Sukses

Clubhouse Luncurkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Gabung Room via Web di Desktop

Clubhouse mengatakan, fitur mendengarkan lewat web di desktop ini masih eksperimental untuk para pengguna di AS

Liputan6.com, Jakarta - Clubhouse telah meluncurkan fitur untuk bisa mendengarkan konten audio streaming mereka melalui situs web untuk para pengguna di Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, sejak diluncurkan platform streaming audio ini memang hanya bisa digunakan melalui aplikasi via perangkat seluler.

"Hari ini kami mengumumkan cara baru yang mudah untuk menyebarkan berita tentang room yang bagus," tulis Clubhouse di akun Twitter resmi mereka, dikutip Minggu (9/1/2022).

Platform yang diluncurkan pada tahun 2020 ini mengatakan, fitur tersebut bernama Sharing yang menurut mereka "tidak ada yang memikirkannya sebelumnya."

"Lebih baik lagi, saat Anda berbagi, orang-orang saat ini memiliki opsi untuk mendengarkan di desktop - tanpa perlu login," imbuh aplikasi besutan Paul Davison dan Rohan Seth itu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Eksperimental

Lebih lanjut dalam blog resminya, Clubhouse menyebut bahwa fitur ini masih eksperimental sehingga apabila menemukan bug, pengguna diminta melaporkannya.

"Untuk memulai, ini akan berfungsi untuk Replays dan Live Rooms dengan Replays diaktifkan, dan akan menyertakan dukungan untuk sebagian besar browser besar," tulis mereka.

Walau baru bereksperimen untuk pengguna di AS, Clubhouse tidak menutup kemungkinan akan memperluas fitur ini ke para penggunanya di negara-negara lain.

"Jika Anda merasa ini berguna, kami akan berencana memperluas dukungan untuk mencakup lebih banyak jenis room, lebih banyak negara, dan lebih banyak bagian dari pengalaman Clubhouse penuh dari waktu ke waktu."

3 dari 4 halaman

Fitur Sharing

Sementara, untuk fitur Sharing sendiri, pengguna Clubhouse akan melihat tombol Share di sebuah Room atau Replay.

Di situ, pengguna akan melihat tiga opsi untuk membagikannya di Clubhouse, melalui media soial, atau untuk dibagikan lewat aplikasi chat.

Pembaruan-pembaruan di Clubhouse ini sendiri seakan memberitahu bahwa platform ini tampaknya mulai membuka diri agar lebih mudah diakses.

Sebelumya, saat pertama kali diluncurkan, sebuah room di Clubhouse membutuhkan undangan agar seseorang bisa bergabung. Mereka juga awalnya hanya terbatas untuk iOS sebelum bisa digunakan di Android.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.