Sukses

Menkominfo Pastikan Kualitas Jaringan Telekomunikasi untuk Lebaran Digital

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul kebijakan pemerintah yang meniadakan mudik di tahun ini, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika), Johnny G. Plate, pun mencanangkan agar masyarakat melakukan Lebaran digital.

Dengan Lebaran digital ini, Menkominfo mengajak masyarakat untuk Lebaran atau silaturahmi virtual dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia. Jadi, masyarakat tidak mudik atau melakukan silaturahmi fisik ke kampung halaman.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Johnny menyatakan Kementerian Komunikasi dan Informatikan akan memastikan jaringan telekomunikasi berkualitas dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di berbagai wilayah.

"Hal ini penting, demi kelancaran proses lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini," tuturnya saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Rabu (5/5/2021).

Kemkominfo, menurut Johnny, dengan menggandeng sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler akan menyediakan trafik sangat besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melakukan Lebaran digital.

"Lebaran sebaiknya dengan memanfaatkan teknologi, kami menyiapkan bandwith yang cukup besar untuk menjaga agar komunikasi tetap dilakukan secara berkualitas," ujarnya melanjutkan.

Namun tidak hanya mendukung telekomunikasi selama Lebaran, sarana dan infrastruktur yang disiapkan itu juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berbelanja online.

“Kampanye Bangga Buatan Indonesia lewat belanja online itu disiapkan, masyarakat perlu memanfaatkan dan menggunakan ini dengan baik, tidak harus pergi sendiri ke pasar, ke toko. Kalau memang harus ke pasar, ke toko perhatikan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya mengakhiri.

2 dari 3 halaman

Tidak Bisa Mudik, Menkominfo Ajak Masyarakat Lebaran Digital

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Langkah ini diambil untuk menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia.

Dengan adanya kebijakan tersebut, Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika), Johnny G. Plate, pun mengajak masyarakat agar tidak mudik atau melakukan silaturahmi fisik ke kampung halaman.

Sebagai gantinya, Johnny mengajak masyarakat melakukan silaturahmi secara virtual atau bisa disebut dengan Lebaran digital.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan lebaran tahun ini sebagai lebaran digital. Lebaran digital itu keren," tuturnya saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Rabu (5/5/2021).

3 dari 3 halaman

Tidak Kurangi Makna Sebenarnya

Menurut Johnny, silaturahmi virtual melalui aplikasi tidak akan mengurangi makna yang sebenarnya. Masyarakat tetap mampu menjalin komunikasi efektif melalui perangkatnya dengan sanak saudara yang berjauhan lokasinya.

"Merayakan acara hari besar hari Lebaran nanti secara virtual tetap meriah, dalam keluarga sendiri dengan berkomunikasi melalui teknologi yang ada," tuturnya melanjutkan.

Lebih lanjut Johnny juga mengatakan peniadaan mudik merupakan upaya tegas dan tepat pemerintah untuk memastikan Indonesia segera beranjak dari pandemi.

Johnny juga berharap masyarakat yang menjalakan ibadah puasa dan akan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan tidak mudik akan membawa berkah bagi Indonesia dalam menyelesaikan pandemi Covid-19.

"Berkahnya dimana kita segenap sekalian bantu mendoakan agar berhasil menangani pandemi Covid-19," tuturnya. 

(Dam/Ysl)