Sukses

Ini 5 Tips Fotografi untuk Foto Produk Menarik

ShopeePay kembali menggelar ShopeePay Talk sebagai wadah untuk berbagi insight bisnis dengan tema kali ini adalah "Pertajam Skill, Maksimalkan Hasil."

Liputan6.com, Jakarta - ShopeePay kembali menggelar ShopeePay Talk sebagai wadah untuk berbagi insight bisnis. Tema acara kali ini adalah "Pertajam Skill, Maksimalkan Hasil."

Salah satu pembicara dalam acara tersebut adalah food blogger, Windy Iwandi atau yang dikenal dengan akun @Foodirectory.

Melalui sesi mini workshop dengan Windy Iwandi, ada lima tips fotografi untuk dapat menghasilkan foto produk yang menarik. Berikut tips tersebut seperti dikutip dari keterangan resmi ShopeePay pada Kamis (17/12/2020):

1. Bersahabat dengan jendela

Kunci utama fotografi adalah cahaya yang cukup. Sebisa mungkin dapatkan cahaya alami dari sinar matahari. Namun, memanfaatkan cahaya dari lampu juga tetap bisa membantu.

2. Pilih background netral

Persiapkan latar foto dengan warna netral atau satu warna seperti putih, cokelat atau dengan motif kayu. Hal ini agar foto lebih fokus pada penataan produk makanan di atas meja.

Cukup gunakan peralatan yang ada di rumah, seperti kain serbet, peralatan makan atau nampan kayu di dapur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Manfaatkan kamera handphone

Tak perlu khawatir jika tidak memiliki kamera canggih seperti DSLR, karena smartphone yang ada saat ini sudah sangat canggih.

Pelajari mode dan fitur yang terdapat dalam smartphone masing-masing. Tonton tutorial dan tips yang disediakan di layanan online.

4. Close Up

Kalian perlu memperlihatkan detail dari makanan agar pesan tersampaikan dengan baik. Oleh karena dari itu, pengambilan gambar dengan metode close up menjadi salah satu yang paling sering dan mudah dilakukan.

Usahakan untuk tidak blur atau buram ketika mengambil gambar dengan metode ini.

 

3 dari 3 halaman

5. Mainkan Warna Makanan

Sebuah foto akan lebih menarik setelah diberikan sentuhan pengeditan. Tidak perlu diedit terlalu keras, cukup buat warna makanan lebih hidup dan tetap natural.

Kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi pengeditan seperti VSCO, Light Room, dan Snapseed.

"Fotografi adalah salah satu skill yang sangat penting bagi semua lini bisnis, di mana cerita dituangkan menjadi sebuah foto penuh makna. Bagi bisnis kuliner online, foto produk makanan yang menggugah selera sangat krusial untuk menarik minat konsumen membelinya," jelas Windy.

(Din/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.