Sukses

6 Kelebihan Chrome OS, Sistem Operasi di Laptop Merah Putih dan Chromebook

Liputan6.com, Jakarta - Chrome OS ramai menjadi perbincangan di Indonesia sejak proyek laptop merah putih dan juga Chromebook mengemuka karena laptop yang diperuntukkan bagi pelajar itu berjalan di atas Chrome OS.

Sejatinya Chrome OS dirancang sebagai sistem operasi untuk perangkat yang hanya digunakan untuk aktivitas terhubung ke internet dan dijalankan di Chrome. Sebut saja berselancar di web, streaming video dan musik, serta pengeditan dokumen secara daring.

Lantas, apa saja kelebihan dari Chrome OS? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Kernel Linux

Chrome OS didasarkan pada kernel dari Linux, yang dikenal sebagai sistem operasi yang solid.

2. Relatif Bebas Malware

Karena dibuat pada kernel Linux, Chrome OS relatif bebas malware. Jadi, pengguna tak perlu begitu khawatir tentang malware yang dapat menyusup ke perangkat dan tak perlu memasang antivirus tambahan sebagai perlindungan.

3. Gratis

Chrome OS dibuat pada sumber terbuka atau open source, sehingga sistem operasi ini tersedia secara cuma-cuma. Namun, memang cara instalasi Chrome OS agak berbeda dengan sistem operasi lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4. Tampilan Antarmuka Sederhana

Salah satu kelebihan lainnya dari Chrome OS terletak pada tampilan antarmuka (User Interface. UI). UI dari sistem operasi ini cukup intuitif dan memiliki kemiripan dengan tampilan antarmuka Android.

5. Mendukung aplikasi Android

Hal lain yang juga patut diapresiasi adalah kompatibilitas dengan aplikasi Android. Bahkan, Google Play Store juga tersedia secara native di banyak perangkat berbasis Chrome Book.

3 dari 4 halaman

6. Akun Terawasi

Fitur lain yang juga penting dan ada di Chrome OS adalah Akun Terawasi atau Supervised Account/User.

Kehadiran fitur ini terutama akan bermanfaat bagi para orang tua yang ingin mengawasi anak-anak. 

4 dari 4 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online