Sukses

Manfaatkan 3 Aplikasi Ini Biar Lebih Jago Main Gitar

Bermain gitar jadi hobi yang mengasyikkan selama pandemi. Demi meningkatkan kemampuan bermain gitar, kamu bisa manfaatkan 3 aplikasi ini.

Liputan6.com, Jakarta Bermain gitar dapat menjadi salah satu kegiatan yang asyik ditekuni di tengah pandemi.

Beberapa orang bahkan menjadikan pandemi sebagai ajang meningkatkan kemampuan memainkan gitarnya. Nah, buat kamu yang mau belajar atau memantapkan skill bermain gitar, kamu bisa coba tiga aplikasi ini.

Youtube

Youtube menjadi rekomendasi pertama dalam hal ini. Seperti diketahui, Youtube banyak memuat tutorial mengenai bermusik termasuk bermain gitar.

Selain itu, layanan ini juga menjadi platform bagi banyak orang untuk cover lagu. Menurut salah seorang musisi indie lokal kota Bandung, Fikri Sadzili yang dihubungi Tekno Liputan6, Youtube dapat digunakan untuk mencontoh bagaiaman orang memainkan lagu tertentu.

"Misal kita lagi ngulik lagu John Mayer, nah [kita] pengen tau dia mainnya di senar yang mana," kata Fikri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Boss Tuner

Aplikasi ketiga yang jadi rekomendasi adalah Boss Tuner. Fungsinya, tentu untuk stem gitar yang juga akan memudahkan kamu untuk mengatur senar-senar gitar.

Terkadang kendala dalam mengembangkan keahlian bermain gitar adalah senar yang tidak sesuai dengan nadanya. Seringnya gitar dimainkan juga dapat sesekali memengaruhi bunyi gitar, sehingga kurang nyaman untuk didengar. Bisa jadi kendala itu hadir dari pengaturan senar yang tidak tepat.

Tampilan aplikasi ini cukup sederhana, dengan mendengarkan bunyi gitar, layar aplikasi akan memunculkan nada yang dimaksud. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari satu juta pengguna di Google Play Store.

3 dari 3 halaman

Spotify

Aplikasi Spotify juga dapat membantu meningkatkan kemampuan bermain gitar. Selain mendengarkan musik favorit, Spotify menyediakan segudang referensi musik yang perlu kamu coba sesekali.

Sebelum kehadiran platform yang menyediakan banyak lagu, latihan gitar perlu mengulang-ulang kaset atau CD.

Seperti diketahui, Spotify juga menyediakan banyak jenis musik dan teraktual. Jadi, kamu tidak akan ketinggalan untuk mendengarkan musik-musik yang baru rilis dan bahkan populer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.