Sukses

Sony Berhasil Jual 10 Juta Unit PS5

Liputan6.com, Jakarta - Sony mengumumkan pencapaian penjualan 10 juta unit konsol gim PlayStation 5 (PS5). Jumlah ini meningkat dua juta unit dibandingkan angka penjualan yang di umumkan April lalu, yakni 7,8 juta unit PS5.

Angka penjualan PS5 terus menanjak, bahkan melampaui penjualan PS4. Dengan capaian ini, PS5 menjadi konsol Sony dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah perusahaan.

Mengutip The Verge, Kamis (29/7/2021), permintaan akan PS5 memang sangat tinggi, sayangnya jumlah persediaan PS5 membuatnya sulit untuk didapatkan konsumen.

Hal ini tak lain karena pengaruh kelangkaan chipset yang terjadi di seluruh dunia dan berdampak ke industri.

"Meskipun PS5 telah menjangkau lebih banyak rumah tangga lebih cepat dibandingkan konsol kami sebelumnya, kami masih memiliki banyak pekerjaan di depan. Karena permintaan untuk PS5 terus melampaui pasokan," kata Presiden dan CEO Sony Interactive Entertaniment Jim Ryan.

"Saya ingin para gamer tahu bahwa sementara kami terus menghadapi tantangan unik di seluruh dunia yang mempengaruhi industri kami dan banyak lainnya. Oleh karenanya, meningkatkan tingkat inventaris tetap menjadi prioritas utama Sony Interactive Entertainment," kata Ryan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Gim Sony

Selain meng-update pencapaian PS5, Sony juga membagikan beberapa informasi seputar judul gim di PS5. Misalnya, Spider-Man: Miles Morales telah terjual lebih dari 6,5 juta kopi sejak diluncurkan November lalu.

Sementara gim Ratchet & Clark: Rift Apart terjual lebih dari 1,1 juta kopi setelah dirilis pada Juni 2021.

Gim Returnal juga sukses terjual lebih dari 560 ribu eksemplar sejak peluncurannya April lalu.

Bila Sony terus membagikan angka penjualan konsol mereka, Microsoft berhenti membagikan angka penjualan konsol Xbox mereka.

3 dari 3 halaman

Microsoft Tak Lagi Umumkan Penjualan Xbox

"Kami semua terlibat dalam permainan," kata CEO Microsoft Satya Nadella saat pengumuman pendapatan perusahaan beberapa waktu lalu.

"Xbox Series S dan X adalah konsol dengan penjualan tercepat Microsoft. Dengan lebih banyak konsol yang terjual dibandingkan generasi sebelumnya," katanya.

Analis Senior di Niko Partners Daniel Ahmad memperkirakan, Xbox Series X dan S terjual 6,5 juta unit per 30 Juni 2021. Angka tersebut naik dari perkiraan sebelumnya yakni 5,7 juta unit untuk Xbox One dan 5 juta unit untuk Xbox 360.

(Tin/Isk)