Sukses

Locked Folder Google Photos Resmi Meluncur ke Smartphone Pixel

Pengguna Google Pixel sudah bisa menggunakan fitur Locked Folder yang dapat menyimpan foto dan video yang tak bisa diakses sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada gelaran Google I/O bulan lalu, salah satu fitur yang diperkenalkan adalah Locked Folder untuk melengkapi Google  Photos.

Kini, pengguna perangkat Google Pixel telah dapat menggunakan fitur yang bisa menyimpan foto dan video yang tak bisa diakses sembarangan.

Pengguna Pixel akan melihat notifikasi ‘Set Up Locked Folder’ saat membuka aplikasi Google Photos. Itu akan membuka serangkaian langkah yang perlu dilakukan dan perkenalan kemampuan dari fitur.

Di antaranya adalah menyembunyikan item dari daftar foto, penelusuran, dan aplikasi yang mengakses foto di perangkat.

Kemudian, mengunci dengan sandi yang digunakan perangkat. Lalu, setiap item dalam folder ini tak akan dicadangkan dan dibagikan.

Mengutip 9to5Google, Sabtu (12/6/2021), fitur lainnya yang akan menyertai adalah pengguna tidak dapat melakukan screenshot ketika membuka Locked Folder.

Sementara ini, tindakan yang bisa dilakukan ketika membuka folder tersebut adalah memindahkan file atau menghapusnya secara permanen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Update Aplikasi

Fitur ini otomatis akan hadir ketika pengguna telah melakukan pembaruan aplikasi ke versi 8.2.400 yang bisa di-update melalui Google Play Store.  

Bagi pengguna Pixel yang ingin mengaksesnya, setelah mendapati notifikasi ‘Set Up Locked Folder’ yang meminta pengguna untuk mengonfirmasi metode buka kunci perangkat Pixel yang digunakan. Misalnya, metode biometrik sidik jari, PIN, atau pola.

Perlu diingat, orang lain yang mengetahui kode pembuka perangkat Pixel yang digunakan juga mampu untuk membuka Locked Folder ini.

 

3 dari 3 halaman

Akses ke Locked Folder

Dengan demikian, pengguna bisa memiliki akses ke Locked Folder. Untuk mengakses di lain waktu, pengguna bisa membuka fitur ini dari membuka ‘Library’ kemudian ketuk ‘Utility’ di bagian atas.

Selanjutnya, pilih Locked Folder bagian bawah daftar. Itu akan menampilkan deretan media seperti foto dan video. Terlihat juga tombol di kanan atas untuk memindahkan file yang dipilih ke Locked Folder.

(Rif/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini