Sukses

Jajal Kemampuan Sinyal 5G Telkomsel di Jakarta, Seberapa Cepat?

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Indonesia kembali mengadakan 5G Academy volume 4, dengan agenda uji coba kecepatan sinyal 5G di wilayah yang telah mendapat coverage sinyal 5G Telkomsel.

Berbekal smartphone Oppo Reno5 5G dan A74 4G, Tekno Liputan6.com diberi kesempatan untuk menjajal kemampuan sinyal 5G Telkomsel dalam beberapa skenario uji coba.

Gelaran acara bertajuk The Benefit of 5G Network for Consumer ini dilaksanakan di Taman Satriamandala, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (8/6/2021).

Cloud Storage

Pada skenario uji coba pertama, kami ingin melihat sebarapa cepat jaringan 5G ini saat melakukan proses upload dan download file ke cloud storage. Pada kesempatan ini, besaran file yang digunakan berformat video dengan ukuran 337MB.

Oppo Reno5 5G membutuhkan waktu 3 menit 34 detik untuk upload, sementara A74 4G butuh waktu 4 menit 41 detik. Memang hanya terpaut 1 menit 13 detik, tetapi perbedaan tersebut cukup jauh untuk perbandingan kecepatan jaringan.

Saat download file yang sama, Reno5 5G hanya membutuhkan waktu 55.48 detik. Dengan kecepatan transfer data maksimal sebesar 6,4Mbps.

Sedangkan, Oppo A74 4G membutuhkan waktu selama 1 menit 44 detik, dengan kecepatan maksimal 3,5Mbps hingga file tersebut selesai di download.

 

2 dari 3 halaman

Download Game

Skenario selanjutnya adalah mencoba mengunduh game berukuran besar dari Google Play Store. Saat men-download Call of Duty Mobile sebesar 2,75GB, Reno5 5G selesai hanya dalam waktu 2 menit 26 detik.

Rinciannya, progres unduhan telah mencapai 10 persen di 15 detik pertama. Kemudian, mencapai 50 persen saat menyentuh 1 menit 10 detik.

Lalu bagaimana dengan Oppo A47 4G? Seri ini membutuhkan waktu sekitar 13 menit 32 detik untuk download file game tersebut seluruhnya. Dengan demikian, perbedaan waktunya terpaut 11 menit diantara keduanya.

 

3 dari 3 halaman

Streaming 4K

Uji coba selanjutnya yakni mengakses video dengan kualitas 4K di YouTube. Pengujian dilakukan dengan mengatur kualitas video di YouTube ke 2160p. Guna mengecek buffer video, slider durasi tersebut digeser ke titik random.

Pada Oppo Find X2 Pro 5G, terlihat nyaris tanpa buffer saat menggeser slider video lebih dari satu kali.

Sayangnya, dalam uji coba kali ini belum dilakukan perbandingan mengakses video 4K melalui jaringan 4G. Sebagai informasi, kedua perangkat Reno5 5G dan A74 4G yang dipakai sudah menggunakan jaringan Telkomsel.