas, Situs Pendaftaran Kartu Prakerja Palsu Bisa Curi Data Pribadi

Pencurian data pribadi mengancam jika seseorang memasukkan data diri di situs Kartu Prakerja palsu

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja meminta masyarakat agar berhati-hati terhadap situs atau tautan (link) palsu yang mengatasnamakan daftar Prakerja.

Gabriel Mukuan, Kepala Divisi Hukum Kartu Prakerja mengatakan, beberapa waktu terakhir, muncul tautan form liar pendaftaran Program Kartu Prakerja yang muncul di berbagai telepon maupun media.

Dalam keterangan di laman resminya, dikutip Jumat (4/2/2022), mereka misalnya mengatasnamakan UKM Sinergi dan Solusi Edukasi.

Gabriel menegaskan, pembuatan akun calon peserta Program Kartu Prakerja hanya dilakukan di situs resmi di www.prakerja.go.id.

Menurut Gabriel, tautan atau situs pendaftaran kartu prakerja palsu yang meminta peserta mengisi data pribadi sudah dipastikan penipuan.

"Tidak ada kanal lain. Jika situs atau tautan selain www.prakerja.go.id diisi, data pribadi Sobat bisa dicuri dan disalahgunakan," kata Gabriel menegaskan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembuatan Akun Sejak 5 Januari 2022

Sejak 5 Januari 2022, Program Kartu Prakerja kembali membuka pembuatan akun untuk calon penerima Kartu Prakerja yang hanya bisa dilakukan melalui satu cara yakni lewat website www.prakerja.go.id.

"Silakan Sobat Prakerja membuat akun, sembari menunggu pengumuman pembukaan Gelombang 23,” kata Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing, Kamis (3/2/2022).

Bagi para calon peserta kartu Prakerja Gelombang 23 yang membuat akun sebelum pembukaan gelombang, nantinya akan memiliki kemudahan dalam proses pendaftaran selanjutnya.

Hengki, yang juga Direktur Teknologi Manajemen Pelaksana menambahkan, mereka juga dapat menikmati berbagai fitur di dashboard pribadi Kartu Prakerja mereka.

"Pada saatnya nanti Gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik ‘Gabung Gelombang’ untuk mengikuti seleksi, tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal," tambah Hengki yang juga merangkap sebagai .

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Dashboard Prakerja

Untuk informasi mengenai pembukaan gelombang, Sobat Prakerja dapat mengikuti update-nya di akun Instagram resmi Kartu Prakerja yakni @prakerja.go.id.

Selain itu, dengan memiliki akun dan masuk ke dashboard prakerja.go.id, Sobat Prakerja juga bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti Rekomendasi Pekerjaan dan Pencarian Lowongan Pekerjaan.

"Fitur itu bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang sudah memiliki akun Prakerja, baik yang sudah menjadi penerima program maupun yang berstatus sebagai calon penerima," kata pria yang sudah berkarir selama 15 tahun di dunia startup ini.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.