Sukses

Square Enix, Bandai Namco, dan Sega Konfirmasi Hadir di Event E3 Virtual

Liputan6.com, Jakarta - Bulan lalu, event game kenamaan E3 dipastikan kembali hadir tahun ini. Entertainment Software Association (ESA) sebagai penyelenggara telah mengonfirmasi gelaran E3 2021 akan diadakan secara virtual.

Menyusul pengumuman tersebut, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (8/5/2021), ESA juga mengungkap deretan perusahaan game yang ikut meramaikan event kali ini.

Dua perusahaan yang diketahui akan bergabung di event E3 tahun ini adalah Nintendo dan Microsoft Xbox.

Pengembang kenamaan yang juga akan bergabung disebut adalah Capcom, Konami, Ubisoft, Take-Two Interactive, Warner Bros. Games, dan Koch Media.

Kini, lewat pengumuman terbaru, ESA kembali deretan pengembang game yang akan bergabung di event E3 virtual tahun ini, yakni Square Enix, Bandai Namco, dan Sega.

Kendati sudah ada pengumuman terbaru, dua nama perusahaan game besar lain, yakni Sony dan EA belum masuk dalam daftar. Ada kemungkinan kedua perusahaan itu akan menggelar event sendiri di 2021.

Sebagai informasi, Sony memang telah dua kali absen di ajang E3 pada 2019 dan 2020, sehingga ada kemungkinan perusahaan asal Jepang itu akan melakukannya lagi di tahun ini.

Adapun event E3 2021 virtual ini akan berlangsung mulai 12 hingga 15 Juni 2021. ESA pun memastikan E3 2021 ini tidak dipungut biaya alias gratis untuk seluruh pengunjung.

2 dari 3 halaman

Pameran Langsung Comic Con, E3, dan Anime Expo Batal Digelar Tahun 2021

Selain E3 2021 yang batal digelar secara langsung, event lain juga mengalami hal serupa, seperti pameran Comic Con di San Diego. 

Penyelenggara pameran Comic Con di San Diego baru saja mengumumkan, pada tahun 2021 ini, pameran tidak akan digelar secara langsung.

Ini adalah kedua kalinya Comic Con tidak digelar secara langsung dalam 50 tahun terakhir.

Pembatalan pertama adalah tahun lalu (2020), di mana Comic Con dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Kendati begitu, penyelenggara masih menggelar event online pada 23-25 Juli 2020. Penyelenggara waktu itu menunda pameran langsung yang direncanakan digelar November 2020.

Namun, penyelenggara kemudian memastikan berlangsungnya gelaran Comic Con akan ditunda setidaknya hingga 2022. Penyelenggara juga telah menawarkan refund.

3 dari 3 halaman

Anime Expo Juga Batal Digelar Langsung

Selain Comic Con dan E3, Departemen Pariwisata Los Angeles juga merilis dokumen berisi pameran besar dalam bidang video gim dan anime yang juga ditunda.

Pameran yang dibatalkan adalah Anime Expo.

Perlu diketahui, pameran gim E3 biasanya menarik lebih dari 60.000 pengunjung langsung. Sementara, Anime Expo bisa menarik lebih dari 100.000 pengunjung.

Oleh karenanya, pembatalan ketiga pameran besar ini diperkirakan akan membawa kerugian besar dalam hal pariwisata di wilayah terkait.

(Dam/Ysl)