Sukses

Zoom Tambahkan Teks Transkripsi Otomatis untuk Akun Gratis

Layanan transkripsi otomatis ini sebenarnya sudah cukup lama ada di layanan Zoom, namun masih terbatas pada akun berbayar.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia layanan konferensi video, Zoom, berencana meluncurkan dukungan teks transkripsi otomatis pada layanannya akhir tahun ini.

Langkah ini diambil untuk memudahkan pengguna agar layanan lebih mudah diakses.

Sebagai informasi, layanan transkripsi otomatis ini sudah cukup lama ada di layanan Zoom, namun masih terbatas pada akun berbayar. Layanan ini sebelumnya menawarkan transkripsi langsung bertenaga AI untuk semua akun berbayarnya.

Jika tidak, penyelenggara rapat harus menambahkan teks mereka sendiri secara manual, atau menggunakan layanan pihak ketiga.

Seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (27/2/2021), saat ini jika pemegang akun gratis yang membutuhkan akses ke fitur tersebut, Zoom memungkinkan pengguna untuk secara manual meminta akses ke fitur Transkripsi Langsung melalui Google Form yang ditautkan dalam pengumumannya.

Namun saat ini fitur tersebut akan tersedia untuk jutaan orang yang mengandalkan layanan Zoom secara gratis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuma Tersedia dalam Bahasa Inggris

Halaman dukungan Zoom mencatat bahwa fitur Transkripsi Langsung saat ini hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Fitur ini juga tersedia dengan layanan konferensi video lain seperti Google Meet. Mengingat betapa luasnya penggunaan Zoom sejak awal pandemi, sangat menyenangkan melihatnya menambahkan lebih banyak fitur aksesibilitas.

Upaya sebelumnya untuk membuat Zoom lebih mudah diakses termasuk mengizinkan rapat untuk menyematkan dan menyoroti juru bahasa dalam panggilan, serta menambahkan dukungan pembaca layar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.