Sukses

Sony Gulirkan Beragam Fitur Anyar di PS5 Lewat Update Software

Liputan6.com, Jakarta - Sony akhirnya merilis pemutakhiran software untuk PlayStation 5 (PS5). Melalui update besar-besar yang digulirkan, Sony menghadirkan sejumlah peningkatan untuk konsol generasi terbaru tersebut.

Dikutip dari The Verge, Jumat (16/4/2021), salah satu peningkatan yang digulirkan Sony lewat pembaruan ini adalah pengguna PS5 dapat menyimpan gim yang dimilikinya ke memori eksternal.

Dengan cara ini, pengguna PS5 dapat memperluas kapasitas penyimpanan yang ada di konsolnya. Nantinya, pengguna juga dapat menyalin gim tersebut ke PS5 saat ingin memainkannya.

Namun perlu diingat, metode ini hanya mendukung penyimpanan saja, sehingga pengguna tidak dapat langsung memainkan gim lewat memori eksternal tersebut.

Selain itu, Sony juga melakukan peningkatan untuk fitur HDR yang ada di PS5. Jadi, pengguna tidak perlu repot-repot untuk mematikan fungsi HDR dari pengaturan saat menonton konten berkualitas SDR.

Bersama dengan pemutakhiran ini, Sony turut menyertakan dukungan refresh rate 120Hz ke lebih banyak monitor PC. Karenanya, PS5 kini bisa berjalan di monitor PC beresolusi 1080 piksel yang mendukung refresh rate 120Hz.

Pembaruan software ini juga menghadirkan sejumlah fitur lain, seperti opsi yang lebih baik untuk menonaktifkan obrolan dalam gim, opsi mencari gim yang sudah dibeli, dan kemampuan menyembunyikan gim yang ada di pustaka.

 

2 dari 3 halaman

Hati-Hati, Phishing Berkedok Konsol PS5 Gratis Marak Beredar

Di sisi lain, sejumlah penjahat siber sering kali memanfaatkan tren atau topik apa yang menarik bagi calon korbannya.

Terkini, pelaku kejahatan memanfaatkan stok konsol baru milik Sony, yaitu PlayStation 5 (PS5) yang semakin menipis akibat pandemi dan mengalami kekurangan pasokan chip terkait Covid-19.

Mengutip laporan Kaspersky, Senin (12/4/2021), sejumlah pelaku kejahatan memanfaatkan antusiasme gamer untuk dapat memenangkan PS5 gratis dengan menebar link phishing.

Untuk melancarkan aksinya, pelaku kejahatan menggunakan berbagai model phishing yang digunakan untuk menyebarkan tautan hadiah PS5, salah satunya lewat email.

Seperti kebanyakan aksi phishing lainnya, si korban harus cermat memeriksa email PS5 gratis tersebut untuk dapat mengungkap hal yang mencurigakan.

Meskipun email penipuan tersebut terlihat tidak ada kesalahan yang mencolok, pelaku sering kali menggunakan alamat email yang sama sekali tidak berhubungan dengan konsol gim, ambil contoh “Farmasi India”.

Email phishing berisi penawaran untuk kesempatan memenangkan PlayStation 5. Sementara pengirim dibalik tampilan email tidak jelas keasliannya.

3 dari 3 halaman

Teks Syarat dan Ketentuan yang Aneh

Hal mencurigakan lainnya adalah soal persyaratan dan ketentuan (huruf sangat kecil di bagian bawah pesan yang kerap tidak terbaca kebanyakan orang) menyebutkan perusahaan yang sama sekali berbeda.

Kaspersky pun mengingatkan agar pengguna selalu memperhatikan sejumlah elemen yang mencurigakan, dan inkonsistensi dalam bahasa. Selanjutnya, para 'penyelenggara' meminta kamu untuk mendaftarkan alamat email.

Nantinya, gamer akan diberikan link ke situs web berlogo Amazon--walau dari URL-nya sama sekali bukan Amazon.com. Agar terlihat meyakinkan, pelaku akan menyebutkan kamu adalah salah satu dari 10 pengunjung beruntung yang dapat memenangkan konsol PS5.

Akan tetapi, untuk mendapatkannya pengunjung harus melakukan konfirmasi dalam waktu 18 detik. Kaspersky menyebutkan, cara ini cukup efektif menipu korban sehingga menurunkan kewaspadaan mereka untuk mendapatkan konsol PS5.

Metode phishing lainnya adalah lewat cara email survei dan mencentang kotak lainnya, selusin kotak hadiah identik akan muncul di layar, salah satunya adalah pengumuman pemenang.

Contohnya: “Selamat! Anda telah memenangkan hadiah! Tidak percaya keberuntungan Anda? Berikut ini adalah review dari “pemenang” sebelumnya”. Upaya ini untuk meningkatkan semangat dan menjaga kewaspadaan korban tetap rendah.

Setelah menyelesaikan survei, sejumlah paket hadiah virtual pun muncul di layar. Namun, hanya satu yang berisikan konsol PS5. Saat diklik, ternyata kamu mendapatkan hadiah tersebut--terlepas dari kotak yang dipilih.

(Dam/Isk)