Sukses

MMA Berbagi Wawasan untuk Optimalkan Kampanye Brand Selama Ramadan 2021

Pada Ramadan Insights 2021 kali ini, MMA berfokus pada “Menciptakan dampak pada kampanye brand melalui insight yang diperoleh di bulan Ramadan”.

Liputan6.com, Jakarta - Mobile Marketing Association (MMA), baru saja mengadakan acara tahunan Ramadan Insights ketiga pada 25 Februari 2021 secara virtual.

Pada Ramadan Insights 2021 kali ini, MMA berfokus pada topik "Menciptakan dampak pada kampanye brand melalui insight yang diperoleh di bulan Ramadan".

Selama periode Ramadan yang berlangsung dari 12 April sampai 12 Mei 2021 mendatang, pola konsumen diperkirakan akan bergeser secara unik, selagi pola pergerakan mereka juga berubah dalam fase-fase berbeda di sepanjang bulan tersebut.

Berdasarkan hal itu, para marketer dan agency harus memahami konsumen mereka dengan lebih baik lagi untuk merancang kampanye khusus Ramadan. Tujuannya supaya mereka dapat mencapai target market dengan cara terbaik.

"Pada Ramadan 2020 lalu, kami melihat pandemi tidak menyurutkan semangat masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dan berbagi kebaikan dari rumah selama Ramadan," ujar Kevin Mintaraga, MMA Indonesia Board Member, Vice President of Tokopedia, dalam keterangan resminya.

Faktanya, kata Kevin, jumlah pengguna fitur Alquran digital dan jumlah Zakat Mal yang terkumpul di Tokopedia mengalami lonjakan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dia menambahkan, masyarakat juga menemukan cara baru untuk mengirimkan hadiah dan parsel kepada keluarga mereka di seluruh Indonesia secara online.

"Di tahun ini, kami percaya tren serupa akan terus berlanjut dan perayaan Ramadan tetap dapat dijalankan dengan baik lewat dukungan teknologi," tutur Kevin lebih lanjut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi Insights untuk Picu Ide

MMA Ramadan Insights 2021. Dok: MMA

Lewat ajang ini para peserta dapat mengetahui berbagai data, wawasan, dan studi kasus yang menarik oleh para pembicara Ramadan Insights 2021 ini.

"Kami bertujuan untuk secara kolektif dan terus menerus melakukan yang terbaik dalam membantu industri tetap terdepan," kata Shanti Tolani, Country Manager, MMA Indonesia, menjelaskan.

Menjelang Ramadan, ujar Shanti, data yang dibagikan, wawasan, dan studi kasus menarik akan memicu ide-ide kreatif baru untuk semua brand dan agency yang ingin secara efektif terlibat dengan konsumen mereka selama bulan suci.

3 dari 3 halaman

Pembicara di Ramadan Insights 2021

Beberapa pembicara yang membagikan wawasan mereka di Ramadan Insights 2021 di antaranya:

- Endang Putri, Global Category Head Biscuit & Wafer, PT Mayora Indah Tbk.

- Dwi Adriansah, Country Head Indonesia, Twitter

- Novia Sukmawaty, Group Head of Wardah, Paragon Technology and Innovation

- Dewi Sandra, Brand Ambassador of Wardah, Paragon Technology and Innovation

Endang Putri, Global Category Head Biscuit & Wafer, PT Mayora Indah Tbk menuturkan, "Brand perlu mengarahkan konsumen di setiap tahap momen Ramadan, untuk membawa nilai dan mencari cara untuk membuat hidup mereka lebih mudah".

Sementara Dwi Adriansah, Country Head Indonesia, Twitter menyatakan, "Pemilik brand perlu memanfaatkan brand voice mereka dengan menampilkan fitur produk utama dan promo Ramadan dalam sebuah kreatif yang menunjukkan sebuah solusi. Sesuaikan juga pesan yang ingin disampaikan untuk mengatasi masalah yang dihadapi konsumen saat ini".

Adapun Novia Sukmawaty, Group Head Wardah, Paragon Technology and mengatakan, "Kita pun juga perlu kreatif dalam mencari cara baru dalam merayakan Ramadan dengan memanfaatkan trend penggunaan media streaming dan gaming yang meningkat secara signifikan".

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.