Sukses

Samsung Chromebook 4, Perangkat Tahan Banting untuk Dukung Belajar Siswa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Samsung menghadirkan Samsung Chromebook 4 untuk mendukung kegiatan belajar siswa siswi Indonesia, baik yang melakukan pendidikan jarak jauh maupun tatap muka.

Chromebook 4 merupakan perangkat Samsung pertama di Indonesia. Notebook ini memiliki bobot ringan, hanya 1,18 Kg sehingga memungkinkan dibawa kemana-mana.

Perangkat ini juga memiliki ketebalan 16,7 mm dan diklaim memiliki durabilitas tinggi dan baterai tahan sampai 12,5 jam untuk mendukung belajar.

Layar Samsung Chromebook 4 seluas 11,6 inci. Selain itu, notebook ini juga diklaim berdurabilitas tinggi dan memenuhi standar militer (Mil-STD-810G).

Samsung Chromebook 4 memiliki RAM 4GB LPDDR4 dan ruang penyimpanan internal 32GB eMMC.

IT & Mobile B2B Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Lukman Basuki mengatakan, dengan kondisi saat ini di mana siswa dan guru terbagi di sekolah dan rumah, pembelajaran membutuhkan perangkat yang mudah digunakan.

"Samsung Chromebook 4 menghadirkan pengalaman Chromebook OS yang sederhana, cepat, dan seamless. Samsung Chromebook 4 mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif," kata Lukman, dalam keterangan Samsung, Kamis (10/6/2021).

Lukman mengatakan, Samsung Chromebook 4 membantu keseharian siswa yang multitasking, berpindah dengan mudah antara video call dengan guru, kerja kelompok dengan teman sekelas, mencari inspirasi tugas di YouTube, dan berbagai kegiatan lainnya.

2 dari 3 halaman

Dukungan Prosesor Intel dan Konektivitas Gigabit WiFi

Untuk mendukung kinerjanya, Samsung Chromebook 4 mengombinasikan prosesor Intel dengan Chrome OS untuk penggunaan cloud yang mulus sehingga sistem belajar mengajar yang kolaboratif dapat berjalan lancar.

Chromebook 4 juga didukung konektivitas Gigabit WiFi yang memungkinkan perangkat ini mengunduh dan mengunggah data berukuran besar dan cepat.

Chrome OS sendiri memungkinkan akses yang cepat ke aplikasi-aplikasi untuk mendukung keperluan sekolah.

Dengan aplikasi dan penyimpanan data melalui cloud, guru dan siswa bisa mudah mengakses kelas online, bahan belajar, dan tugas-tugas yang membutuhkan kolaborasi dari mana saja, sepanjang tersedia koneksi internet.

Pengalaman cloud bisa dinikmati pengguna Samsung Chromebook 4 yang terintegrasi dengan layanan aplikasi Google.

3 dari 3 halaman

Baterai Tahan hingga 12,5 Jam

Samsung Chromebook 4 memiliki stereo speaker, mic digital internal, dan kamera HD 720p yang membantu video conference kelas online.

Chromebook 4 juga dilengkapi baterai yang diklaim mampu bertahan 12,5 jam.

Samsung Chromebook 4 juga dibekali port USB Type C untuk isi ulang daya, transfer data dalam kecepatan tinggi, dan menghubungkannya ke layar yang lebih besar berkualitas 4K.

Pada Samsung Chromebook 4 sudah terdapat keyboard dan tochpad. Pengguna pun dapat mengetik dengan presisi dan menyusun dokumen tugas dengan nyaman.

Bagi lembaga pendidikan yang menggunakan Samsung Chromebook 4, Samsung menyediakan update berkala OS dan software serta security patches untuk mencegah kebocoran data dan minimalisasi risiko serangan siber.

(Tin/Ysl)