Sukses

Sharp dan Telkom Luncurkan TV Game Streaming Pertama di Indonesia

PT Sharp Electronics Indonesia dan Telkom Indonesia memberikan nilai tambah pada produk Smart TV Android melalui layanan cloud gaming GameQoo.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter Insight Market pada tahun 2020, melaporkan sebanyak 55 persen Gen-Z dan 59 persen generasi milenial memilih untuk bermain gim untuk mengisi waktu di masa pandemi Covid-19.

Meningkatnya minat pasar gim dan kebutuhan edutainment yang berbasis teknologi dan internet pada masa pandemi, melatarbelakangi sinergi antara PT Sharp Electronics Indonesia dan Telkom Indonesia memberikan nilai tambah pada produk smart TV Android melalui layanan cloud gaming GameQoo.

"Visi perusahaan yang selalu ingin berkontribusi positif terhadap kepuasan pelanggan dapat direalisasikan dengan hadirnya sebuah smart TV yang dapat menyediakan beragam streaming games yang dapat dimainkan tanpa konsol tambahan," kata Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka, melalui keterangannya, Rabu (17/3/2021).

GameQoo merupakan produk Telkom Indonesia berupa platform layanan streaming untuk bermain gim di cloud. Dengan platform ini, gamers dapat memainkan sejumlah gim berkualitas dan berlisensi resmi dari berbagai publisher ternama di smart TV Android Sharp secara optimal tanpa adanya perangkat bantu berupa konsol.

Setiap progres gim yang dimainkan di GameQoo otomatis tersimpan di dalam cloud. Hanya dengan log-in akun yang sudah diaktivasi di smart TV Android Sharp, pengguna sudah dapat kembali mengakses dan melanjutkan gim yang ingin dimainkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilengkapi Joystick Wireless

Guna mendukung keseruan, permainan pada aplikasi GameQoo dapat menggunakan joystick wireless via Bluetooth 5.0 yang telah dibenamkan pada Smart TV Android Sharp.

Joystick juga bisa dikoneksikan melaui kabel karena Smart TV Android Sharp pun sudah dilengkapi dengan 2 slot USB Type-A.

Aplikasi GameQoo secara ekslusif hanya akan dapat diunduh pada Smart TV Android Sharp melalui play store dan menjadi satu-satunya layanan cloud gaming yang terintegrasi pada sebuah TV di Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Targetkan Kenaikan Pangsa Pasar 5 Persen

Ardy selaku Head of Marketing AUVI Product Strategy Division, mengatakan pada tahap awal kerjasama ini Sharp akan memberikan 10.000 unit voucher berlangganan Gameqoo gratis selama 3 bulan untuk setiap pembelian Smart TV Android Sharp berukuran 42 inci ke atas.

Pada tahap selanjutnya Sharp akan menyertakan aplikasi GameQoo pada Smart TV Android Sharp sehingga konsumen tidak perlu lagi mengunduh aplikasi ini tetapi bisa langsung dapat menikmati pada permainan langsung di TV.

"Kami menargetkan kenaikan pangsa pasar sekitar 5 persen dari program ini," ungkap Ardy.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.