Sukses

Cegah Tertular Penyakit dari Gadget, Ini Tips Membersihkan Smartphone

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan smartphone atau gadget lainnya, usai dibawa bepergian ke luar rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini smartphone sudah jadi barang yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan kita, termasuk saat bepergian ke luar rumah. Namun, gawai (gadget) pun juga harus rutin dibersihkan agar tidak jadi pembawa kuman ke dalam rumah.

Membersihkan ponsel dan gawai yang selalu dibawa ke luar rumah sangatlah penting. Khususnya di masa pandemi Covid-19, tentunya kita tidak mau smartphone atau tablet jadi pembawa penyakit bukan?

Para pakar kesehatan menyarankan kamu untuk membersihkan ponsel setidaknya sekali dalam sehari. Tentunya, ketahui juga bagaimana cara membersihkan perangkat yang disarankan oleh produsen.

Dalam laman resminya, dikutip Kamis (29/7/2021), Federal Communications Commission, regulator komunikasi Amerika Serikat mengungkapkan bahwa Apple dan sejumlah perangkat Android memiliki rekomendasi yang sama untuk membersihkan gadget.

  • Cabut perangkat sebelum membersihkan
  • Gunakan kain bebas serat yang sedikit dibasahi dengan sabun dan air
  • Jangan menyemprotkan pembersih langsung ke perangkat
  • Hindari semprotan aerosol dan larutan pembersih yang mengandung pemutih atau abrasif.
  • Jauhkan cairan dan kelembaban dari lubang apa pun di perangkat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penggunaan Alkohol

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), jika tidak ada instruksi dari produsen perangkat, mereka menyarankan penggunaan tisu atau semprotan mengandung setidaknya 70 persen alkohol untuk membersihkan layar sentuh.

Namun FCC mengingatkan bahwa meski aman menggunakan tisu disinfektan di banyak perangkat, tapi perlu diingat tisu yang mengandung alkohol, pemutih, atau cuka, dapat merusak lapisan pelindung di layar smartphone.

3 dari 4 halaman

Minimalisir Risiko Terpapar Kuman

Selain itu, FCC juga mengungkapkan ada beberapa tips tambahan yang bisa dilakukan untuk meminimalisir paparan kuman atau virus pada permukaan gawai.

  • Saat berada di luar rumah, simpan ponsel di kantung, tas, atau mobil
  • Ketika berbelanja, gunakan daftar belanjaan yang ditulis di tangan, bukan tersimpan di smartphone
  • Gunakan kartu kredit untuk pembayaran, lebih disarankan yang tanpa kontak, alih-alih pilihan pembayaran menggunakan smartphone
  • Setelah kembali dari tempat umum, pegang ponsel hanya setelah mencuci atau membersihkan tangan, atau melepas sarung tangan yang dipakai
  • Gunakan perangkat handsfree saat melakukan panggilan agar ponsel tidak menempel pada wajah atau masker

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis 10 Titik Lengah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.