Sukses

3 Cara Merilis Lagu ke Spotify dan Platform Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memiliki keinginan untuk merilis lagu atau albumnya ke platform musik seperti Spotify.

Singkat kata, merilis lagu secara digital berarti menitipkannya ke distributor yang telah bekerja sama dengan Spotify dan berbagai platform lainnya.

Lagu original atau lagu kover dengan aransemen berbeda juga sering kita temui di platform-platform tersebut. Lalu, sebenarnya bagaimana cara merilis lagu secara independen? Simak caranya berikut ini.

Netrilis

Cara pertama adalah melalui Netrilis. Situs web ini menawarkan berbagai hal menarik untuk kamu.

Secara sederhana, kamu dengan mudah bisa submit karya lagu kamu. Lalu setelah menunggu review selama beberapa saat oleh tim Netrilis, kamu akan dapat pemberitahuan waktu rilisnya. Cukup kunjungi website netrilis.com untuk mulai merilis lagu kamu.

Tentunya, ada harga yang perlu dibayar untuk dapat merilis lagu secara independen ini. Kamu cukup membayar 75ribu per satu lagu.

Netrilis juga memberikan diskon, jika kamu ingin merilis album. Kamu cukup membayar 65ribu per lagunya untuk satu album dengan 6 lagu. Harga yang kamu bayarkan ini juga berlaku sepanjang masa.

Netrilis berbasis di Yogyakarta dan bergerak sejak 2015. Perlu diketahui, Netrilis juga hanya menerbitkan karya-karya asal Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

CDBaby

Selanjutnya hampir sama dengan Netrilis, distributor ini adalah CDBaby. Ini termasuk dalam distributor musik tertua, dimulai sejak 1998 oleh Derek Sivers berbasis di New York. Sama seperti sebelumnya, CDBaby juga mendistribusikan lagu-lagu milikmu ke berbagai platform seperti Spotify, Apple Music, Deezer dan lainnya. Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar 9 Dolar Amerika per lagu per tahun atau sekitar 150 ribu setiap tahunnya.

CDBaby menawarkan berbagai fitur menarik yang sebanding dengan yang kamu bayarkan. Cukup kunjungi cdbaby.com dan kamu bisa memulai merilis lagu.

 

3 dari 3 halaman

Tunecore

Tunecore mengaku tidak mengambil komisi sedikitpun dari lagu yang telah dimonetisasi. Sama seperti dua distributor sebelumnya, Tunecore juga menyalurkan ke berbagai platform musik dan tentunya dapat dipercaya. Kunjungi tunecore.com untuk menikmati fiturnya.

Cukup dengan 9 dolar amerika atau sekitar 150 ribu, per lagu per tahun, kamu bisa mulai menikmati fitur yang ditawarkna oleh Tunecore. Berbasis di Brooklyn, New York, Tunecore mengklaim dapat mendistribusikan ke 150 platform musik di seluruh dunia.

Jadi, barusan adalah tiga distributor musik digital yang bisa jadi pilihan dalam merilis lagu asli buatanmu. Selain ketiga ini, masih banyak lagi diluar sana yang menawarkan jasa untuk merilis karya kamu ke platform-platform terkenal.