Sukses

Moxie Marlinspike Mundur, Pendiri WhatsApp Jadi CEO Sementara Signal

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Signal Moxie Marlinspike mengundurkan diri sebagai CEO dari perusahaan layanan messaging tersebut. Hal ini diumumkannya pada Senin waktu setempat.

Hingga mendapatkan CEO tetap, posisi kosong itu untuk sementara akan digantikan pengganti sementara yaitu Brian Acton, yang merupakan salah satu pendiri WhatsApp.

"Ini tahun baru, dan saya memutuskan ini saat yang tepat untuk menggantikan diri saya sebagai CEO Signal," kata Marlinspike dalam pengumumannya melalui blog Signal, dikutip Selasa (11/1/2022).

Menurut Marlinspike, dia terkejut dengan besarnya potensi dari Signal dan ingin membawa seseorang dengan energi segar dan komitmen untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

"Saya sekarang merasa sangat nyaman menggantikan diri saya sebagai CEO berdasarkan tim yang kami miliki," katanya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bekerja Hampir Satu Dekade

Dalam pesannya tersebut, Marlinspike mengatakan telah bekerja di Signal selama hampir satu dekade.

Dia mengisahkan, dirinya dulu menulis semua kode Android, kode server, satu-satunya orang yang dipanggil terkait layanan, memfasilitasi semua pengembangan produk, hingga mengelola semua orang.

Marlinspike mengungkapkan, kala itu dia tidak pernah bisa meninggalkan layanan seluler dan harus membawa laptop ke mana-mana jika ada keadaan darurat.

"Dan kadang mendapati diri saya duduk sendirian di trotoar di tengah hujan larut malam mencoba mendiagnosis penurunan layanan," katanya.

Ia melanjutkan, sekarang Signal sudah berbeda dan terdiri dari banyak pekerja dengan beragam kemampuan. Selain itu, mereka juga dinilai sudah memiliki tim kepemimpinan yang hebat.

"Yang terpenting, nilai-nilai dan misi yang dibangun Signal tertanam di seluruh organisasi, dan semua orang yang terlibat ada di sini untuk menghormati dan mewujudkannya," kata Marlinspike.

3 dari 4 halaman

Pendiri WhatsApp Jadi CEO Sementara

Marlinspike pun menyebut dirinya sudah berbicara dengan beberapa kandidat CEO selama beberapa bulan terakhir, namun masih ingin membuka lowongan dengan pengumuman ini.

Dia juga masih akan tetap berada di board Signal, dan "berkomitmen untuk membantu mewujudkan misi Signal dari peran itu."

Brian Acton, pendiri WhatsApp yang saat ini juga anggota dewan Signal Foundation, secara sukarela menjadi CEO sementara selama periode pencarian.

Acton sendiri memilih meninggalkan WhatsApp (yang ia buat bersama Jan Koum) pada tahun 2017 untuk memulai Signal Foundation.

"Saya sangat yakin dengan komitmennya terhadap misi dan kemampuannya untuk memfasilitasi tim kali ini," kata Marlinspike.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker