Sukses

Pengapalan Tablet dan Chromebook Catat Rekor Baru di Q4 2020

Berdasarkan laporan terbaru Canalys, pasar tablet dan chromebook mencatat pengapalan luar biasa menutup 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar PC termasuk tablet secara global dilaporkan menutup 2020 dengan sangat baik, berdasarkan data terbaru dari Canalys. Laporan itu mencatat pengapalan PC termasuk tablet mencapai 143,7 juta unit pada kuartal 4 (Q4) 2020.

Khusus untuk tablet, seperti dikutip dari situs resmi Canalys, Selasa (2/2/2021), kategori ini berhasil mencatat pengiriman tertinggi pada kuartal 4 2020 dengan 52,8 juta unit. Sebagai perbandingan, total pengapalan tablet untuk 2020 adalah 160,6 juta.

Tidak hanya tablet, pengapalan Chromebook juga dilaporkan mencatat rekor di periode ini. Sebab, pengapalan perangkat ini di kuartal 4 2020 mencapai 11,2 juta unit, naik 287 persen dibandingkan periode yang sama di 2019.

Untuk pasar tablet, Apple dilaporkan masih mendominasi. Perusahaan asal Amerika Serikat itu mencatat kenaikan pengiriman hingga 40 persen mencapai 19,2 juta di kuartal 4 2020, dan menjadi performa terbaik iPad sejak kuartal empat 2014.

Sementara Samsung berada di posisi kedua dengan pengapalan mencapai 9,9 juta unit, naik 41 persen dibandingkan kuartal 4 2019. Lalu, ada Amazon di peringkat ketiga yang mencatat pengapalan 6,5 juta unit.

Ada di posisi empat, Lenovo menjadi vendor dengan pertumbuhan tercepat di kuartal empat dengan volume pengapalan 5,6 juta unit atau sekitar 125 persen. Huawei ada di posisi lima, tapi mencatat penurunan pengapalan.

"Momentum pertumbuhan tablet menunjukkan betapa pentingnya kemudahan akses komputasi saat ini," tutur analis Canalys Ishan Dutt. Kepopuleran tablet sendiri tidak lepas dari fungsinya yang serba guna dan menjadi perangkat ideal untuk masa sekarang.

Vendor lain seperti Microsoft, Dell, dan Lenovo juga mulai serius menggarap lini tablet. Hal itu terbukti dari sejumlah produk yang diperkenalkan pada CES 2021 fokus pada perangkat fleksibel dan menunjang produktivitas, termasuk konektivitas.

"Ke depan, tablet akan menjadi elemen penting dari portofolio vendor PC dan vendor seperti Apple maupun Samsung yang telah memprioritaskan kategori tersebut patut ditiru," ujar Ishan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple Masih Pimpin Pasar Tablet Dunia

Sebelumnya, Apple masih memimpin pengapalan tablet dunia pada kuartal III (Q3) 2020 berdasarkan data perusahaan riset, Canalys. Data ini diungkapkan dalam laporan mengenai pengapalan PC termasuk tablet di pasar global.

Dikutip dari laporan Canalys pada Jumat (13/11/2020), pengapalan iPad tumbuh 47 persen dibandingkan Q3 2019. Pengapalan tablet Apple mencapai 15,2 juta unit dengan 34,4 persen pangsa pasar.

Peringkat kedua ditempati Samsung dengan pengapalan 9 juta unit dan 20,4 persen pangsa pasar. Angka itu tumbuh 79,8 persen dibandingkan Q3 2019.

Huawei berada di peringkat ketiga. Pengapan tablet Huawei mencapai 5 juta unit dengan pasar pasar 11,5 persen, tumbuh 38,1 persen YoY.

3 dari 3 halaman

Peringkat 4 dan 5

Peringkat lima besar di pasar tablet dunia ditempat oleh Amazon dan Lenovo. Pengapalan tablet Amazon mencapai 4,9 juta unit dengan 11,3 persen pangsa pasar, tumbuh 7,9 persen YoY.

Pada periode yang sama, pengapalan Lenovo 4,1 juta unit dengan 9,1 persen pangsa pasar. Pertumbuhan tahunan mencapai 58,9 persen.

Total pengapalan tablet mencapai 44,2 juta unit dengan pertumbuhan 43,3 persen YoY.

Analis Canalys, Victoria Li, mengatakan pasar tablet mengalami pertumbuhan yang baik, terutama karena telah terjun bebas sejak 2015. Dua kuartal terakhir menjadi periode satu-satunya dengan pertumbuhan.

"Tablet telah kembali dari kematian karena menghadirkan keseimbangan sempurna antara kekuatan mobilitas dan komputasi pada berbagai rentang harga selama waktu yang genting ini," kata Victoria.

Menurutnya, tablet merupakan pilihan alami untuk pengguna pertama PC yang menginginkan sesuatu sederhana dan terjangkau untuk bekerja. Tablet dinilai akan menjadi bagian penting dari setiap transformasi digital di masa depan.

"Perkembangan alami tablet Android dan iOS mempermudah orangtua, pelajar, dan pendidik mencoba pembelajaran jarak jauh yang diperpanjang untk pertama kalinya dalam hidup mereka, serta yang lebih memilih kemudahan memasang aplikasi pada platform tersebut," jelasnya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini