Sukses

iPod Ulang Tahun Ke-20, Produk Unggulan yang Dianaktirikan Apple

Apple pertama kali memperkenalkan iPod pada 2001 dan sempat menjadi produk unggulan, tapi kepopulerannya menurun setelah iPhone meluncur.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini menjadi perayaan ulang tahun ke-20 dari salah satu produk Apple yang paling ikonik, yakni iPod. Perangkat ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada 23 Oktober 2021.

Sejak pertama kali diperkenalkan, iPod dengan cepat menjadi perhatian publik. Hadir dengan slogan '1.000 musik di kantongmu', pemutar musik ini pun menjadi salah satu faktor penyelamat Apple yang di kala itu hampir tenggelam.

Sejak pertama kali debut, seperti dikutip dari The New York Times, Minggu (24/10/2021), iPod dilaporkan berhasil lebih dari 400 juta unit. Diperkenalkan bersama dengan iTunes, Apple pun disebut ikut mendorong perubahan di industri musik dengan kehadiran dua produk tersebut.

iPod terus berkembang dan hingga saat ini sudah melahirkan banyak model. Mulai dari seri klasik, lalu iPod Mini, iPod Nano, Shuffle, hingga akhirnya model iPod Touch.

Namun sejak perusahaan memperkenalkan iPhone, iPod disebut mulai meredup. Mengutip laman ABC, CFO Apple Peter Oppenheimer, pada 2008 mengatakan Apple memang sudah memperkirakan pemutar musik ini akan menurun penjualannya, terlebih setelah iPhone diperkenalkan.

Dan saat ini, masa depan iPod sendiri belum jelas. Apple memang masih menjual iPod Touch, tapi model paling terkini diperkenalkan pada 2019 dan belum diperbarui lagi hingga sekarang.

Desas-desus mengenai kehadiran iPod terbaru memang sempat muncul, mengingat tahun ini merupakan perayaan 20 tahun pemutar musik tersebut. Hanya hingga sekarang, belum ada informasi maupun tanda bahwa perusahaan akan merilis varian terbaru iPod.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Bakal Rilis iPod Touch Generasi Baru, Seperti Ini Penampilannya?

Sebagai informasi, Apple terakhir kali meluncurkan iPod Touch mereka pada 2019. Namun pada Mei 2021, perusahaan dikabarkan bakal meluncurkan generasi terbaru perangkat tersebut.

Kabar tersebut diungkap pertama kali oleh Steve Moser dari Macrumors, yang mengutip sumber dengan akun Twitter @AppleLe257.

Berdasarkan informasi dari @AppleLe257, pengguna Twitter lain dengan akun @Apple_Tomorrow membuat gambar render iPod Touch tersebut.

Dari gambar render, iPod Touch baru ini mirip seri iPhone 12 dengan bentuk persegi, dan Face ID untuk membuka kunci perangkat, sebagaimana dikutip dari Macrumors via Gizmochina, Selasa (25/5/2021).

Selain teknologi Face ID, masih belum diketahui fitur apa saja yang bakal Apple sertakan dan membuat iPod Touch ini lebih modern ketimbang dari seri sebelumnya.

Karena akan mengusung tampilan iPhone 12, iPod Touch baru ini diharapkan bakal hadir dengan layar berukuran 4 inci hingga 5,4 inci--serupa dengan iPhone 12 Mini.

3 dari 3 halaman

Perubahan Drastis dari iPod Touch Generasi 5

Lebih lanjut, ini akan menjadi seri iPod Touch pertama dalam delapan tahun yang memiliki desain yang berbeda setelah model terakhir di generasi kelima pada 2012.

Mengingat iPod Touch didedikasikan untuk konsumsi musik, banyak pengguna pastinya berharap Apple akan mempertahankan jack headphone 3.5mm--fitur yang dihapus Apple dari seri iPhone.

Selain itu, cukup menarik label harga yang dipasang oleh Apple ini akan sama dengan model generasi baru atau dijual lebih mahal.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.