Sukses

Transformasi Digital di Industri Tak Berarti Hapus Pekerjaan Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Transformasi digital di bidang industri tidak dimungkiri terus terjadi, terutama di era pandemi saat ini. Karenanya, era industri 4.0 pun disebut-sebut sudah kian dekat dan Indonesia juga mulai melangkah ke arah sana.

Namun digitalisasi industri ini bukannya tanpa kendala. Salah satu yang menjadi kekhawatiran adalah peran manusia yang akan digantikan oleh mesin.

Kendati demikian, menurut Digital Transformation Leader Schneider Electric Batam, Budi Sulistiarto, peran manusia di era digitalisasi ini tidak digantikan, melainkan malah dioptimalkan.

"Kalau saya lihat di era digitalisasi, kekhawatiran semua orang, pekerjaan mereka akan tergantikan, tapi sebenarnya digitalisasi ini tidak menggantikan peran mereka, tapi mengoptimalkan," tutur Budi saat acara "Telkomsel Sinergi untuk Negeri" secara virtual, Senin (22/11/2021).

Lebih lanjut ia menuturkan, hal itu terjadi karena para pekerja akan diberikan piranti atau aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja mereka. Bahkan, cara ini malah akan memunculkan departemen baru di perusahaan.

"Dengan memberikan dukungan aplikasi pada karyawan, nantinya akan muncul departemen atau pos baru di perusahaan, seperti data science dan data analytic. Jadi, ada pekerjaan yang tergeser, tapi tidak tergantikan," tuturnya menjelaskan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Virtual Expo Telkomsel Sinergi untuk Negeri, Peluang UMKM untuk Transformasi Digital

Untuk diketahui, sebagai upaya mengakselerasi transformasi digital yang menyeluruh bagi para pelaku UMKM, Telkomsel menghadirkan Telkomsel Sinergi untuk Negeri yang berlangsung secara virtual selama 22 November–31 Desember 2021.

 Melalui virtual expo ini, Telkomsel ingin mendorong transformasi digital yang menyeluruh dan berkelanjutan bagi para pelaku UMKM Indonesia yang berada di bawah binaan Rumah BUMN maupun Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM), dengan mengedukasi pemanfaatan ragam solusi platform dan layanan digital yang berada di ekosistem Telkomsel.

Sebagai virtual expo, Telkomsel Sinergi untuk Negeri hadir dengan tiga program utama, yakni Virtual Exhibition, Virtual Sales Program, dan Webinar.

1. Virtual Exhibition

Virtual Exhibition merupakan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk melihat berbagai showcase solusi digital inovatif yang dimiliki ekosistem digital Telkomsel seperti platform 99% Usahaku, Telkomsel IoT, Telkomsel Enterprise, LinkAja, TADEX, hingga teknologi jaringan broadband terbaru Telkomsel 5G untuk mengakselerasi transformasi digital seluruh elemen bangsa.

3 dari 3 halaman

Program Lain

2. Virtual Sales Program

Pada program ini, para pengunjung dapat membeli berbagai produk dan layanan unggulan Telkomsel sesuai kebutuhan, seperti Telkomsel Orbit, beragam paket bundling, by.U, hingga layanan 5G untuk dapat merasakan berbagai manfaat kemudahan yang dihadirkan Telkomsel.

3. Webinar

Webinar Telkomsel menghadirkan para praktisi dan expert untuk dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan berbagai saran praktis terkait pengembangan ekosistem smart industry, smart agriculture, hingga transformasi dan digitalisasi UMKM yang dapat meningkatkan kapabilitas dan kapasitas pelaku UMKM Tanah Air untuk berkembang melalui pemanfaatan teknologi terdepan.

Selain itu, para pengunjung juga dapat mengunjungi Area Entertainment untuk menikmati dan merasakan langsung beragam platform hiburan digital yang dihadirkan Telkomsel dalam mengakselerasi gaya hidup digital masyarakat, seperti Dunia Games, MAXstream, dan Langit Musik.

Untuk dapat mengikuti program Telkomsel Sinergi untuk Negeri, masyarakat atau para pelaku UMKM perlu melakukan registrasi terlebih dahulu melalui https://sinergiuntuknegeri.com.

(Dam/Isk)