Sukses

Early Bird atau Night Owl, Mana Jam Belajar yang Lebih Baik?

Preferensi seseorang tergolong early bird atau night owl umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan sosial.

Liputan6.com, Jakarta Setiap siswa itu unik, mereka memiliki kebutuhan dan gaya belajarnya masing-masing, termasuk soal jam belajar idealnya. Ada yang bisa langsung on fire di pagi hari dan ada yang lebih suka belajar di malam hari. Hal ini tak lepas dari perbedaan biologis seseorang yang dikenal early bird dan night owl.

Early bird adalah sebutan untuk mereka yang lebih aktif di pagi hari. Sebaliknya, night owl merupakan sebutan bagi mereka yang lebih senang belajar atau bekerja di malam hari. Preferensi seseorang tergolong early bird atau night owl umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan sosial.

Umumnya mereka yang tergolong early bird itu lebih rajin bangun pagi dan tidur malam lebih awal. Sementara night owl, terbiasa tidur malam sehingga bangun lebih siang. Karena early bird dan night owl memiliki waktu favorit untuk lebih aktif, kira-kira waktu belajar manakah dari dua kelompok ini yang membuat proses belajar lebih optimal? Pagi-pagi ala early bird atau malam ala night owl?

Dilansir dari BusinessInsider, tidak ada jawaban salah dan benar untuk pertanyaan di atas. Karena pada dasarnya, setiap orang memiliki jam biologis yang berbeda-beda. Berdasarkan penelitian dari Oxford University, kemampuan kognitif dan produktivitas seseorang akan lebih baik jika ia belajar/beraktivitas sesuai dengan preferensi waktunya sendiri.

Maka dari itu, untuk mencapai hasil belajar yang optimal, setiap siswa harus terlebih dulu mengetahui jam belajar yang cocok untuk diri sendiri serta cara belajar yang mereka sukai. Apakah kamu termasuk orang early bird atau night owl?

Sayangnya, kebutuhan jam belajar ideal untuk siswa yang berbeda-beda ini belum dapat dipenuhi oleh metode belajar tradisional. Metode belajar tradisional sebagian besar masih berlangsung di waktu yang sudah ditentukan tiap harinya. Umumnya berlangsung di pagi hari dan ini seringkali menjadi masalah bagi si night owl.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruangbelajar, Solusi Belajar Bagi Night Owl atau Early Bird

Kabar baiknya, seiring dengan perkembangan teknologi, telah hadir aplikasi belajar online dapat menjadi pilihan bagi siswa yang menginginkan metode belajar sesuai dengan kebutuhannya.

Ruangbelajar adalah platform bimbel online mandiri yang dilengkapi dengan video belajar, latihan soal, pembahasan, serta rangkuman materi pelajaran yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara fleksibel. Ada lebih dari 26.500 video belajar beranimasi mencakup video konsep dan juga video pembahasan soal.

Ruangbelajar mencakup semua materi pelajaran dan dengan kurikulum sesuai dengan kurikulum nasional mulai kelas 1 - 12 SMA/SMK dan seluruh materi pembelajaran dapat didownload dan kemudian dapat diakses secara offline bebas kuota. Terdapat lebih dari 250.000 bank soal dari 5 tahun akademik yang dapat di download dan dikerjakan secara offline.

Di aplikasi ini, kamu juga dapat mengatur jadwal belajar dan akan mendapatkan notifikasi jika waktu belajar tiba. Jadwal belajar bisa diatur secara “Instan” atau “Atur Sendiri” dan bisa di-reset dari jadwal yang telah diatur sebelumnya. Selain itu, fitur Jadwal Belajar juga memberikan hadiah berupa XP dan Gold apabila siswa dapat mengikuti jadwal belajarnya dengan disiplin.

Informasi selengkapnya klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini