Sukses

Layanan Indihome dan Telkomsel Gangguan Jadi Trending Topic

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Indihome dan Telkomsel mengeluh terkait gangguan dari kedua layanan perusahaan telekomunikasi tersebut di Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (19/9/2021), akibatnya keywords Indihome dan Telkomsel menjadi trending topic di Twitter.

"Menggunakan Telkomsel dan Indihome secara bersamaan adalah cara cepat untuk mati," tulis warganet yang mengeluh dengan gangguan Telkomsel dan Indihome.

"Saya gagal upload file ke website, karena jaringan Indihome dan Telkomsel down semua," timpal pengguna lainnya.

"Saya menggunakan Indihome untuk wifi dan Telkomsel sebagai provider, keduanya error sekarang," cuit yang lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Telkomsel

Terkait gangguan layanan, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, mangatakan saat ini pihaknya bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.

"Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal," ujarnya kepada Tekno Liputan6.com.

Selain itu, Denny mewakili Telkomsel menyampaikan permintaan maaf kepada pelanggan.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," pungkas Denny.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Indihome

Sementara Indihome mengungkapkan, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak, Minggu (19/7/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB yang berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

"Saat ini kami sudah langsung melaukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan," kata SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.

Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.

"Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya," ucap Reza memungkaskan.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia