Sukses

2 Startup Indonesia Nalagenetics dan Ruangguru Raih Penghargaan G20 Innovation League 2021

Dua startup asal Indonesia, Nalagenetics dan Ruangguru, terpilih menjadi Top 10 Startup unggulan dalam Forum G20 Innovation League 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Dua startup asal Indonesia, Nalagenetics dan Ruangguru, terpilih menjadi Top 10 Startup unggulan dalam Forum G20 Innovation League 2021 yang berlangsung pada 9-10 Oktober 2021 di Sorrento, Italia.

Nalagenetics meraih juara satu dalam kategori Mobility and Healthcare. Sementara Ruangguru merebut juara dua untuk kategori Artificial Intelegence.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan, mengapresiasi penyelenggaraan G20 Innovation League 2021.

"Forum G20 Innovation League 2021 bisa membangun dan memfasilitasi kerjasama antara pemerintah dan pelaku inovasi swasta (startup, venture capital, serta korporasi) dalam skala global," tutur Semuel melalui siaran pers Kemkominfo, dikutip Selasa (12/10/2021).

Sementara Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika Kemkominfo, Bonie Pudjianto, yang hadir secara langsung dalam G20 Innovation League 2021, mengatakan Nalagenetics merebut penghargaan karena telah menciptakan platform khusus untuk menawarkan tes kesehatan yang akurat dan menawarkan solusi sesuai dengan kebutuhan dokter, pasien, dan laboratorium yang berbeda.

"Sementara, Ruangguru berbagi pengalaman dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menciptakan pengalaman belajar adaptif dan personal bagi pelajar di Indonesia," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nominasikan 5 Venture Capital Indonesia

Sebagai vocal point dari G20 Innovation League, Kemkominfo menominasikan 5 venture capital yang berhak menjadi perwakilan Indonesia.

"Juga berkesempatan menominasikan startup dan membantu proses seleksi untuk menghasilkan 5 perwakilan startup Indonesia untuk kegiatan ini dari 5 sektor fokus G20 Innovation League," papar Bonie.

Tahun ini, lebih dari seratus startup dan seratus Venture Capitals dari G20 dan negara-negara tamu (undangan) telah berkumpul di Forum G20 Innovation League 2021 untuk bertemu secara fisik maupun daring.

Mereka saling berbagi pengalaman dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global di berbagai sektor, seperti Cleantech, AI, IoT and Wearables, Green and Smart, serta Mobility and Healthcare. 

3 dari 4 halaman

Apa Itu G20 Innovation League 2021?

G20 Innovation League 2021 merupakan bagian dari Presidensi G20 Italia. Ajang ini memfokuskan pada tantangan dan peluang dalam meningkatkan perdagangan internasional, investasi dan lapangan inovasi demi kesejahteraan manusia.

Pada tahun ini, startup yang ditunjuk oleh masing-masing negara dikategorisasikan ke dalam 5 tantangan global yang telah ditentukan.

Antara lain teknologi bersih (cleantech), kecerdasan rekayasa (artificial intelligence), IOT dan wearables, kota pintar, transportasi hijau dan pintar (smart city and smart mobility), serta layanan kesehatan (healthcare).

Sebanyak 100 startup dari 20 negara melakukan presentasi di hadapan panelis. Mereka kemudian menentukan Top 10 startups sebagai contoh institusi yang dapat mengambil peluang langsung dalam mengatasi tantangan global serta mendorong investasi dan perdagangan global.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.