Sukses

Huawei Siap Gulirkan HarmonyOS April 2021

Huawei akhirnya mengumumkan akan mulai menggulirkan HarmonyOS untuk perangkat flagship besutannya dalam beberapa bulan mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Huawei akhirnya mengonfirmasi jadwal peluncuran HarmonyOS untuk perangkat besutannya. Pengumuman ini dilakukan tidak lama setelah Huawei memperkenalkan Mate X2.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (25/2/2021), Huawei berencana menggulirkan HarmonyOS ke seluruh perangkat flagship-nya mulai April 2021. Dengan pengumuman ini Huawei disebut perlahan mulai meninggalkan Android.

Salah satu perangkat pertama yang disebut akan menerima HarmonyOS adalah Huawei Mate X2. Namun untuk sekarang, smartphone layar lipat itu masih menjalankan EMUI 11 berbasis Android 10.

Setelahnya, kemungkinan besar HarmonyOS akan hadir di lini P50 yang bakal rilis sebentar lagi. Namun, Huawei memang belum mengungkap secara detail daftar perangkat yang akan mendapat sistem operasi ini.

Kendati demikian, berdasarkan informasi yang beredar sebelumnya, sistem operasi ini kemungkinan akan hadir lebih dulu untuk lini flagship, seperti seri P dan Mate, lalu menyusul lini Nova.

Selain HarmonyOS, Huawei disebut juga akan terus meningkatkan App Gallery. Sekadar informasi, toko aplikasi ini diketahui sudah mencapai jumlah pengguna aktif bulanan 500 juta sepanjang 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Huawei Perkenalkan Mate X2

Sebelumnya, Huawei akhirnya memperkenalkan smartphone layar lipat generasi terbarunya, yakni Huawei Mate X2. Smartphone flagship lipat ini hadir dengan desain yang diberi nama falcon wing.

"Huawei Mate X2 merupakan masa depan dari teknologi smartphone, sebagai pionir dalam inovasi dan pengalaman pengguna yang fantastis di seluruh dunia," tutur CEO and Executive Director Huawei Consumer BG, Richard Yu, dalam keterangan resmi, Selasa (23/2/2021).

Huawei Mate X2 memiliki bentang layar 8 inci saat dibuka, sedangkan saat dilipat, layar OLED yang berada di bagian luarnya memiliki ukuran 6,45 inci. Kedua layar juga sudah dipastikan memiliki resolusi tinggi.

Huawei menggunakan engsel interlocking multi-dimensi pada Huawei Mate X2, sehingga perangkat ini dapat dilipat lebih sempurna dan meminimalkan lipatan pada layar saat perangkat dibuka.

Mengingat memiliki layar yang besar saat dibuka, Huawei Mate X2 hadir dengan sejumlah fitur yang mendukung pengoperasiannya, seperti smart multi-window, floating window, app multiplier, hingga app bubble.

Seluruh fitur itu disebut dapat membantu pengguna mengoptimalkan pemakaian saat perangkat dibuka dan mendukung pengguna melakukan banyak tugas dalam satu layar.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Huawei Mate X2

Untuk urusan dapur pacu, smartphone ini menggunakan chipset Kirin 9000 yang dipadukan dengan RAM 8GB. Ada dua varian memori yang ditawarkan, yakni 256GB dan 512GB.

Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh dan sudah mendukung fitur SuperCharge 55W. Huawei Mate X2 menjalankan EMUI 11 berbasis Android 11, meski tidak mendukung layanan Google Mobile Services.

Beralih ke departemen fotografi, smartphone ini memiliki empat kamera belakang. Ada lensa utama 50MP, lensa periscope 8MP yang mendukung 10x optical zoom, lensa ultrawide 16MP, dan lensa telephoto 12MP.

Huawei Mate X2 hadir dengan empat pilihan warna, yakni white, black, crystal blue, dan crystal pink.

Smartphone ini dibanderol dengan harga 17.999 yuan (Rp 39 juta) untuk varian 25GB dan varian 512GB dijual 18.999 yuan (Rp 41 juta).

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.