Sukses

Membandingkan Hasil Foto Portrait Reno6 Versi ColorOS 11 dengan ColorOS 12

Berikut perbandingan dari hasil foto Portrait pada Oppo Reno6 dengan ColorOS 11 dan ColorOS 12. Apa saja perbedaannya?

Liputan6.com, Jakarta - Oppo mulai menggulirkan ColorOS 12 beta berbasis Android 12 untuk pengguna Reno6, Reno5, Reno5 Marvel Edition, dan A74 5G di Indonesia.

ColorOS 12 memberi pengalaman seamless dan kemudahan dalam mengintegrasikan smartphone dengan smart devices.

ColorOS 12 juga didukung animasi terbaru (Quantum Animation Engine) untuk memberikan pengalaman lebih interaktif. Juga ada anti-stuttering AI Engine yang dikembangkan untuk kinerja sistem operasi yang mulus.

Selain penyegaran antarmuka secara keseluruhan, tampilan yang lebih clean pada ColorOS 12 juga hadir di sektor kamera. Salah satu mode kamera yang Tekno Liputan6.com eksplorasi adalah mode Portrait.

Oppo Indonesia mengklaim, meski masih beta, ColorOS 12 menyuguhkan peningkatan signifikan pada fitur kamera, di mana fotografi komputasi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) pada Reno6 ColorOS 12 mampu membaca objek lebih akurat dan efek bokeh yang lebih estetis.

Benarkah demikian? Berikut perbandingan dari hasil foto Portrait pada Oppo Reno6 dengan ColorOS 11 dan ColorOS 12, menggunakan filter AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Hasil Jepretan Menggunakan Filter AI Color Portrait

Hasil foto di mode Portrait (filter AI Color Portrait) menggunakan Oppo Reno6 dengan ColorOS 11. (Liputan6.com/Iskandar)Hasil foto di mode Portrait (filter AI Color Portrait) menggunakan Oppo Reno6 dengan ColorOS 12. (Liputan6.com/Iskandar)

Pada kedua jepretan dengan menggunakan filter AI Color Portrait di atas terlihat bahwa foto yang dihasilkan Reno6 versi ColorOS 12 lebih natural.

Warna kulit dari model terlihat lebih alami dan detail. Saturasi warna dan shadow-nya pun lebih baik sehingga objek wajah terkesan hidup.

Warna rambut model juga lebih pekat dibanding mode Portrait versi ColorOS 11 yang tampak sedikit kemerahan di bagian pinggir.

 

3 dari 7 halaman

Hasil Jepretan Menggunakan Filter Bokeh Flare Portrait

Fitur Bokeh Flare Portrait merupakan salah satu fitur unggulan pada Oppo Reno6 yang memosisikan diri sebagai AI Portrait Expert.

Fitur ini mampu menampilkan efek bokeh layaknya kamera profesional yang menggunakan lensa fix bukaan lebar. Menariknya, fitur ini juga bisa diaplikasikan pada video untuk menghasilkan gambar bergerak yang sinematik.

Hasil foto di mode Portrait (filter Bokeh Flare Portrait) menggunakan Oppo Reno6 dengan ColorOS 11. Liputan6.com/Iskandar)Hasil foto di mode Portrait (filter Bokeh Flare Portrait) menggunakan Oppo Reno6 dengan ColorOS 12. Liputan6.com/Iskandar)

Pada kedua foto di atas terlihat bagaimana hasil foto Reno6 dengan menggunakan Filter Bokeh Flare Portrait di ColorOS 12 lebih menonjol ketimbang versi ColorOS 11.

Pemisahan antara objek dan background pada versi ColorOS 12 terlihat jauh lebih rapi ketimbang ColorOS 11.

Cropping yang dilakukan AI pada rambut model juga lebih halus, berbeda dengan versi ColorOS 11 yang kurang rapi dan agak buram di beberapa bagian. 

4 dari 7 halaman

Kesimpulan

Dari pengujian Tekno Liputan6.com, bisa disumpulkan bahwa kinerja AI dari ColorOS 12 meningkat cukup signifikan dan lebih optimal ketimbang ColorOS 11.

Teknologi fotografi komputasi berbasis AI ini mampu mengenali objek dengan lebih akurat, tanpa mengurangi detail meski menggunakan sejumlah filter.

Dengan menggunakan mode Portrait (AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait), warna kulit model dan rambut terlihat lebih hidup dan natural berkat saturasi yang lebih baik.

5 dari 7 halaman

Spesifikasi Kamera Oppo Reno6

Reno6 memiliki empat kamera belakang, yakni kamera utama 64MP dengan aperture f1.7, kamera wide angle 8MP dengan sudut 119 derajat dan aperture f2.2.

Selain itu ada pula kamera makro 2MP (4cm) dengan aperture f2.4, dan kamera mono 2MP dengan aperture f2.4. Untuk kamera selfie-nya, Oppo Reno6 memiliki lensa 44MP dengan aperture f2.4.

Selain dari lensa-lensa yang digunakan, kemampuan kamera Reno6 juga berkat penggunaan Snapdragon 720G yang mendukung seluruh proses konten video maupun foto.

Salah satunya adalah menyokong operasional fitur AI Bokeh Flare Portrait Video. Fitur ini digadang-gadang jadi yang pertama di industri kamera, secara otomatis memberikan efek bokeh dengan kualitas sinematik.

Fitur ini tersedia berkat dukungan algoritma AI, sehingga mampu menghadirkan proses video real-time untuk menangkap video potret dengan latar bokeh.

 

6 dari 7 halaman

Daftar HP Oppo Terbaru yang Kebagian ColorOS 12

Saat ini Oppo mulai menggulirkan ColorOS 12 beta berbasis Android 12 Beta untuk pengguna Reno6, Reno5, Reno5 Marvel Edition, dan A74 5G di Indonesia.

Namun mengingat ini masih versi beta, aksesnya masih terbatas untuk sejumlah pengguna. Oppo pun mengatakan pembaruan akan dirilis secara bertahap.

Lalu untuk Februari 2022, ColorOS 12 versi beta akan digulirkan untuk Reno5 F, Reno4 Pro, Reno4, Reno4 F, F19 Pro, dan F17 Pro.

Menyusul kemudian pada Maret 2022, giliran Reno5 Lite, Reno4 Pro 5G, Reno4 Z 5G, Reno4 Lite, A94, A93, serta A53s 5G yang berkesempatan merasakan ColorOS generasi terbaru ini.

Sebagai informasi, ColorOS berbasis Android 12 ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2021. Saat pengumuman, perusahaan berjanji akan menggulirkan pembaruan ini ke 52 HP Oppo hingga akhir 2022.

7 dari 7 halaman

Durasi penggunaan aplikasi smartphone di berbagai negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.