Sukses

PANDI: Menkominfo Bakal Sahkan SNI Aksara Nusantara pada Desember 2021

RSNI akan bergulir ke tahap Jajak Pendapat, hingga penetapan SNI Aksara Nusantara yang rencananya akan berlangsung pada Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Teknis 35-02 dan tim konseptor Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) aksara Nusantara dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) baru saja menggelar Rapat Konsensus.

Dalam hasil rapat yang juga dihadiri perwakilan dari Badan Standardisasi Nasional, perwakilan dari Kemenko PMK, dan perwakilan dari Asosiasi Industri Teknologi Informasi Indonesia (AITII) itu menyatakan bahwa dokumen RSNI sudah disepakati secara aklamasi oleh 12 dari 13 anggota Komisi Teknis 35-02.

Setelah itu, RSNI akan bergulir ke tahap Jajak Pendapat, hingga penetapan SNI Aksara Nusantara yang rencananya akan berlangsung pada Desember 2021.

Pada kesempatan tersebut akan diadakan Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan PANDI.

"Terdapat beberapa koreksi minor dalam rapat tersebut, dan bisa diselesaikan saat itu juga," kata peserta Konsensus yang juga Konsultan PANDI, Dadan Sutisna, melalui keterangannya, Rabu (3/11/2021).

Kemudian, ia melanjutkan, Komisi Teknis yang hadir menyetujui bahwa dokumen RSNI aksara Nusantara sudah mencapai konsensus, sehingga bisa berlanjut ke agenda Jajak Pendapat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Diresmikan Langsung Oleh Menkominfo

"Setelah rapat konsensus, tahap selanjutnya adalah Jajak Pendapat selama 20 hari, rencananya pada 8 November 2021. Setelah itu, akan dilakukan penetapan SNI untuk Aksara Nusantara yang disahkan pada Desember 2021," ujar anggota Konseptor RSNI tersebut.

Sementara Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Pemasaran, dan Kerjasama PANDI, Heru Nugroho, sangat mengapresiasi semua pihak atas capaian ini. Menurutnya, pencapaian ini selangkah lagi akan semakin dekat dengan pengesahan SNI.

"Pada acara pengesahan SNI Aksara Nusantara nanti, rencananya Menkominfo akan meresmikannya secara langsung, sebagai kesinambungan dari SNI Aksara Nusantara," ungkap Heru.

3 dari 3 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.