Sukses

Bedah Poco M3 dan Redmi 9T, Serupa Tapi Tak Sama

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi diketahui telah meluncurkan dua smartphone terbaru yang menyasar segmen entry level di awal tahun ini. Kedua smartphone itu adalah Poco M3 dan Redmi 9T.

Secara tampilan, kedua smartphone tersebut memang berbeda dari segi desain. Namun jika ditelisik lebih dalam, kedua perangkat itu sebenarnya memiliki kemiripan yang cukup banyak.

Kemiripan pertama ada di ukuran layar yang dimilikinya. Baik Poco M3 dan Redmi 9T sama-sama memiliki layar berukuran 6,53 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Penampakan Poco M3 dan Redmi 9T (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Selain itu, chipset yang disematkan pun tidak berbeda. Keduanya sama-sama menggunakan Snapdragon 662 yang dipadukan dengan memori RAM 4GB/ROM 64GB dan RAM 6GB/ROM 128GB.

Tidak hanya itu, Poco M3 dan Redmi 9T turut dibekali baterai berkapasitas 6.000mAh dan mendukung fast charging 18 watt. Pemindai sidik jari juga diletakkan di bodi samping smartphone.

Posisi konektor yang ada di bagian bawah dan atas bodi smartphone ini pun ternyata sama. Hal itu dapat dilihat dari foto-foto di Poco M3 dan Redmi 9T di bawah ini. 

Penampakan Poco M3 dan Redmi 9T (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Penampakan Poco M3 dan Redmi 9T (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

2 dari 3 halaman

Perbedaan Redmi 9T dan Poco M3

Sementara untuk perbedaan, seperti yang disebutkan di atas, keduanya jelas berbeda. Poco M3 memiliki bodi plastik dengan tekstur mirip kulit, sedangkan Redmi 9T masih berbahan plastik tapi memiliki efek kaca.

Susunan kamera pun berbeda sedikit. Meski sama-sama diatur secara vertikal, Redmi 9T memiliki satu lensa lebih banyak dibandingkan Poco M3.

Poco M3 dan Redmi 9T sama-sama memiliki lensa utama 48MP, lensa makro 2MP, dan depth sensor 2MP. Namun sebagai tambahan, ada lensa ultra-wide 8MP di Redmi 9T.

Keduanya juga sama-sama menjalankan Android 10 dengan balutan MIUI 12, tapi Poco M3 hadir dengan MIUI for Poco.

Perbedaan yang cukup terlihat adalah launcher ini memiliki fungsi app drawer, berbeda dari MIUI yang seluruh aplikasi ditampilkan di laman utama.

Untuk harga, keduanya juga memiliki perbedaan, meski tidak terpaut jauh. Poco M3 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.799.000, sedangkan Redmi 9T dijual mulai dari Rp 1.999.000.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Tak Beda Jauh, Pilih Xiaomi Redmi 9T atau Poco M3?

Dengan persamaan dan perbedaan yang dimiliki kedua smartphone tersebut, lantas bagaimana konsumen memilih antara Poco M3 dengan Redmi 9T?

Menjawan pertanyaan tersebut, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan kedua smartphone itu sebenarnya menyasar segmen berbeda.

"Secara bahasa desain, keduanya jelas berbeda. Poco M3 memiliki desain yang ditujukan untuk anak muda, sedangkan Redmi 9T lebih umum," tutur Alvin. 

Lebih lanjut Alvin menuturkan, Redmi 9T menawarkan fitur yang lebih menyeluruh atau hadir sebagai perangkat all-rounder. Berbeda dari Poco M3 yang memang ditujukan untuk segmen tech enthusiast.

Di samping itu, meski memiliki sususan kamera yang mirip, smartphone anyar Redmi ini memiliki satu lensa lebih banyak dari Poco M3. Sebab, Redmi 9T memiliki lensa ultra-wide 8MP yang tidak ditemukan pada Poco M3.

"Selain itu, Poco M3 hadir MIUI for Poco yang berbeda dari MIUI biasanya. Untuk itu, apabila pengguna yang ingin merasakan pengalaman MIUI lebih lengkap dapat memilih Redmi 9T," tutur Alvin menjelaskan.

(Dam/Ysl)