Sukses

Google Akan Longgarkan Aturan Bekerja dari Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Google menyebut, 20 persen karyawannya bisa bekerja dari rumah setelah kantor dibuka akhir tahun 2021 ini.

Perusahaan internet terkemuka ini sebelumnya mengambil pendekatan lebih ketat terkait karyawan kembali bekerja di kantor. Sebelumnya Google menutup kantornya dan mengizinkan karyawan untuk bekerja dari jarak jauh.

Mengutip CNBC, Kamis (6/5/2021), kini karena melihat beberapa perusahaan teknologi lainnya, Google memutuskan menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dan melonggarkan pendekatannya.

Sebelumnya pada Desember 2020, Google mengumumkan rencana agar para karyawan menghabiskan tiga hari dalam seminggu bekerja di kantor.

"Kini Google mengharapkan 60 persen karyawannya akan berada di lokasi (kantor) selama beberapa hari dalam seminggu, dengan 20 persen bekerja di kantor baru dan 20 persen bekerja dari rumah," kata CEO Google, Sundar Pichai, dalam email kepada karyawan Google.

Ia mengatakan, sebagian besar karyawan terkadang ingin berada di kantor pusat Google.

2 dari 3 halaman

Kembali ke Kantor

"Sebelum pandemi, kami memiliki ribuan orang yang bekerja di lokasi terpisah dari tim inti mereka. Saya sepenuhnya berharap jumlah tersebut meningkat dalam beberapa bulan mendatang, seiring kami mengembangkan peran yang lebih jauh, termasuk sub tim yang bekerja jarak jauh," kata Pichai.

Pichai juga mengatakan, setiap karyawan Google tertentu kini dapat bekerja sementara selama empat minggu per tahun selain dari kantor yang ditunjuk.

Angka ini meningkat dari sebelumnya, di mana karyawan bisa bekerja jarak jauh selama dua minggu per tahun.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Karyawan Perlu Bekerja di Kantor

Ia juga mengungkap, beberapa karyawan Google mungkin perlu berada di fasilitas kerja (kantor Google) lebih dari tiga hari per minggu karena pekerjaannya.

Sementara itu, juru bicara Google mengatakan, sejauh ini karyawan tetap bekerja dari rumah hingga September 2021.

Adapun karyawan tidak tetap, vendor, dan kontraktor Google yang jumlahnya hampir separuh dari total karyawan Google, mungkin akan bekerja di kantor pada hari yang sama dengan tim mereka.

(Tin/Ysl)