Sukses

Clubhouse Resmi Luncurkan Fitur Pesan Backchannel

Liputan6.com, Jakarta - Clubhouse baru-baru ini secara tidak sengaja mengungkap fitur pesan bernama Backchannel di dalam aplikasi kepada sejumlah penggunanya.

Sekarang, seluruh pengguna aplikasi audio social di iOS dan Android dapat mengobrol satu sama lain, di dalam grup, atau hanya sekadar mengirim link.

"Backchannel menawarkan fitur berkirim pesan antara 2 individu ataupun dalam format grup, serta fitur ‘inbox' berisi permintaan pengiriman pesan dari akun lain," tulis dalam keterangan resminya, Jumat (16/7/2021).

Menggunakan Backchannel, pengguna dapat berdiskusi dengan sesama pendengar atau dengan host di room secara real-time.

"Jika Anda host room, maka Anda dapat menggunakan Clubhouse Backchannel untuk mengobrol dan menyiapkan pertanyaan dengan rekan pembicara lainnya, atau memilih siapa yang akan dipersilakan masuk ke rooms."

Bagi pendengar di room, mereka dapat mengobrol dengan teman-teman sesama pendengar selagi mendengarkan diskusi yang sedang berlangsung di rooms.

"Pengguna hanya perlu ketuk ikon ‘pesawat’ atau geser layar ke kiri untuk mengakses Backchannel," kata juru bicara Clubhouse.

 

2 dari 3 halaman

Fungsi Backchannel di Clubhouse

Facebook merilis Live Audio Rooms, layanan berbasis audio mirip Clubhouse untuk pengguna di AS (Foto: Facebook).

Lebih lanjut, baik pembicara atau pendengar Clubhouse dapat berkirim dan terima pertanyaan dari atau kepada audiens di rooms.

Pembicara di room juga dapat menggunakan fitur ini untuk menyampaikan terima kasih secara langsung kepada pengguna Clubhouse.

Disebutkan, pengguna juga bisa melakukan koordinasi dengan lebih mudah melalui teks dengan berbagai pihak demi kesuksesan acara atau rooms.

3 dari 3 halaman

Fokus Chat

Clubhouse versi Android sudah meluncur, tapi...(Doc: Clubhouse)

Sejauh ini, Clubhouse Backchannel difokuskan untuk mengobrol dengan orang yang dikenal atau orang yang ingin kamu kenal.

Fitur ini tidak memiliki opsi chat di seluruh room, karena memang fungsi utama aplikasi ini terpusat di room berbasis suara.

(Ysl/Isk)