Sukses

Xiaomi Mulai Umumkan Jadwal Rilis MIUI 12.5

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja memperkenalkan Mi 11 untuk pasar global. Bersamaan dengan peluncuran itu, perusahaan turut mengungkap jadwal kehadiran MIUI 12.5 yang pertama kali diperkenalkan pada Desember 2020.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (9/2/2021), Xiaomi mengatakan tahap pertama pengguliran MIUI 12.5 untuk produk global dimulai pada April atau Mei tahun ini.

Dalam tahap pertama ini, deretan produk yang akan menerimnya adalah Mi 11, Mi 10T, Mi 10T Pro, Mi 10, dan Mi 10 Pro. Sementara untuk tahap kedua, MIUI 12.5 akan mulai digulirkan pada Juni 2021.

Untuk tahap kedua, produk yang mendapatkannya adalah Mi 10 Lite 5G, Mi 10T Lite, Mi Note 10 Pro, Mi Note 10, Mi Note 10 Lite, Redmi Note 9T, Redmi Note 9 Pro, Redmi Note 9S, Redmi Note 9, Redmi Note 8 Pro, dan Redmi 9.

Xiaomi menuturkan perangkat lain nantinya baru akan mendapatkan MIUI 12.5 di semester kedua tahun ini. Hanya perusahaan belum mengungkap deretan produk yang dimaksud.

Sebagai informasi, meski nama MIUI 12.5 terkesan hanya menawarkan sedikit pemutakhiran. Toh, saat ini pengguna perangkat Xiaomi sudah menjalankan MIUI 12.

Namun saat pertama kali mengumumkan kehadirannya, Xiaomi memastikan MIUI 12.5 hadir dengan peningkatan besar-besaran. Mulai dari tampilan hingga fitur yang dibenamkan. 

Menurut prakiraan, ada kemungkinan nama MIUI 12.5 sengaja dipakai karena Xiaomi memang tidak ingin memakai nama MIUI 13 untuk tampilan antarmuka versi terbaru ini. 

2 dari 3 halaman

Perubahan yang Ada di MIUI 12.5

MIUI 12.5 disebut akan hadir dengan sejumlah peningkatan yang membuatnya tampil lebih segar dan memiliki efek transisi lebih mulus.

Dari sisi performa, Xiaomi juga menjanjikan pemakaian memori dan daya yang lebih ringan ketimbang pendahulunya.

Pada MIUI 12.5, aplikasi bawaan pun dibuat lebih ringkas, sehingga tidak banyak bloatware yang disertakan. Nantinya, aplikasi bawaan yang tersedia hanya kamera, telepon, galeri, SMS dan browser.

Serupa dengan MIUI 11 dan MIUI 12, fitur dynamic wallpaper kembali dihadirkan pada versi terbaru ini. Fungsi kustomisasi juga dibuat lebih beragam ditambah nada notifikasi kini disesuaikan dengan empat suara berbeda.

Dari sisi keamanan, Xiaomi turut melakukan sejumlah peningkatan pada MIUI 12.5.

Kini, pengguna dapat mencegah aplikasi mengakses lokasi mereka, data privat, hingga akses ke clipboard termasuk tidak menyimpan password atau informasi sensitif lainnya.

3 dari 3 halaman

Xiaomi Pamer Konsep Smartphone dengan Layar Quad Waterfall Display, Apa Itu?

Di sisi lain, Xiaomi memamerkan konsep smartphone dengan teknologi layar quad waterfall display. Ini merupakan layar yang melengkung pada keempat sisinya.

Desain layar lengkung 88° ini menjadikan seluruh bodi smartphone dikelilingi layar sentuh yang port free alias tanpa tombol fisik.

Xiaomi mengklaim, inovasi ini merupakan upaya perushaan untuk mendorong batas dari desain smartphone klasik untuk membuatnya sesederhana mungkin sekaligus mewujudkan fitur 'layar sepenuhnya' menjadi kenyataan.

"Mengingat produksi layar fleksibel kini menjadi hal yang lazim, tantangan dalam industri saat ini adalah menghasilkan layar yang melengkung pada keempat sisinya dan proses penyatuan dengan badan smartphone," ujar Xiaomi melalui keterangan resminya, Senin (8/2/2021).

Xiaomi menambahkan bentuk layar adalah faktor penting dalam menentukan perwujudan smartphone di masa mendatang.

Itulah mengapa inovasi layar lengkung di empat sisi membuka kemungkinan baru serta kemajuan penting untuk menyongsong generasi smartphone yang port-free.

(Dam/Ysl)